Geevv.com | Social Search Engine Made in Indonesia



Istana Review - Jika kita membicarakan internet, pasti kita membicarakan search engine atau mesin pencarian juga.

Mengapa? Karena tanpa search engine, kita mustahil menemukan apa yang kita cari di internet. W3catatog yang muncul pada 1993 lalu adalah mesin pencari pertama tapi segera tutup kemudian.

Sejak itu muncul banyak mesin pencarian populer seperti Google, Yahoo, Ask, Yandex, dan Bing.

Di masa modern yang serba maju ini, search engine tidak sekadar bisnis atau sumber penghasilan bagi perusahaan yang menciptakannya.

Tapi justru menjadi kebanggaan suatu negara juga. Banyak negara yang mendukung mesin pencarian buatan mereka daripada warga mereka menggunakan search engine buatan asing.

Menurut mereka, kemajuan dan kemandirian sebuah negara berdaulat harus ditunjukkan di internet dengan membuat mesin pencarian dan website berkualitas.

Misalnya, Cina mendukung Baidu, Jepang mendukung Goo, Rusia mendukung Yandex bahkan negara berkembang di Asia Tenggara seperti Vietnam mendukung CocCoc daripada menggunakan Google, Yahoo, dan Bing buatan AS.

Kita sebagai orang Indonesia patut berbangga loh, karena ada belasan mesin pencarian buatan lokal yang tak kalah bagus dibanding Google meski masih banyak kekurangannya.

Misalnya, AswajaNU sebagai mesin pencarian Islami. Nah di tahun 2016 ini, ada search engine baru buatan anak bangsa loh, yaitu Geevv.

Apa itu Geevv ?

Geevv adalah mesin pencarian berbasis sosial yang bertujuan untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat dunia.


Geevv berkomitmen untuk mendonasikan 80% pendapatan iklan untuk program sosial dan 20% lainnya untuk meningkatkan kualitas layanan dan website Geevv.

Geevv diluncurkan pada 26 September 2016 oleh Azka Asma Silmi, seorang mahasiswi semester IX program studi Ilmu Administrasi Fiskal Universitas Indonesia.


Azka membuat Geevv dengan slogan "Mesin Pencarian Sosial" karena terinspirasi dari gerakan Komunitas Ciliwung Depok yang diikutinya.

Secara pribadi, dia ingin membantu lebih banyak orang dan mengundang orang-orang untuk saling membantu. Fokus Geevv adalah membuka akses kesehatan, meningkatkan mutu pendidikan, dan mengatasi kemiskinan. 

Bagaimana cara kerja Geevv?

Cara kerjanya mudah loh seperti Anda mengakses search engine seperti Google, Yahoo, Bing, Yandex, juga Ask.


Cuma ada keunikannya nih guys. Jika kita mencari kata kunci atau keyword apapun ke Geevv, maka sama saja kita mendonasikan Rp. 10/klik.

Semakin sering kita menggunakan Geevv, berarti semakin besar donasi kita. Ingat guys, kita mengakses Geevv secara gratis.

Jadi kita membantu sesama bisa dengan menggunakan Geevv saja. It'so simple guys.

Apa bukti Geevv mendonasikan keuntungannya ?

Yang jelas, semakin sering kita menggunakan Geevv berarti mempercepat usaha Geevv untuk membantu sesama.


Nah pada 29 Oktober lalu atau sebulan setelah diluncurkan, ada donasi sebesar Rp. 230.900 yang terkumpul tapi pada 23 Desember kemarin, ada Rp. 10 juta lebih donasi terkumpul.

Ini artinya, Geevv mendapat respon positif semakin besar dari para pengguna internet di tanah air.

Di laman facebook pada 5 Januari 2017 jam 09.00 lebih, Geevv menyatakan :



Kita Berhasil jadikan Rp10 Donasi Rp22.000.000,-

Teman-teman masih ingat dengan gempa Aceh dan banjir bandang di Bima? Di awal bulan Desember, Aceh mengalami gempa berkekuatan 6.5 Skala Richter yang berpusat di Pidie Jaya.

Laporan akhir mencatat 104 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya luka-luka.

Tim medis dan komunitas-komunitas telah berupaya menggalang dana dan membantu pemulihan para korban.

Sesuai dengan peraturan Plt Gubernur, masa pemulihan Aceh berjalan selama 90 hari, terhitung mulai 21 Desember 2016 sampai dengan 20 Maret 2017.

Belum selesai dengan pemulihan Aceh, pada tanggal 21 dan 23 Desember 2016, Kota Bima diterjang oleh banjir bandang.


Sejumlah 5 kecamatan terkena dampak bencana dan 92% area Kota Bima dinyatakan lumpuh. Hal ini menyebabkan aliran listrik terputus, air bersih tidak mengalir, sinyal telepon hilang timbul selama berhari-hari.

Menurut keterangan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), kerusakan terbesar berasal dari rusaknya infrastruktur.

Ada Sembilan jembatan rusak parah, jalan di dalam kota rusak sepanjang 40 kilometer, dan rusaknya dam serta sarana air minum.

Wali Kota Bima masih menetapkan status tanggap darurat hingga tanggal 5 Januari.

Donasi Aceh dan Bima

Geevv bekerja sama dengan ACT untuk menyalurkan dana dari total pencarian yang dilakukan melalui Geevv.com.


Terhitung jumlah pencarian secara keseluruhan mencapai angka 2.200.000 selama bulan Desember.

Dari pencarian tersebut, telah terkumpul donasi sejumlah Rp22.000.000 yang kemudian akan disalurkan untuk korban bencana Aceh dan Bima dengan jumlah masing-masing Rp11.000.000.

Penyaluran dana ditujukan untuk memenuhi kebutuhan trauma healing dan perbaikan berbagai fasilitas umum.

Terima kasih kami sampaikan pada teman-teman pengguna Geevv. Kami mengajak teman-teman untuk tetap peduli terhadap sesama dengan selalu menggunakan Geevv.com sebagai mesin pencarianmu, dan unduh aplikasinya di playstore.


Setiap pencarian yang teman-teman lakukan akan mendonasikan Rp10. Angka yang kecil tersebut dapat memberikan dampak besar jika kita semua berkontribusi bersama-sama.

#GeevvingWhileSearching #Aceh #Bima


Apa alasan saya menggunakan Geevv si Mesin Pencarian Sosial buatan Indonesia ?

Saya memiliki beberapa alasan yaitu :

1. Bangga memakai produk buatan anak bangsa meski saya sadari, Geevv bukan buatan saya.


Ingat guys seperti yang saya paparkan di atas. Jepang, Cina, dan Rusia yang maju saja memakai produk mereka, bagaimana dengan kita? Vietnam yang masih di belakang Indonesia saja mendukung search engine buatan mereka sendiri, bagaimana dengan kita?

2. Saling membantu sesama, apa salahnya?


3. Berbuat baik dengan membantu orang-orang yang membutuhkan itu diperintahkan agama manapun khususnya Islam. Apa perlu saya tuliskan ayat-ayat al Qur'an?

Allah Ta'ala berfirman,



 
"Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran" [QS. An Nahl : 90]


"Dan carilah apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan kebahagiaanmu dari duniawi dan berbuat baiklah sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sesungguhnya Allah tak menyukai orang-orang berbuat kerusakan" [QS.Al Qashshash (28) :77]

Saya menggunakan ayat-ayat al Qur'an bukan untuk mendukung Geevv atau produk lainnya, saya cuma mengingatkan bahwa mencari dan menyebarkan kebaikan itu diajarkan oleh al Qur'an.


Sekian review dari saya tentang Geevv, salah satu mesin pencarian buatan lokal terbaik.

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Mesin penelusur yg diciptakan ini ternyata memiliki tujuan yg mulia.. Salut buat yg bikin geevv

    BalasHapus
  2. Makasih infonya gan. Sangat bermanfaat sekali.

    BalasHapus

Berkomentarlah yang sopan, sesuai dengan artikel ini dan jangan spam. Pengelola Istana Review tidak bertanggungjawab atas segala komentar Anda 😁