Daftar Situs Berita Militer Terbaik, Kamu Suka yang Mana?

Sumber gambar : Pinterest.com
Keterangan : Obito Uchiha dan Kakashi Hatake memakai seragam militer





Istana Review  - Militer adalah angkatan bersenjata yang resmi dimiliki oleh negara berdaulat. Tentara dan senjata adalah alat utama militer yang pasti dimiliki oleh negara-negara tersebut masih terbelakang.

Dari ratusan negara berdaulat, ada puluhan negara yang beruntung bisa memiliki Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Beberapa negara tidak memiliki Angkatan Laut karena letak geografis mereka dikelilingi oleh negara-negara lain.

Afghanistan, Sudan Selatan, Makedonia, Kyrgistan, Laos, Kosovo, Uzbekistan, Kazakhtan, Mongolia, Republik Afrika Selatan adalah negara-negara yang tidak memiliki Angkatan Laut karena mereka adalah negara-negara terkurung daratan.

Informasi tentang militer seperti daftar negara terkuat di dunia, negara yang sedang perang, berita militer terkini, informasi dunia militer, atau teknologi perang selalu mengundang rasa penasaran para pembaca.

Berikut ini  Istana Review akan mengulas beberapa situs dan blog yang membahas tentang militer. Informasi ini terakhir pada Senin, 3 Oktober 2022.

1. TNI.mil.id


Ini adalah website resmi yang dimiliki oleh Tentara Nasional Indonesia. Situs TNI menjadi referensi bagi orang yang ingin mengetahui informasi tentang TNI, militer Indonesia, panglima TNI, pendaftaran TNI, struktur TNI, dan rekrutmen TNI.






Sumber gambar : Screenshot dari website TNI
Keterangan : Beranda website resmi TNI pada Senin, 3 Oktober 2022





Menurut Whois.net, situs ini dibuat pada 26 Juni 2002 dan termasuk situs yang dikunjungi oleh banyak orang.

TNIAD.mil.id, TNIAL.mil.id, Kopassus.mil.id, dan TNI-AU.mil.id adalah empat website resmi lainnya yang dimiliki oleh TNI.

2. Global Fire Power


Globalfirepower.com yang dibuat pada 28 Juni 2005 menurut Whois.net, adalah situs militer yang sering menjadi rujukan banyak orang untuk mengetahui negara mana saja yang terkuat dan terlemah.

Menurut situs ini, militer Indonesia pada 2020 adalah terkuat ke-16 di dunia, ke-9 di Asia dan terkuat di Asia Tenggara.

Keterangan: Halaman beranda Global Fire Power

Global Fire Power memberi peringkat terhadap 138 negara berdasarkan data yang selalu dilakukan. Data tersebut berupa jumlah penduduk, personel aktif dan cadangan, geografi, keuangan, dan tentunya, sumberdaya alam.

3. Hobi Militer




Sumber gambar: Screenshot dari Hobbymiliter.com
Keterangan: Beranda Hobbymiliter.com pada Senin, 3 Oktober 2022





Website militer ini dibangun oleh Hanung Jati Purbakusuma pada Maret 2012 dengan domain hobbymiliter.com. Segala hal yang berkaitan dengan militer diterbitkan di situs ini termasuk konflik berdarah di Libya dan Suriah.




Sumber gambar: Screeshot dari Hobbymiliter.com
Keterangan: Artikel pertama di Hobbymiliter.com







Artikel pertama di Hobby Militer adalah artikel berjudul "Sales Rafale untuk UEA: Presiden Perancis" yang terbit pada 19 Januari 2013 dan dibaca hingga lebih dari 1250 kali.




Sumber gambar: Screenshot dari HobbyMiliter.com
Keterangan: Israel menyerang Damasku tidak akan diberitakan oleh para pendukung teroris Wahabi di Suriah






Dengan tujuh penulis, Hobby Militer termasuk blog yang update terhadap peristiwa yang terjadi dan memberitakan konflik militer yang belum tentu diberitakan oleh sejumlah media besar.

4. Indo Militer


Indo Militer adalah website militer selanjutnya yang menarik bagi banyak orang. Dengan motto "Support Our Military", Indomiliter.com membahas militer Indonesia termasuk persenjataan dan teknologi militer yang sedang dikembangkan Indonesia.





Sumber gambar: Screenshot dari Indomiliter.com
Keterangan: Beranda Indomiliter.com pada Senin, 3 Oktober 2022






Tidak hanya menyajikan informasi terkait persenjataan dan kendaraan militer, Indo Militer juga membedah buku-buku bertema militer. Buku-buku militer yang dikupas Indo Militer bisa menambah semangat membaca bagi kita.

5. Airspace Review


Dengan domain Airspace-review.com, situs ini memberikan informasi tentang militer, sejarah, kepolisian, dan dunia penerbangan. Website ini lebih terkenal dengan nama majalah Angkasa Review di mesin pencarian.





Sumber gambar: Screenshot dari Airspace-review.com
Keterangan: Beranda Airspace-review.com pada Senin, 3 Oktober 2022






Dibangun oleh Roni Sontani, Airspace Review termasuk website militer yang disukai dan dikunjungi oleh orang-orang. Website ini memiliki puluhan kategori seperti Academy, Airline, Air Defence, dan Air Force.

6. Garuda Militer





Sumber gambar: Screenshot dari Garudamiliter.com
Keterangan: Beranda Garudamiliter.com pada Senin, 3 Oktober 2022






Garudamiliter.com dibuat pada 27 November 2015 adalah salah satu website berita militer yang dibahas Istana Review selanjutnya. Selain memberitakan kejadian yang berkaitan dengan militer, alutsista juga dibahas di Garuda Militer.

Nama situs ini sama dengan blog Garudamiliter.blogspot.com sehingga sebagian pengunjung internet hampir tidak bisa membedaan keduanya.

7. Jakarta Greater


Menurut Whois.net, Jakartagreater.com dibuat pada 9 April 2011. Sejak itu, situs ini ikut meramaikan pemberitaan militer di internet.





Sumber gambar: Screenshot dari Jakartagreater.com
Keterangan: Beranda Jakartagreater.com pada Senin, 3 Oktober 2022






Forum berita militer adalah slogan website ini yang ramai pengunjung untuk berdebat. Karena Jakarta Greater memakai platform Wordpress, kamu harus masuk ke akun Wordpress kamu jika ingin memberikan komentar.

8. Militer Meter


Sejak didaftarkan pada 20 September 2020, militermeter.com menunjukkan dirinya sebagai salah satu blog berita yang netral terhadap konflik yang sedang terjadi.





Sumber gambar: Screenshot dari Militermeter.com
Keterangan: Beranda Militermeter.com pada Senin, 3 Oktober 2022






Militer Meter juga memberitakan perkembangan alutsista dan TNI demi menambahkan cinta tanah air warga Indonesia terhadap negara mereka.

9. Artileri


Blog Artileri dibangun oleh Efran Syah pada 31 Desember 2011. Sejak itu, Artileri memberikan informasi untuk kamu tentang persenjataan, sejarah, peperangan, dan teknologi militer.







Keterangan: Halaman beranda blog Artileri






Domain Artileri.org aktif sejak 10 Agustus 2012 dan Artileri adalah sebuah situs militer yang membahas kapal induk Thailand dengan tulisan menarik juga.

Salah satu kelebihan blog ini adalah tulisannya yang mudah dimengerti dan netral tanpa memihak pada siapapun. Sayangnya, website ini sudah tidak aktif lagi.

10. Militer.id


Militer.id adalah website militer yang membangggakan segala hal yang berkaitan dengan militer Indonesia termasuk TNI dan alutsista. Tentu, tujuan situs berita militer ini adalah menambah patriotisme di kalangan penduduk Indonesia.






Sumber gambar: Screeshot dari blog Militer
Keterangan: Beranda Militer.id pada Senin, 3 Oktober 2022






Tidak memamerkan alutsista dan informasi pertahanan Indonesia, Militer.id juga membahas sejarah militer Indonesia seperti sejarah Persit Kartika Chandra Kirana dan Kopaska.

11. Militer.or.id





Sumber gambar: Screesnhot dari Militer.or.id
Keterangan : Beranda Militer.or.id pada Senin, 3 Oktober 2022







Dikelola oleh Rendy Raditya, Website ini menjadi situs militer Indonesia yang direkomendasikan untuk kamu. Dengan platform Wordpress, situs web ini memiliki terang dan gelap yang disukai para pembaca setia.


12. Jejak Tapak


Sejarah perang, teknologi militer, kendaraan perang dan konflik internasional dibahas di blog Jejaktapak.com. Sejak 4 Juni 2014, Jejak Tepak hadir di internet dan ikut mengungkapkan tulisan tentang militer.





Sumber gambar : Screenshot dari Jejaktapak.com
Keterangan: Beranda Jejaktapak.com pada Senin, 3 Oktober 2022



Jejak Tapak terkenal dengan tulisannya tentang kapal induk Thailand bernama Chakri Naruebet. Walau dari tulisan-tulisan lainnya di situs ini menarik untuk dibaca.

13. Radar Militer





Sumber gambar: Screenshot dari Radarmiliter.com
Keterangan: Beranda Radarmiliter.com pada Senin, 3 Oktober 2022







Blog Radar Militer mengungkapkan militer khususnya militer Indonesia dengan menyaring berita dari berbagai media. Walau bagaimana pun, Radar Militer juga memasukkan blog netral pada konflik yang terjadi.


14. Military Times


Militarytimes.com adalah media online yang menjadi bagian dari Sightline Media Group yang berbasis di Northern Virginia. Amerika Serikat.



Sumber gambar: Screeshot dari Militarytimes.com
Keterangan: Beranda Militarytimes.com pada Senin, 3 Oktober 2022




Seperti namanya, website militer ini memberikan informasi seputar perkembangan militer khususnya kebijakan militer AS di luar negeri. Misalnya serangan AS terhadap Taliban di Afghanistan.

15. Garudamiliter.blogspot.com


Blog militer lainnya adalah blog yang bernama Garuda Militer juga. Dengan memakai platform Blogspot, blog ini sudah hadir sejak 2012.



Sumber gambar: Screenshot dari blog Garuda Militer
Keterangan: Beranda blog Garuda Militer pada Senin, 3 Oktober 2022





Meski masih memakai template dasar milik Blogspot, blog Garuda Militer masih aktif menerbitkan artikel terbaru tentang militer Indonesia. Kualitas konten yang disajikan menjadi bukti khas bahwa blog Garuda Militer disukai banyak orang. Peringkat Alexa blog ini juga dibawah 900 ribu.

16. Militer




Sumber gambar: Screesnhot dari Military
Keterangan: Beranda Military.com pada Senin, 3 Oktober 2022





Military.com adalah website militer dari AS yang dibuat untuk kebutuhan anggota militer, veteran, dan keluarga mereka. Ini karena Military dibangun pada 1999 oleh seorang veteran yang menginginkan agar semua ora dapat mengakses informasi kemiliteran dengan mudah.

17. Blog Pertahanan




Sumber gambar: Screeshot dari Defence-blog.com
Keterangan: Defence-blog pada Senin, 3 Oktober 2022




Defence-blog.com adalah website berita militer yang dibangun sejak 2014. Situs ini adalah penyedia informasi militer dan teknologi federal. Defense Blog begitu populer di antara beberapa website militer lainnya.

Website ini mirip dengan Defence-blog.blogspot.com dan tentu orang-orang bisa membedakan mereka.

18. Militer Literasi


Literacymiliter.com adalah website berita militer Indonesia yang aktif sejak 10 Januari 2020. Dibangun oleh Mayor Inf. Acuk Andrianto, SE, Literacy Militer bertujuan agar masyarakat mengetahui informasi terpercaya tentang TNI.





Sumber gambar:Screenshot dari Literacymiliter.com
Keterangan: Beranda Literacymiliter.com pada Senin, 3 Oktober 2022





Kurangnya informasi yang diterima masyarakat membuat sebagian mereka tidak terlalu mempercayai kemampuan dan kualitas TNI.

Website Literasi Militer memiliki beberapa menu utama yaitu Tips/Trick, Alutsista, Berita, Kolom, dan Pojok Literasi juga Al-Qur'an & Terjemahan.

Situs militer ini dibolehkan untuk mengirim artikel berkualitas seperti esai tentang kemiliteran. Literasi Militer termasuk website bagus yang direkomendasikan oleh Istana Review .

Sebenarnya masih ada belasan atau puluhan situs dan blog militer. Namun  Istana Review  hanya membahas belasan majalah militer online untuk kamu.

Ingat, informasi militer yang kamu peroleh hanya menambah wawasan bukan untuk kesombongan atau menyebarkan kebencian.

Post a Comment

6 Comments

  1. semuanya jadi sumber rujukan saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kalau blog/situs bagus bisa menjadi rujukan.

      Delete
  2. Mksih banyak lho min, Sy suka analisis geopolitik, khususnya revolusi² kekuatan militer negara, alhamdullilah ad situs militer yg bisa dijdikan referensi²

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, masih banyak. Tapi setidaknya daftar ini mewakili mereka.

      Delete
  3. Jos bgt yang masih pake blogspot👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blog yang bagus itu yang penting bermanfaat.

      Delete

Berkomentarlah yang sopan, sesuai dengan artikel ini dan jangan spam. Pengelola Istana Review tidak bertanggungjawab atas segala komentar Anda 😁