10 Situs Penyedia Gambar dan Foto Gratis Bebas Hak Cipta

Sumber gambar: Freepik.com
Keterangan: Mereka merancang website
 


Istana Review - Mesin pencarian seperti Google menampung jutaan gambar dan foto dari banyak blog dan website. Siapapun bisa download gambar dan foto secara gratis dengan mengetikkan kata kunci atau satu huruf saja.

Masalahnya adalah banyak gambar dan foto memiliki hak cipta di mesin pencarian  sehingga siapapun tidak bisa menggunakan gambar dan foto sesuka hati.

Jika kamu menggunakan gambar dan foto yang memiliki hak cipta tanpa izin ke pemilik gambar dan foto, kamu bisa didenda bahkan dituntut secara hukum.

Dampak lainnya, Google bisa deindex blog, toko online, atau website kamu bila kamu terbukti melanggar hak cipta.

Lalu, dimanakah gambar dan foto bisa diunduh gratis tanpa masalah? Berikut ini Istana Review memberikan bocoran tentang daftar penyedia gambar dan foto gratis untuk kamu.


1. Pexels.com

Pexels adalah website yang menyediakan foto dan video berkualitas yang bisa digunakan oleh siapapun khususnya kaum Blogger dan Youtuber secara gratis.

Pexels juga mengizinkan siapapun menggunakan foto dan video untuk tujuan komersil dalam lisensi Creative Common. Tapi foto dan video yang berlisensi Pexels tidak boleh dijual.

Pexels dibangun oleh Bruno Joseph dan Ingo Joseph pada 2014. Lalu, Daniel Frese ikut mengembangkan Pexels pada 2015.

Kamu juga bisa mengunggah foto dan video karya kamu ke Pexels agar orang-orang juga menggunakan karya kreatif kamu.


2. Flickr.com

Dibangun oleh Stewart Butterfield dan Caterina Fake, Flickr adalah website yang diluncurkan oleh Ludicorp pada Februari 2004 dan diakuisi oleh Yahoo pada 2005.

Website berbagi foto ini menjadi populer dan memiliki salah satu komunitas online terbesar yang masih aktif.

20 April 2018, Smugmug menjadi pemilik baru Flickr. Sejak itu, para pengguna Flickr Pro harus membayar sekitar $50 per tahun.


3. Lifeofpix.com

Seperti namanya, Life of Pix adalah website berbagi foto kehidupan sehari-hari. Website ini memiliki ratusan kategori seperti hewan, arsitektur, pantai, sampai pemandangan dan perkotaan.

Detik ini, Life of Pix menyimpan ratusan foto dari para penggunanya dan kamu bisa menggunakan banyak foto di Life of Pix untuk keperluan media online kamu.


4. Pixabay.com

Pixabay adalah salah satu website ternama paling terkenal sebagai tempat berbagi foto, ilustrasi, vektor, dan video gratis.

Dibangun di Jerman oleh Hans Braxmeier dan Simon Steinberger pada November 2010, Pixabay sudah digunakan oleh miliaran pengguna. Kebanyakan pengguna Pixabay adalah blogger, desainer grafis, penulis, jurnalis, dan pengiklan.

Pixabay membebaskan siapapun untuk mengunduh banyak foto tapi melarang mereka untuk menjual foto.

Sejak November 2018, Canva Pty Ltd mengakuisi Pexels dan Pixabay.


5. Freeimages.com

Ini adalah situs yang memiliki 400 ribu foto keren yang bisa kamu unduh gratis dan memililiki 2,5 juta pengguna aktif.

Free Images merupakan website yang diluncurkan sejak Februari 2001. Setiap foto di Free Images memiliki informasi berupa jumlah unduhan, ID file, ukuran file, dan nama kamera juga aplikasi yang digunakan untuk menghasilkan foto bagus dan menarik.


6. Freerangestock.com

Situs ini mulai aktif sejak 31 Agustus 2005 sebagai salah satu situs berbagi foto keren. Banyak kategori foto yang bisa kamu lihat seperti editorial dan berita, seni dan musik, hewan dan serangga juga kantor bisnis.

Kamu bisa menggunakan foto dari Free Range Stock secara gratis.


7. Freepik.com

Freepik adalah website berbagi foto selanjutnya yang direkomendasikan oleh Istana Review. Selain gambar, kamu bisa mendapatkan vektor, ikon, dan ilustrasi untuk tujuan komersil juga.

Freepik termasuk website yang berani membayar kamu sebesar $2,5 per 1000 download selama 30 hari pertama gambar kamu aktif sejak diunggah.


8. Gratisography.com

Ini adalah website foto karya Ryan McGuire yang bisa kamu kunjungi dan kamu unduh beberapa foto karya dia jika kamu suka.

Ya, banyak foto yang muncul di situs ini memiliki seni indah dengan resolusi yang tinggi.


9. Wikimedia.org

Wikimedia merupakan organisasi raksasa yang menaungi Wikipedia, Wikiquote, Wikibooks, Wikisource, dan proyek Wiki lainnya.

Wikimedia dibangun oleh Jimmy Wales pada 20 Juni 2003 dan menjadi media online terbesar yang menampung lebih dari 63 juta file berupa gambar, suara, dan video.

Sebagian gambar di Wikimedia bisa kamu lihat di Wikipedia si perpustakaan online terbesar. Dengan tujuan pendidikan gratis untuk semua orang, Wikimedia dihargai oleh ratusan negara.


10. Freedigitalphotos.net

Free Digital Photos merupakan website yang mengoleksi puluhan ribu gambar dan ilustrasi. Dioperasikan oleh AgileBit, website ini termasuk halaman web paling terkenal dari Hongkong.

Situs ini bisa memberikan penghasilan untuk siapapun yang mengunggah foto dan ilustrasi ke website Free Digital Photos. Ya, para fotografer bisa mendapatkan komisi 70% dari penjualan foto dan ilustrasi di situs tersebut.

Jika kamu suka berfoto dan memiliki rasa seni yang tinggi, mending kamu unggah karya kamu ke situs berbagi foto agar siapapun bisa melihat dan menggunakan foto keren kamu.

Tapi kalau kamu suka download gambar gratis bebas hak cipta, gunakanlah gambar yang kamu unduh untuk kebaikan. Jangan lupa, sertakanlah sumber gambar sebagai penghargaan terhadap pemilik gambar.


Baca juga:


👉 Download Aplikasi Istana Review

👉 Aplikasi Istana Review Resmi Hadir di Google Play Store

👉 Mengapa Kamu Harus Kunjungi Blog Istana Review?

👉 Apa Kamu Suka Mobile Legend? Kunjungi Blog Ini!

👉 Cara Membuat Toko Online dengan Blogspot

👉 Mengapa Whatsapp Disukai Banyak Orang?

👉 Mengapa Ada Link Mati di Blog dan Website?

👉 20 Blog Indonesia Paling Disukai

👉 3 Cara Ampuh Menghindari Backlink Sampah

👉 10 Cara Mengukur Kualitas Blog dan Website

Posting Komentar

6 Komentar

  1. Sy paling sering di pixabay sama freepik, krna gampang. Mksih min artikelnya

    BalasHapus
  2. Pixabay sllu jd plihan utams

    BalasHapus
  3. Blogger pasti harus memiliki stok foto/gambar untuk komponen pendukung dalam membuat artikel/konten, mungkin beberapa website di atas bisa kita beri pin supaya kita dapat memiliki stok foto gratis juga, terima kasih admin

    BalasHapus

Berkomentarlah yang sopan, sesuai dengan artikel ini dan jangan spam. Pengelola Istana Review tidak bertanggungjawab atas segala komentar Anda 😁