10 Website Terpercaya Bertema Astronomi

Astronomi itu ilmu lintas galaksi!




Sumber gambar: All-free-download.com
Keterangan: Seseorang membaca buku






Istana Review - Astronomi adalah ilmu yang mempelajari apapun yang berkaitan dengan alam semesta termasuk bumi, planet, matahari, tatasurya, bintang, galaksi, nebula, dan sebagainya.

Dari dulu, astronomi telah dikenal dan dipelajari oleh manusia. Bagaimana tidak?

Menurut penelitian para ahli dan catatan kuno mengungkapkan bahwa astronomi telah dikenal dan dipelajari oleh banyak bangsa di masa klasik seperti Babilonia, Asyiria, Persia, India, Maya, Cina, Yunani, dan Romawi.

Peradaban Islam juga turut serta dalam pengembangam ilmu astronomi. lmuwan Muslim pertama yang berminat pada astronomi adalah Khalid bin Yazid (wafat 704) dan Jafar al Sadiq (702-765).

Setelah mereka berdua, ada lagi orang-orang yang memajukan ilmu astronomi seperti al-Khawarizmi (780-850), Ja'far bin Muhammad Abu Ma'shar al-Balkhi (787-886), Muhammad bin Jabir al Harriri al-Battani (858-929), Abdurrahman al-Sufi (903-986), Ibn al-Haytham alias Alhacen (965-1040), Abu Rayhan al-Biruni (973-1048), Omar Khayyam (1048-1131), Ulugh Beg (1394-1449) dari Uzbekistan, Ali Qushji (1403-1474), Taqiuddin Muhammad bin Ma'ruf (1526-1585) dari Turki dan Mujaddin Imam Ahmed Raza Khan Barelvi (1856-1921) dari India.

Jika dulu, manusia mengenal dan mempelajari astronomi secara otodidak, belajar bersama guru atau membaca buku.

Maka di zaman serba maju ini, kita bisa memahami astronomi lewat internet.

Meski di internet ada banyak informasi mengenai astronomi, terkadang sebagian informasi tentang astronomi adalah palsu.

Untuk kamu yang suka astronomi, berikut daftar situs dan blog berkualitas tentang astronomi. Apa saja?

1. APOD.NASA.GOV

NASA (National Aeronautics and Space Administration) adalah lembaga resmi AS yang diresmikan pada 29 Juli 1958 oleh Presiden Dwight David Einsenhower (memerintah 1953-1961). Lembaga ini merupakan leburan dari lembaga antariksa AS sebelumnya, NACA (National Advisory Committee for Aeronautics).

NASA dibentuk untuk menanggapi peluncuran satelit buatan pertama di dunia, Sputnik 1 pada 4 Oktober 1957 oleh Uni Soviet.




Sumber gambar: Apod.nasa.gov
Keterangan: Gambar astronomi hari ini, 17 Februari 2021





Lewat APOD NASA, banyak gambar astronomi berbeda tiap hari. Ada puluhan negara yang dipercaya NASA untuk mengunggah penampakan astronomi tiap hari.

2. Langitselatan.com

Langitselatan.com adalah media astronomi Indonesia yang menggunakan platform Wordpress dan dibangun sejak Maret 2007 oleh para alumni ITB. Sebelumnya, blog astronomi tersebut bernama Centaurusonline.com yang dibuat pada 2004 dan majalah Centaurus pun terbit setahun kemudian. Sayangnya, majalah Centaurus berhenti terbit.

Tujuan Langitselatan.com dibangun adalah sebagai media yang menyampaikan informasi astronomi yang benar dan memperkenalkan keindahan langit selatan.




Sumber gambar: Screenshot dari Langitselatan.com
Keterangan: Beranda Langitselatan pada Kamis, 18 Februari 2021





Kamu bisa belajar astronomi di situs ini karena pembahasannya jelas dan terpercaya. Materi astronomi seperti bumi, hujan meteor, fenomena langit, rasi bintang, gerhana bulan penumbra, bintang, dan bukti bumi bulat juga dijelaskan di Langitselatan.
 

3. Duniaastronomi.com

Duniaastronomi.com merupakan situs dan toko astronomi yang dibangun sejak 2009 oleh alumni ITB, Hanief Trihantoro. Hoaks, kamus astronomi, astrofotografi, dan tanya jawab merupakan menu utama website ini.

4.  Infoastronomy.org

Infoastronomy.org merupakan portal astronomi Indonesia yang dikunjungi belasan ribu orang per minggu. Website ini sudah hadir sejak Juli 2012 sebagai penyedia informasi astronomi terpercaya.

Kamu bisa mempelajari semua hal terkait astronomi seperti warna bintang, bintang paling terang di langit utara, komet Halley yang muncul setiap 72 tahun, katai coklat, arah rotasi Venus, dan masih banyak lagi.




Sumber gambar: Screenshot dari Infoastronomy.org
Keterangan: Beranda Infoastronomy.org per Minggu, 21 Februari 2021




Berbasis di Jakarta Selatan, Infoastronomy  bekerjasama dengan NASA sebagai salah satu penerbit APOD Indonesia sejak 15 Juli 2017.

Untuk kamu yang ingin memiliki buku astronomi, jaket dan kaos astronomi, teleskop, dan aksesoris lainnya, kamu bisa belanja di Infoastronomystore.com yang dikelola oleh Infoastronomy.org. Lebih kerennya lagi, situs astronomi ini memiliki aplikasi android yang dirilis sejak Agustus 2017 di Google Play Store.

5. Kafeastronomi.com

Kafe Astronomi merupakan website astronomi Indonesia yang hadir sejak September 2010. Situs ini memberikan banyak informasi tentang materi astronomi, jenis-jenis teleskop, hukum Kepler, daftar nama galaksi, cara membuat teleskop, kalender astronomi, rasi bintang salib selatam, scorpius, dan lintang waluku.

Portal dengan warna latar biru cobalt ini memiliki lebih dari 5 ribu pengikut di Instagram dan 11 ribu lebih penyuka di Facebook juga lebih dari 2 ribu pelanggan di Youtube per Minggu, 21 Februari 2021.

6. Astronomy.com

Ini merupakan situs astronomi yang aktif di internet sejak 1995. Majalah astronomi ini merupakan ensiklopedia astronomi yang memuat banyak berita astronomi seperti ruang angkasa, lubang hitam, bulan baru Jupiter, tatasurya, dan pesawat ruang angkasa. Website berwarna latar hitam ini merupakan bagian dari Kalmbach Media.

7. Astronomynow.com

Astronomy Now merupakan majalah astronomi terbesar di Inggris yang diterbitkan sejak 1987 oleh Intra Press. Sekitar 10 tahun kemudian, majalah muncul sebagai salah satu situs astronomi paling populer dalan bahasa Inggris. Tidak cuma menyajikan berita astronomi terpercaya, Astronomynow.com juga mengulas peralatan dan buku astronomi.

8. Universetoday.com

Universe Today juga merupakan website astronomi yang hadir pada dekade akhir abad ke-20. Dibangun oleh Fraser Cain asal Kanada, Universe Today menjadi portal astronomi populer di Amerika Utara.

9. Space.com

Space.com yang terkenal sebagai media yang memberitakan penerbangan luar angkasa ini diluncurkan pada 20 Juli 1999. Lou Dobbs dan Rich Zahradnick adalah pendiri website astronomi berbasis di New York ini.

Kamu bisa mencari tahu berita tentang luar angkasa, teknologi antariksa, dan produk teknologi buatan Paman Sam yang berjasa dalam penjelajahan di luar bumi.

10. Skyandtelescope.org

Sky & Telescope merupakan majalah astronomi yang dibangun oleh seorang suami dan istrinya, Charles A. Federer Jr. dan Helen Spence Federer. Majalah tersebut terbit pada November 1941, beberapa minggu sebelum serangan Jepang ke pangkalan militer AS, Pearl Harbour di Hawai.




Sumber gambar: Screenshot dari Skyandtelescope.org
Keterangan: Beranda Skyandtelescope.org pada Senin, 22 Februari 2021





Diterbitkan oleh AAS Sky Publishing, LLC, Skyandtelescope.org memberikan informasi yang benar tentang astronomi seperti diagram langit interaktif, planet terkecil dan planet terbesar, dasar-dasar melihat bintang, beberapa komet yang muncul di tahun 2020, dan peta rasi bintang.

Untuk versi online, Sky & Telescope muncul di internet pada 1998 dan merupakan salah satu media astronomi yang masih bertahan.

Memang, kebanyakan situs tentang astronomi memakai bahasa Inggris bukan berarti Indonesia tak memiliki astronom hebat. Salah satu astronom Indonesia yang terkenal adalah Prof. Dr. Bambang Hidayat. 

Itu saja daftar situs astronomi terkenal yang bisa kamu kunjungi untuk belajar astronomi. 😁

Post a Comment

4 Comments

  1. mudah-mudahan ada yang situs berbahasa Indonesia biar enak bacanya. makasih infonya gan

    ReplyDelete
  2. ini cucok deh buat anak anak ipa,,,, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener gan. astronomi cocok untuk anak ipa tapi masyarakat umumnya juga bisa mengenal dan mempelajari astronomi secara gratis hehe

      Delete

Berkomentarlah yang sopan, sesuai dengan artikel ini dan jangan spam. Pengelola Istana Review tidak bertanggungjawab atas segala komentar Anda 😁