Review tentang Buku Berjudul Ensiklopedia Doa & Zikir Pilihan

Penulis : Adi Selamet
Terbit : 25 Januari 2017
 Keterangan gambar : Cover depan buku yang dimaksud saya

ISTANAREVIEW.blogspot.com | Doa adalah permohonan manusia kepada Tuhan Yang Maha Esa. Doa adalah salah satu ciri betapa rendah hatinya kita di hadapan Tuhan Yang Maha Perkasa. Doa adalah usaha terbesar untuk meraih berbagai keinginan manusia setelah berusaha begitu keras.

Semua agama mengajarkan cara berdoa yang benar agar dikabulkan Tuhan. Dalam Islam, doa juga diajarkan. Al Qur'an, Hadits, dan kitab para alim Ulama juga memberitahukan dan mengingatkan kepada kita betapa pentingnya berdoa. Salah satu alasan kita berdoa adalah agar kita semakin dekat kepada Allah Yang Maha Mendengar dan Dia berjanji akan mengabulkan doa kita.

Allah Ta'ala berfirman,


"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku" [QS. Al Baqarah (2) : 186]

Jika kita tak berdoa kepada-Nya, berarti kita sombong dan orang yang menyombongkan diri akan dimasukkan ke neraka. Na'udzubillahi min dzalik.

Allah Ta'ala berfirman,


"Dan Tuhanmu berfirman, 'Berdoalah kepada-Ku, niscaya Aku akan memperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina-dina" [QS. Al Mu'min (40) : 60]


Karena doa itu sangat penting, banyak buku yang membahas seputar doa. Salah satu buku berkualitas tentang doa adalah buku berjudul "Ensiklopedia Doa & Zikir Pilihan". Berikut review dari saya tentang buku tersebut.

~ Judul : ENSIKLOPEDIA DOA & ZIKIR PILIHAN
~ Penulis : Ahmad bin Salim Badwilan
~ Penerjemah : Dadang Sobar Ali, S.Ag
~ Penerbit : CV Pustaka Setia (anggota) IKAPI Jawa Barat
Jl. BKR (Lingkar Selatan) No. 162-164 Bandung 40253
~ ISBN : 978-979-076-015-8
~ Ukuran : 16 X 24 CM
~ Cetakan : Pertama
~ Isi : 472 halaman
~ Terbit : Januari 2012
~Khat Arab : Drs. Abdullah
 

KELEBIHAN

~ Sesuai dengan judulnya, buku ini merupakan buku tentang doa terlengkap yang pernah saya miliki. Bagaimana tidak ? Buku ini menguraikan informasi mengenai doa begitu lengkap dimulai dari "Doa sebagai Mukjizat" pada halaman 19-20, "Doa merupakan kebiasaan Para Nabi a.s" pada halaman 20-23, "Adab Dikabulkannya Doa" pada halaman 23-29, dan "Hal-hal yang menghambat dikabulkannya doa" pada halaman 29-31
sampai "Di antara Doa para Nabi" pada halaman 468-472.

~ Sebagaimana dengan buku-buku Islam lainnya, buku ini juga disertai khat (kalimat/abjad) Arab beserta cara membaca dan terjemahannya. Sehingga para pembaca bisa lebih mudah memahami maknanya.

~ Buku ini juga menjelaskan tentang dalil berdoa berdasarkan Kitab Suci al Qur'an dan Hadits sehingga kita tak punya alasan untuk tidak berdoa kepada-Nya.

~ Doa para Nabi dan Rasul, doa para Sahabat radhiyallahu'anhum, doa para alim Ulama rahimahullah, dan doa orang-orang beriman juga ditampilkan dalam buku tersebut. Sehingga kita bisa memilih doa mana yang menurut kita cocok untuk berdoa kepada Allah Ta'ala. Dengan kata lain, buku ini cocok sebagai referensi kita tatkala kita lupa kalimat doa apa yang pantas diucapkan saat waktu yang tepat, tempat yang tepat, dan etika yang baik.


~ dll

KEKURANGAN

~ Pendapat para tokoh panutan Wahabi menjadi rujukan seperti Ibnu Taimiyyah pada halaman 77, 91, dan 184 juga Ibnul Qayyim pada halaman 36, 71, 98, 179, dan 190-191. Mengapa ? Karena Ibnu Taimiyyah dan Ibnul Qayyim adalah tokoh Mujasimah.

~ Menggunakan hadits yang dianggap shahih oleh Al-Albani seperti pada halaman 115, 123, 124, 130, 132, 135, dan 211 padahal Albani yang bernama asli Nashruddin dari Albania, Eropa Tenggara bukanlah ulama, bukan pula ahli hadits. Albani hanya mempelajari hadits dari buku-buku yang dibacanya di Yordania tanpa belajar pada seorang Ulama manapun. Jadi, bagaimana bisa kita mempercayai pendapat seseorang dalam beragama padahal dia tak pernah belajar pada seorang Ulama pun bahkan beberapa Ulama seperti almarhum Syaikh al Buthi dari Suriah saja difitnah dan diragukan keimanannya kepada Allah oleh Albani dan Kaum Wahabi ?


~ dll


KETERANGAN

~ Mujasimah adalah orang yang menyakini bahwa Allah Ta'ala memiliki sifat seperti makhluk khususnya manusia padahal dalam Surah Al Ikhlas saja, Allah Ta'ala menegaskan bahwa diri-Nya tidak memiliki kesamaan layaknya makhluk ciptaan-Nya seperti beranak atau melahirkan. Paham Mujasimah ini muncul di dunia Islam karena banyak orang yang tidak mampu memahami ayat-ayat musyabihat padahal musyabihat hanya dipahami oleh Allah Ta'ala dan orang-orang yang diberi petunjuk oleh-Nya. Misalnya, Kaum Mujasimah menganggap kata "KURSI" pada ayat 255 dalam Surah al Baqarah adalah KURSI, tempat manusia duduk. Na'udzubillah

~ Kaum Wahabi adalah para pengikut Muhammad bin Abdul Wahhab at Tamimi an Najd (1701-1794). Kelompok ini muncul sebagai dukungan kepada seorang penguasa Dir'iyah bernama Muhammad bin Saud, pendiri Bani Saud yang menguasai Kerajaan Arab Saudi di masa kini. Demi mencapai tujuan mereka, Kaum Wahabi dan Bani Saud berani menghalalkan segala cara termasuk mengkafirkan dan membunuh banyak Muslim.
 


Dengan slogan "Murnikan Aqidah, Tebarkan Sunnah" dan "Kembali ke Qur'an dan Hadits", Kaum Wahabi merasa diri mereka sebagai orang-orang yang paling paham dan taat pada semua ajaran Islam dan menuduh mayoritas Muslim sebagai Ahlul Bid'ah, dan tuduhan keji lainnya. Dengan takfiri dan fitnah, Kaum Wahabi sukses menghancurkan banyak negara Muslim anti Israel seperti Irak, Suriah, dan Libya. Maka tak heran, Wahabi sering disebut sebagai Kaum Khawarij akhir zaman. Untuk membersihkan kelompoknya dan menipu Umat Islam, Albani mengganti nama Wahabi sebagai Salafi dan langsung disetujui oleh Kerajaan Arab Saudi. Na'udzubillah.

Memang, tiada yang salah dengan buku-buku Islam. Tapi ketika buku-buku dan artikel tentang Islam disisipi deislamisasi, ideologi sesat dan berbahaya seperti liberalisme dan sekulerisme, paham Mujasimah, dan apa saja yang menyimpang dari ajaran Islam, maka kita harus mewaspadai karya tulis tersebut.


KEBENARAN HANYA MILIK ALLAH TA'ALA DAN SEBAGAI MUSLIM, 

Post a Comment

10 Comments

  1. wah mas tambahan saja ya, coba di beri link download biar pengunjung ikut bisa membaca buku ini ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sekadar review gan. jd ane cuma share pendapat ane aja. ane gak bisa kasih link download soalnya nanti diprotes penulisnya

      Delete
  2. keren nih info nya , jadi kita bisa liat dulu review nya sebelum membeli :D
    bner tuh harus ada link download nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih gan harus ada link downloadnya cuma biar lebih seru baca aja bukunya haha

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. thanks gan infonya bermanfaat

    ReplyDelete
  7. Mantap nih infonya .Kira-kira di Purwokerto ada yang jualan nggak ya?

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang sopan, sesuai dengan artikel ini dan jangan spam. Pengelola Istana Review tidak bertanggungjawab atas segala komentar Anda 😁