Cara Membangun Backlink Gratis Berkualitas




 Sumber gambar : Seo-agency.com.sg

Istana Review - Banyak orang bertanya, "Apa itu backlink?", "Apa manfaat atau kegunaan backlink?" dan "Bagaimana membangun atau mendapatkan backlink berkualitas?".

Ya, 3 pertanyaan ini muncul di kalangan blogger dan orang-orang berbaik hati mau menjawab pertanyaan mereka.

Apa itu backlink?

Backlink adalah link dari situs lain ke situs kamu. Sebuah situs tak akan memberikan link yang menuju ke situs lain kecuali situs tersebut dipercaya oleh pemilik situs yang memberi backlink.


Backlink masih dianggap sebagai salah satu indikator ketenaran sebuah situs dan penentuan pagerank oleh google. Boleh dikatakan backlink adalah bentuk umpan balik yang terjalin antar blog, situs, atau website.

Backlink memiliki 2 jenis yaitu nofollow dan dofollow. Backlink yang nofollow tak akan meningkatkan pagerank suatu blog, situs atau website yang dirujuknya. Sementara backlink yang dofollow  bisa mempengaruh peningkatan pagerank oldh google.


Untuk mengetahui blog yang dofollow agar blog Anda mendapatkan backlink berkualitas, Anda bisa mencari di google dengan kata kunci "Dofollow blog checker".

Jika Anda sudah mendapatkannya Anda beri komentar yang relevan di blog atau situs dofollow.

Apa manfaat atau fungsi backlink?

Backlink memiliki banyak manfaat atau kegunaannya seperti :

👉 Meningkatkan posisi blog pada halaman hasil mesin pencarian (SERP)

Backlink adalah salah satu tulang punggung bagi kekuatan posisi blog dan website Anda di mesin pencarian. Mengapa? Karena semakin banyak blog dan website kita mendapatkan backlink berkualitas, blog dan situs kita semakin kuat di halaman pertama mesin pencarian.


Google atau mesin pencarian lainnya akan menemukan blog, situs atau website bukan saja berdasarkan judul dan keyword yang dipakai di artikel tapi seberapa banyak rujukan dari situs-situs lain terhadap blog dan situs kita.

Keterangan : Perhatikan yang dilingkari warna merah di atas

Jika Anda mencari di google dengan kata kunci "Sejarah Islam di Hongaria" maka situs berita republika.co.id berada di barisan teratas pada halaman pertama google padahal judul beritanya adalah "Sejarah Masuknya Islam di Hungaria" yang diterbitkan pada 11 Oktober 2016 dan "Uniknya Islam di Budapest" yang diterbitkan pada 1 Desember 2013.


Sedangkan blog Adi Ingin Berbagi yang menerbitkan artikel berjudul "Sejarah Islam di Hongaria" pada 12 Oktober 2014 sesuai keyword yang dicari ternyata berada di barisan ketiga setelah 2 judul berita terbitan republika.co.id.

Mengapa? Karena situs berita Islam ini memiliki jutaan backlink berkualitas sementara blog Adi Ingin Berbagi hanya memiliki ratusan backlink berkualitas.

Dari sini saja, kita tahu bahwa google lebih mengutamakan situs yang memiliki banyak backlink dibanding blog Adi Ingin Berbagi dengan jumlah backlink lebih sedikit.

👉 Mempertahankan posisi blog dan artikel di SERP

Meningkatkan posisi blog kita di halaman pertama google sangat mudah bila kita menerbitkan artikel terbaru dan bermanfaat dan tentu artikel dan berita terbaru lebih diutamakan mesin pencarian dibanding artikel dan berita lama. 


Itulah mengapa artikel dan berita terbaru yang diterbitkan pada 2020 lebih diutamakan dibanding artikel yang terbit pada 2019 ke belakang.

Agar kita bisa mempertahankan posisi blog dan artikel kita di SERP, maka kita perlu backlink. Backlink itulah yang membantu kita meningkatkan SEO (Search Engine Optimization).

Semakin tinggi nilai SEO blog kita, maka posisi blog kita semakin kuat dari ketatnya persaingan di internet.

👉 Meningkatkan peringkat blog

Seperti yang saya tulis di atas, backlink itu ada 2 yaitu dofollow dan nofollow. Cuma backlink yang dofollow bisa membantu peningkatan peringkat blog atau pagerank dan peringkat blog di Alexa.

Lalu, bagaimana membangun atau mendapatkan backlink berkualitas?

Cara mendapatkan backlink berkualitas itu ada dua yaitu dengan membayar dan gratis. Dengan backlink berbayar atau membeli backlink, posisi dan peringkat blog dan situs meningkat secara cepat di halaman pertama google dalam hitungan hari.


Ada beberapa situs yang menjual backlink berkualitas seperti backlinks.com, linkmanagementc.om, dan blackhatlinks.com. Cuma harga backlink yang dijual mereka agak mahal.

Tapi jika kamu ingin mendapatkan backlink gratis, kamu bisa memberi komentar di blog dan website yang memiliki Otoritas Domain (DA) dan Otoritas Halaman (PA) lebih  tinggi daripada DA dan PA punya kamu.

Untuk mengecek DA dan PA, kamu bisa menggunakan Website SEO Checker dari India. Pastikan juga blog dan website yang kamu beri komentar sesuai dengan niche dan topik blog dan website kamu.

Selain itu, jangan pernah memberi komentar ke semua situs terlarang dan haram dikunjungi karena berdampak buruk untuk kamu.

Jika komentar kamu bagus, pemilik dan para pengunjung blog dan website tersebut kemungkinan akan mengunjungi blog dan website kamu.

Posting Komentar

6 Komentar

  1. share info yg bagus gan.. banyak info bagus di sini... ditunggu info lain selanjutnya... https://perencana-keuangan.com

    BalasHapus
  2. Fungsi backlink memang luar biasa ya sob terhadap search engine, jadi pengin beli backlink nih, , kira kira harga backlink berapa ya sob?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mahal bro pake dolar soalnya,, kalau ente berminat beli aja di linkmanagement

      Hapus
  3. info yang bagus, terus kalau yang gratis gimana caranya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak kok caranya tapi agak lama, seperti rajin backlink, share ke sosial media dan tukeran link ^_^

      Hapus

Berkomentarlah yang sopan, sesuai dengan artikel ini dan jangan spam. Pengelola Istana Review tidak bertanggungjawab atas segala komentar Anda 😁