Mau Jadi Penulis di Selipan.com? Ini Syaratnya

Penulis : Adi Selamet

Terbit : 25 Februari 2018

Sumber gambar : thebarefootwriter.com
Keterangan : Menulis itu bahagia

Dewasa ini, menulis bukanlah sekadar hobi atau kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang. Namun, menulis bisa menjadi jalan kita mengekspresikan atau menyebarkan wawasan kita.

Menulis juga bisa loh membuat kita berpenghasilan. Buktinya, banyak orang yang berpenghasilan besar karena mereka suka menulis dan berbagi karya tulis mereka.


Kamu tahu siapa penulis novel Ayat-Ayat Cinta dan Laskar Pelangi? Kamu tahu kan siapa penulis novel Harry Potter? Ya, mereka terkenal dan kaya raya karena tulisan mereka berkualitas.

Sejak dulu, penulis buku adalah pekerjaan mulia yang tidak cuma menghasilkan pemasukan tapi bisa mengabadikan nama  penulisnya juga.


Contohnya, Abdurrahman al-Sufi (903-986) alias Azophi bisa terkenal sebagai astronom Muslim karena apa? Beliau adalah penulis Kitab Shuwar al-Kawakib (Book of Fixed Stars). Lewat buku itulah, kita tahu bahwa Azophi adalah penemu Galaksi Awan Magellan dan Galaksi Andromeda pada abad ke-10. Hebat ya? Apa jadinya ya jika beliau tak menyebarkan penemuannya ke dalam buku astronomi?


Nah di zaman digital ini, menjadi penulis online bisa menjadi peluang emas daripada melamar pekerjaan tapi ditolak mulu. Hehe.


Kali ini, saya sebagai blogger ganteng (kata emak gue) akan berbagi tahu untuk kamu yang suka menulis.

Kamu bisa nih jadi penulis di selipan.com dan mendapatkan pembayaran per artikel yang kamu tulis.

Apa itu selipan.com?


Selipan.com adalah sebuah website yang disajikan untuk kamu. Situs ini menyajikan beragam konten yang enak dibaca, menyenangkan, dan bisa memotivasi kamu loh.




Selipan.com dikelola oleh PT Hivemind Digital Media. Perusahaan ini pula yang mengelola beberapa situs seperti suratkabar.id.

Syarat dan kriteria jadi penulis di selipan.com apa saja?


Seperti mendapatkan cinta dan melamar cewek, kamu juga harus memenuhi syarat dan kriteria agar kamu bisa diterima sebagai penulis di selipan.com.




Syarat dan kriterianya apa dong?


1. Rajin membaca konten selipan.com dan ikuti terus selipan.com, ya agar kamu tahu gaya penulisan di selipan.com dong
.


2. Suka membaca dan memiliki rasa penasaran yang tinggi



"Penulis adalah pembaca yang sesungguhnya karena orang yang suka menulis pasti suka membaca"

3. Punya blog pribadi


Bersyukur saja jika kamu punya blog entah kamu memakai platform gratis seperti blogspot.com atau wordpress.com karena blogging itu mengasah keterampilan menulis kamu.

4. Mampu menulis headline yang menarik


Healine itu apa? Tanya mbah google deh. Yang jelas, menulis yang menarik itu agar ada orang-orang yang mau dengan ikhlas membaca tulisan kamu. Gitu loh.


5. Bisa menggunakan wordpress


Bagi kamu yang ngeblog pakai wordpress, asik dong? Tapi buat kamu yang memakai platform lain seperti blogger.com, jangan sedih. Kalau kamu sedih, kecantikan kamu luntur loh.
What? Kamu kan cowok ya? Sorry.

6. Suka memotivasi orang lain



"Memotivasi orang lain itu mudah loh, tapi memotivasi diri sendiri itu sangat susah, sesusah aku mendapatkan cinta kamu"

7. Netral tentang isu SARA


SARA merupakan isu paling sensitif di negara kita tercinta. Cuma gara-gara isu SARA yang tak jelas kebenarannya, sesama anak bangsa khususnya yang seagama bisa saling fitnah dan benci bahkan tega membunuh.


Lihatlah Suriah, Libya, Yaman, juga Irak hancur berantakan dan tak terhitung berapa yang jadi korban gara-gara isu SARA yang disebarkan para pengikut Muhammad bin Abdul Wahhab at-Tamimi an-Najd لقنة الله عليهم.


Kamu tak mau kan Indonesia seperti nasib negara-negara tadi? Nau'udzublillah.
Sebagai penulis yang memiliki iman kepada-Nya, jangan sebarkan isu SARA ya?


8. Menyukai seni karena seni itu indah, seindah senyum kamu.


9. Tidak suka menyinggung perasaan, apalagi perasaan kamu.


Kalau sudah menjadi penulis di selipan.com, apa yang harus kamu lakukan?


1. Tulislah 2-4 konten berkualitas per hari


2. Jika diperlukan, kamu diizinkan untuk menyebarkan tulisan kamu di fanspage selipan.com


3. Kamu harus menulis tentang berbagai topik menarik untuk para pembaca selipan.com yang berusia 17-25 tahun


4. Artikel yang kamu tulis harus asli, jangan copypaste ya? 


5. Kamu juga harus menyajikan headline dan foto yang menarik

Jika kamu tertarik menjadi penulis di selipan.com, daftar saja ya. Semoga masa depan kamu cerah bersamanya 

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Eh,bener loh [kadang] kalimat di tanda kutip itu benar adanya : memotivasi diri sendiri itu kadang sulit.
    Ya,karena namanya manusia ya .. pasti sesekali kadang muncul kendala diri sendiri,seperti titik jenuh akan suatu hal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bisa memotivasi diri sendiri,kita bisa bergerak maju sampai kita mendapatkan puncak kesuksesan. Salam blogger ganteng ^_^

      Hapus

Berkomentarlah yang sopan, sesuai dengan artikel ini dan jangan spam. Pengelola Istana Review tidak bertanggungjawab atas segala komentar Anda 😁