Review tentang Vivaldi Browser versi Android

Sumber: Screenshot dari aplikasi Vivaldi
Keterangan: Tampilan home di Vivaldi


Istana Review - Maret 2014, Opera Softwere menutup komunitas My Opera membuat Jon Stephenson Tetzchner marah dan meninggalkan perusahaan yang dibangunnya. Bersama Tatsuki Tomita, dia membangun sebuah perusahaan browser bernama Vivaldi Technologies.

Nama Vivaldi yang digunakan untuk perambah ini merujuk pada sosok komposer Italia, Antonio Lucio Vivaldi (1678-1741) yang ahli bermain biola.

Sumber gambar: Apkpure.com
Keterangan: Antonio Vivaldi

6 September 2019, Vivaldi pertama kali dirilis dan tampil di Google Play Store. Untuk versi android, Vivaldi sudah diperbarui sejak 6 Mei 2020 yang lalu.

Berikut ini fitur yang dimiliki oleh Vivaldi versi terbaru:

1. Mesin pencarian

Dari semua browser, Vivaldi menjadikan Bing sebagai mesin default utama. Mesin pencarian lain di browser ini adalah Google, Yahoo, Wikipedia, Duckduckgo, Ecosia, dan Startpage.

Keterangan: Mesin pencarian di Vivaldi

2. Catatan

Tidak seperti perambah lainnya, Vivaldi memiliki fitur catatan. Pengguna bisa mencatat apapun dengan fitur ini. Catatan merupakan fitur bagus untuk kamu yang suka blogging dan menulis.

Keterangan: Fitur Catatan di Vivaldi

3. Mode gelap

Tidak cuma Opera Touch, Vivaldi juga menyediakan mode gelap sebagai alternatif saat pengguna tidak menyukai mode terang.

Keterangan: Dark mode di Vivaldi

4. Tab mudah diatur

Walau versi android, Vivaldi mempunyai tab yang bisa ditambah dan dihapus seperti Firefox browser di komputer.

5. Download

Pengguna bisa mengunduh file apapun dengan mudah tanpa repot karena Vivaldi mendukung penghematan kuota internet.

6. Pemblokir iklan

Bagi sebagian pengguna internet, banyak iklan yang muncul di situs yang mereka kunjungi adalah gangguan. Iklan jenis pop up dan melayang yang dianggap paling mengganggu.

Untuk menambah kenyamanan pengguna, Vivaldi menyediakan fitur anti iklan yang bisa diaktifkan. Tentu, fitur ini tidak disukai oleh kaum blogger yang mengharapkan uang berdasarkan iklan yang diklik.

7. Aksesibilitas

Fitur ini memungkinkan pengguna bisa memperbesar ukuran huruf hingga 200% atau memperkecilnya. Tidak hanya ukuran huruf, layar situs juga bisa diperbesar sesuka hati. Tampilan situs juga bisa dibuat sederhana sesuai keinginan pengguna.


Baca juga:


Post a Comment

0 Comments