8 Potensi Kecerdasan Anak yang Wajib Diketahui Orangtua

Anak adalah anugerah!



Sumber gambar: Pinterest.com
Keterangan: Anak pintar dan cerdas



Istana Review - Setiap anak dianugerahi berbagai keunikan dan kemampuannya juga kecerdasan. Kecerdasan anak diturunkan dari orangtua, dan dipengaruhi oleh lingkungan, pendidikan, makanan dan minuman, dan lainnya.

Kecerdasan anak penting untuk diketahui oleh orangtua dan orang-orang dewasa agar anak bisa tumbuh kembang secara optimal dan berguna.

Ada berapa kecerdasan anak? Menurut pakar pendidikan dari Paman Sam, Howard Gardner, ada delapan potensi kecerdasan yang dimiliki oleh anak-anak.

1. Kecerdasan Linguistik


Ini adalah kecerdasan anak dalam berbahasa yang baik seperti bertutur kata, mengungkapkan ekspresi dan pendapatnya.

Kecerdasan berbahasa untuk anak bisa ditingkatkan sejak mereka di dalam kandungan. Ajaklah anak berbincang dengan kata-kata yang sopan, bermain kata dan tebak-tebakan, atau membacakan cerita penuh makna tiap malam agar dia tidur lelap.



Sumber gambar: Brighthorizons.com
Keterangan: Anak dan ibu sedang berbicara



Kecerdasan linguistik anak akan terganggu bila orangtua dan orang-orang disekitarnya sering memarahi dan memakinya dengan kata-kata kasar.

2. Kecerdasan Logika-Matematis


Pandai berhitung, berpikir logis, dan mampu memecahkan permasalahan adalah ciri seorang anak memiliki kecerdasan ini. Kecerdasan ini paling sering dibanggakan orangtua dan gurunya.

Tapi bagaimana jika anak kurang cerdas berhitung? Tentu orangtua bisa mengajarinya berhitung dengan logika sederhana tanpa membuatnya pusing.



Sumber gambar: Stocksy.com
Keterangan: Anak belajar berhitung



Biasanya anak akan tertarik meningkatkan kecerdasan logika dan matematis ini jika orangtua memberinya hadiah es krim atau benda yang dia suka.

3. Kecerdasan Visual-Spasial


Kecerdasan visual-spasial merupakan kecerdasan berimajinasi dan menciptakan objek sesuai yang dia pikirkan.



Sumber gambar: Themodernplayroom.com.au
Keterangan: Anak menyusun beberapa benda



Untuk mengembangkan kecerdasan ini, anak bisa diajak menggambar, menyusun potongan gambar, melukis, membuat perahu kertas atau membuat miniatur rumah yang terbuat dari tumpukan stik es krim dan lem kayu.

4. Kecerdasan Musikal


Anak suka menyanyi? Menabuh benda-benda tertentu sehingga menimbulkan suara khas yang dia suka? Kemungkinan anak Anda memiliki kecerdasan musikal.



Sumber gambar: Hearingreview.com
Keterangan: Anak bermain biola



Sebagai orangtua, Anda bisa membantu mencerdaskannya dengan memberinya alat musik seperti gitar atau piano. Mengizinkan anak ikut les musik atau panduan suara di sekolah merupakan salah satu cara agar anak bisa meningkatkan kecerdasan musikalnya.

5. Kecerdasan Kinestik-Tubuh


Kecerdasan kinestik-tubuh merupakan kecerdasan lain yang dimiliki anak. Kecerdasan ini meliputi kemampuan anak mengekspresikan ide dan perasaannya melalui gerakan tubuh. Misalnya, anak-anak cenderung aktif bergerak, suka mengetuk benda, dan meniru apa yang mereka lihat.



Sumber gambar: Pixabay.com/Mikesween
Keterangan: Ibu dan anak berjalan bersama



Kecerdasan kinestik anak bisa dilihat dengan kemampuannya yang menonjol di bidang olahraga di banding teman-temannya.

Berlari dan berjalan bersama di pagi hari adalah salah satu cara mengembangkan kecerdasan anak di bidang kinestik.

6. Kecerdasan Interpersonal


Walau lebih suka di rumah, anak-anak butuh interaksi dengan lingkungan sekitar sehingga mereka bisa cerdas secara interpersonal.



Sumber gambar: Straitstimes.com
Keterangan: Beberapa murid membersihkan kelas



Kecerdasan interpersonal anak-anak bisa meningkat dengan bantuan orangtua dan guru. Guru di sekolah misalnya, bisa mengadakan piket kebersihan harian secara bergiliran untuk murid-muridnya. Sedangkan orangtua bisa mengajak si kecil ikut serta membersihkan lingkungan di sekitar rumah.

7. Kecerdasan Intrapersonal


Kecerdasan anak yang ketujuh adalah kecerdaaan intrapersonal. Kecerdasan ini merupakan jenis kecerdasan mengenali, mengembangkan kemampuan dan menyelesaikan masalah sendiri.



Sumber gambar: Liveabout.com
Keterangan: Ibu dan anak membersihkan meja bersama



Bila anak memiliki waktu luang, percayakanlah tugas tertentu untuk dikerjakan anak-anak seperti merapikan kamar tidur dan menyimpan mainannya lagi.

8. Kecerdasan Naturalis


Kecerdasan terakhir menurut sang pakar lainnya adalah kecerdasan naturalis. Sebuah kecerdasan mengenali, mengetahui, mengerti dan memahami alam sekitar termasuk berinteraksi dengan hewan-hewan jinak.



Sumber gambar: Allaboutcats.com
Keterangan: Anak dan kucing tidur bersama



Biarkanlah anak untuk ikut memelihara dan merawat hewan peliharaan seperti kucing, ayam, anjing, atau kelinci. Menanam dan menyirami bunga bersama anak juga tidak kalah menarik untuk dilakukan. Kecerdasan naruralis anak juga dapat meningkat bila orangtua mengajak mereka berwisata alam walau tidak jauh keluar kota.

Kecerdasan anak pasti diinginkan oleh semua orangtua. Setiap orangtua harus tahu dan membantu anak untuk mengembangkan potensi kecerdasannya. Keberhasilan anak adalah hadiah terindah bagi orangtua.

Baca juga:



Post a Comment

5 Comments

  1. Luar biasa mas, setiap anak memang mempunyai kelebihan yang berbeda beda termasuk kecerdasan yang mereka miliki. Untuk itu kita harus tahu beberapa macam kecerdasan ini agar dapat mengembangkan potensi anak secara maksimal

    ReplyDelete
  2. Ternyata ada banyak istilah2 tentang kecerdasan ya hehe baru tau ane, Setiap anak memang punya kecerdasan masing2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar gan, setiap anak punya kecerdasan masing-masing. Mereka harus dibimbing dan dididik secara patut agar mereka menjadi manusia beriman, berakhlak, dan pintar.

      Delete
  3. Artikelnya bermanfaat banget
    Keren bung artikelnya

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang sopan, sesuai dengan artikel ini dan jangan spam. Pengelola Istana Review tidak bertanggungjawab atas segala komentar Anda 😁