5 Website yang Bikin Kamu Lebih Pintar

 Jangan lupa belajar!


Sumber gambar: Freepik.com
Keterangan: Orang kerja dengan laptop



Istana Review - Pintar merupakan salah satu keistimewaan yang harus dimiliki oleh setiap orang. Karena menjadi orang pintar, kita bisa bermanfaat bagi sesama bahkan untuk kebaikan kita sendiri.

Untuk menjadi pintar, kita harus belajar yang rajin dengan membaca, menulis, berhitung dan berpikir. Kita bisa bisa belajar di rumah, sekolah, atau di mana pun kita mau.

Di era kini, kita bisa memperluas wawasan kita dengan menjelajah internet. Di internet, banyak website yang membuat kita semakin pintar.

Berikut ini daftar website yang bikin pengetahuan dan keterampilan kamu semakin keren.

Catatan: Review ini dilakukan pada Kamis, dan Jum'at, 15-16 Oktober 2020 dan bisa diperbarui kapan pun.

 

1. Wikipedia.org

Ensiklopedia bebas buatan Jimmy Wales dan Larry Sanger yang diluncurkan pada 15 Januari 2001 di Amerika Serikat ini pasti tidak asing bagi kamu, bukan?

Wikipedia merupakan perpustakaan online terbesar yang bisa kamu kunjungi untuk menambah wawasan kamu. Sejarah, astronomi, tokoh, negara, geografi sampai profil selebriti dan atlet menjadi topik Wikipedia.


Sumber gambar: Screenshot dari Wikipedia.org
Keterangan: Wikipedia.org


Ada 275 bahasa yang digunakan di Wikipedia dengan English sebagai bahasa dominan sedangkan bahasa Indonesia menjadi bahasa terbesar kesepuluh yang memiliki lebih dari 547 ribu artikel.

Karena Wikipedia bisa disunting kapan pun oleh siapa pun menjadi sebab Wikipedia bukan sumber terpercaya yang bisa kamu gunakan untuk keperluan akademik. Walau dikunjungi miliaran orang tiap bulan, Wikipedia mendapat dana dari donasi, bukan iklan.

Backlink dari Wikipedia juga penting untuk kemajuan blog dan website kamu karena Wikipedia bisa "mengirim" para pengunjung ke blog dan website kamu.


2. Brainly.com

Brainly merupakan website yang berisi pertanyaan dan jawaban untuk para pelajar SD, SMP, dan SMA. Website pendidikan populer ini dibangun oleh tiga orang Polandia bernama Michal Borkowski, Tomasz Kraus, dan Lukasz Haluch pada 2009.


Sumber gambar: Screenshot dari Brainly.co.id
Keterangan: Brainly.co.id


Untuk Brainly Indonesia, kamu bisa mengunjungi Brainly.co.id yang memiliki banyak mata pelajaran yang kamu suka. Soal-soal dari mata pelajaran matematika, fisika, dan kimia juga ada. Semua soal dijawab oleh siapapun yang bisa menjawabnya.

Brainly merupakan bimbel gratis yang patut kamu coba. Hanya jaringan internet lancar yang kamu butuhkan untuk bertanya atau menjawab soal di Brainly.


3. Quora.com

Situs yang bikin kamu pintar lainnya adalah Quora. Website ini dirilis pada 21 Juni 2020 oleh Adam D'Angels dan Charlie Cheever.


Sumber gambar: Screenshot dari Quora
Keterangan: Quora



Quora disukai banyak orang karena jawaban untuk tiap pertanyaan berdasarkan fakta jika berbicara mengenai sejarah, agama, dan lainnya.

Tapi jika pertanyaan seperti bagaimana rasanya menjalani pernikahan tanpa rasa cinta, dijawab berdasarkan opini dan pengalaman orang yang menjawabnya.


Sumber gambar: Screenshot dari Quora
Keterangan: Pertanyaan di Quora


Kelebihan Quora lainnya adalah Quora memiliki Spaces, semacam komunitas yang membahas topik yang sama. Misalnya, Pengembangan Diri, Loversbud, Sejarah Dunia, dan QuRaRaRa (anime dan manga).


4. Codecademy.com

Jika kamu ingin mempelajari coding, maka Codecademy merupakan salah satu tempat yang cocok.

Didirikan oleh Zach Sims dan Ryan Bubinski pada Agustus 2011, Codecademy telah menjadi tempat belajar pemrograman bagi puluhan juta siswa di 179 negara.



Sumber gambar: Screenshot dari Codecademy.com
Keterangan: Codecademy.com



Ada 12 bahasa coding yang dipelajari di website ini seperti Python, Java, Go, SQL, Ruby, JavaScript, dan C++.

Sejak Agustus 2017, Codecademy Pro diluncurkan dan pengguna bisa membayar US$ 19.99 per bulan. Tapi kamu juga bisa belajar coding gratis dengan mendaftar sebagai anggota.


5. Memrise.com

Memrise merupakan website pintar yang bisa kamu kunjungi untuk belajar bahasa. Bahasa Jerman, Italia, Rusia, Spanyol, Korea, dan Polandia dapat kamu pelajari di situs cerdas ini.

Greg Detre, Ed Cooke, dan Ben Whately adalah tiga pendiri Menrise.


Sumber gambar: Screenshot dari Memrise.com
Keterangan: Memrise - belajar bahasa asing



Selain hadir dengan aplikasi android, kelebihan Memrise lainnya adalah kamu belajar bahasa dengan ribuan klip audio dan video yang dituturkan orang-orang lokal.

Betapa mudah dan asyik belajar bahasa menjadi alasan lainnya mengapa Menrise memiliki puluhan juta pelajar di 189 negara di bumi.


Menurut kamu, situs pintar apa yang bikin kamu lebih pintar?


👉 Download Aplikasi Istana Review

👉 20 Blog Indonesia Paling Disukai

👉 10 Cara Mengukur Kualitas Blog dan Website

👉 Aplikasi Istana Review Resmi Dirilis

👉 5 Marketplace Populer di Indonesia

👉 Mengapa Ada Link Mati di Blog dan Website?

👉 Mengapa Kamu Harus Mengunjungi Blog Istana Review?

👉 Daftar Majalah Online Militer Terbaik

👉 10 Toko Buku Online Terpercaya

👉 10 Situs Perempuan Indonesia Paling Populer

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Alhamdulillah dari semua website diatas ane sering mengunjunginya... Dan apakah ane jadi Pintar? :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jelas sekali kamu pintar gan apalagi setelah saya baca beberapa tulisan kamu di blog.

      Hapus

Berkomentarlah yang sopan, sesuai dengan artikel ini dan jangan spam. Pengelola Istana Review tidak bertanggungjawab atas segala komentar Anda 😁