10 Cara Mengukur Kualitas Blog dan Website Kamu

Sumber gambar: Infoguideafrica.com
Keterangan: Blogging melibatkan konten, media sosial, menulis, arsitektur informasi, dan lainnya



Istana Review - Dewasa ini, blog dan website bukan hanya sekadar tempat keren yang membuat kamu menyebarkan informasi secara online. Tapi kamu bisa menjadikan blog dan website sebagai ladang bisnis yang menguntungkan.

Ya, blog dan website bisa menghasilkan uang bila kamu menggunakannya secara positif. Afiliasi, referal, dan berjualan adalah cara umum untuk mendapatkan uang dari blog dan website yang kamu kelola.

Tentu untuk mendapatkan uang, blog dan website harus berkembang dan maju. Salah satu cara untuk membuat blog dan website semakin keren adalah kamu harus rajin menyajikan konten yang bermanfaat dan disukai oleh banyak orang.

Mungkin kamu berpikir, "Saya rajin mengurus blog tapi cuma sedikit pengunjung. Salah dimana?". Atau, "Mengapa pendapatan saya masih sedikit bahkan turun?".

Daripada kamu pesimis, galau, dan putus asa, mending kamu cek seberapa hebat dan keren blog dan website kamu dengan 10 cara ampuh ini. Dengan 10 cara ajaib ini, kamu bisa memperbaiki kinerja blog dan website kamu.

Cara ini sangat disarankan untuk kamu yang berjualan online lewat toko online, blog atau website kamu.

1. Berapa kecepatan blog dan website kamu?

Kecepatan akses internet diibaratkan seperti kecepatan elang menyergap mangsanya di daratan. Semakin cepat, semakin disukai.

Semakin cepat blog dan website kamu, semakin banyak orang yang suka. Tapi jika saat koneksi jaringan internet lancar, blog dan website kamu belum tampil lebih dari 5 detik, orang-orang akan pergi.



Sumber gambar: Screenshot dari Google Page Speed
Keterangan: Halaman beranda Google Page Speed



Kamu bisa menggunakan Google Page Speed dan GTMetrix untuk mengukur kecepatan blog dan website kamu saat diakses.

2. Bagaimana tampilan blog dan website kamu di ponsel?

Banyak perangkat yang digunakan oleh para pengguna internet. Ponsel lebih sering digunakan daripada dekstop karena ponsel mudah digenggam dan dibawa.



Sumber gambar: Screenshot dari Google Mobile Friendly Test Tool
Keterangan: Blog Istana Review ramah untuk kamu



Kamu bisa mengecek seberapa ramah blog dan website kamu dengan bantuan Google Mobile Friendly Test.

3. Adakah link mati?

Link mati adalah jalan buntu sehingga para pengunjung berhenti meneruskan perjalanan mereka ke blog dan website kamu. Iya, link mati bisa menurunkan jumlah pengunjung di blog dan website kamu.

Mengapa ada link mati? Biasanya link mati disebabkan oleh kesalahan memasang kode di template (theme), dan komentar spam dari pengguna iseng.



Sumber: Screenshot dari deadlinkchecker.com
Keterangan: Jumlah link mati di blog Adi Ingin Berbagi



Kamu bisa mengecek kehadiran link mati blog dan website kamu ke beberapa situs pengecek link mati seperti d
deadlinkchecker.com dan brokenlinkchecker.com.

Pastikan kamu perbaiki atau hapus semua link mati kamu daripada kamu kehilangan pengunjung setia kamu.

4. Bagaimana perilaku pengunjung?

Bukan bermaksud mencurigai pengunjung, tapi cara ini ampuh agar kamu bisa meningkatkan kinerja blog dan website kamu. Inilah yang dimaksud heatmap.

Konten apa yang disukai atau tidak disukai banyak orang? Gambar apa yang paling banyak dilihat? Video apa yang mereka tonton?



Sumber gambar: Screenshot dari Hotjar
Keterangan: Halaman beranda Hotjar



Kamu bisa mengetahuinya dengan bantuan situs Hotjar.com dan Mouseflow.com. Letakkan skrip Hotjar atau Mouseflow ke blog dan website kamu, biarkanlah Hotjar menganalisa. Hasil analisa Hotjar bisa kamu gunakan untuk memperbanyak konten yang mereka suka sehingga kamu untung.

5. Siapa pesaing kamu?

Menurut teori, hidup adalah persaingan. Siapa yang lebih unggul, dia yang menang bahkan menyingkirkan pesaing selamanya.

Begitu juga di internet, ada persaingan sangat ketat. Kamu jangan kalah karena kamu istimewa.

Cari tahu siapa yang menjadi pesaing kamu dengan bantuan Similarweb.com. Kamu juga akan tahu berapa lama kehadiran para pengunjung, konten yang mereka suka, berapa halaman yang mereka lihat, dan asal pengunjung.


Sumber gambar: Screenshot dari Similarweb.com
Keterangan: Halaman beranda Similarweb.com




Bandingkan milik kamu dan milik pesaing kamu. Perbaiki kelemahan kamu dan tiru keunggulan pesaing kamu secara sehat. Jangan kamu rusak usaha pesaing kamu karena kamu pasti mendapatkan balasan dari-Nya.

6. Secantik apa blog dan website kamu?

Tidak cuma perempuan cantik dan baik yang menarik hati, blog dan website yang cantik juga bisa menyegarkan mata para pengunjung.



Sumber gambar: Screenshot dari Webscore.ai
Keterangan: Situs kecerdasan buatan untuk menilai secantik apa blog kamu



Blog dan website yang cantik bisa dinilai dari penampilannya, warna, fonts, gambar, resolusi layar, dasar SEO (seperti SEO On Page dan SEO Off Page), dan kode HTML juga CSS.

Kamu bisa mengeceknya dengan bantuan Webscore.ai karena gratis.

7. Google Analytics



Sumber gambar: Screenshot dari email
Keterangan: Laporan Google Analytics yang masuk ke email



Produk Google ini wajib kamu gunakan walau kamu memakai platform selain Blogspot. Cukup pasang kode yang diberikan oleh Google ke blog dan website kamu untuk mengetahui nilai bounce, berapa pengunjung yang sedang aktif, konten yang mereka suka, dan kegunaan lainnya.

8. Bagaimana pengaruh kata kunci yang kamu pakai?

Setiap orang pasti memakai keyword untuk mendapatkan apa yang mereka cari di mesin pencarian seperti Google, Yandex, Bing, Yahoo, dan Duckduckgo.

Kemungkinan besar para pengguna internet mengklik yang muncul berdasarkan kata kunci yang mereka ketik.

Gunakan kata kunci pada judul halaman, gambar, konten, meta description, dan link anchor text juga media sosial.



Sumber gambar: Screenshot dari Sitechecker.pro
Keterangan: Halaman beranda Sitechecker.pro



Kamu bisa mengecek posisi dan kekuatan kata kunci yang kamu gunakan di blog dan website kamu dengan bantuan Ahrefs.com, Topvisor.com, Sitechecker.pro, Semrush.com, SmallSEOTools.com, Accuranker.com dan TheHoth.com juga Google Keyword Checker. Buzzsumo juga bisa kamu gunakan untuk mengetahui kata kunci yang digunakan pesaing kamu.

9. Berapa spam score blog dan website kamu?

Apa itu spam score? Spam score adalah persentase seberapa besar atau kecil peluang suatu blog atau website untuk mendapatkan penalti dari Google.

Spam score ditemukan oleh Moz dan Moz memiliki 27 kriteria apakah blog dan website kamu memiliki spam score yang tinggi?

Di antara spam score menurut Moz, kriteria situs adalah sampah seperti memiliki link yang keluar sangat banyak dan tidak wajar. Kamu bisa mengecek berapa spam score kamu dengan menggunakan WebsiteSEOChecker.com.




Sumber gambar: Screenshot dari Websiteseochecker.com
Keterangan: Halaman beranda Websiteseochecker.com



Semakin tinggi spam score yang kamu punya berarti jelek. Cara menurunkan spam score pada blog dan website adalah perbanyak konten asli tanpa plagiat. Menghapus link mati juga menurunkan spam score kamu.

10. Bagaimana kualitas konten kamu?

Orang-orang mustahil datang ke blog dan website yang tidak memiliki konten berkualitas yang mereka cari.

Konten kamu bisa berkualitas jika asli karya kamu tanpa menjiplak. Bermanfaat, mudah dipahami dan enak dibaca adalah 3 ciri artikel berkualitas.


Sumber gambar: Searchenginejournal.com
Keterangan: Konten terbaik




Sebagai blogger, webmaster bahkan orang yang ahli internet marketing, kamu pasti mengharuskan kamu atau tim kamu untuk selalu memperbarui konten kamu agar blog dan website kamu lebih segar.

Kamu bisa menggunakan semua situs yang Istana Review sarankan di artikel ini demi kebaikan kamu sendiri.

10 cara ini berdasarkan pengalaman saya sebagai pemilik blog Istana Review. Saya ingin kamu lebih baik walau kenyataannya, kamu tidak mau mengenal siapa pemilik blog ini.

Baca juga:










Posting Komentar

6 Komentar

  1. luar biasa, sebenarnya visitor juga dapat mempengaruhi reputasi dari blog ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, visitor berpengaruh banget pada perkembangan blog 😁

      Hapus
  2. Alhamdulillah sebagian besar udah ane cek... Btw mantap bang artikelnya lengkap 👍

    BalasHapus
  3. Mantab gan, kebetulan saya niche kesehatan tp visitor masih jarang. Pindah niche boleh gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pindah niche tidak ada yang larang gan. Yang penting serius dan konsisten.

      Hapus

Berkomentarlah yang sopan, sesuai dengan artikel ini dan jangan spam. Pengelola Istana Review tidak bertanggungjawab atas segala komentar Anda 😁