20 Blog Indonesia Paling Disukai


Sumber: Hoteltechreport.com
Keterangan: Menulis ditemani secangkir kopi hangat



Istana Review - Sekitar 20 tahun yang lalu, blog muncul di internet sebagai media berbagi cerita yang dilakukan penulisnya. Tapi sejak beberapa tahun terakhir, blog di Indonesia menjadi media bisnis di internet yang menguntungkan bagi penulis dan pengelolanya.

Pada 2010-an, Anneahira.com  adalah blog Indonesia paling terkenal karena ikut membantu para pelajar termasuk pemilik blog Istana Review  mengerjakan tugas biologi, dan geografi juga sejarah. Sayangnya, blog tersebut tidak dapat diakses lagi.

Mengapa blog atau situs disukai banyak pengunjung?


👉 Konten bermanfaat dan terpercaya

👉 Info singkat pemilik, penulis, atau pengurus jelas tertulis di menu about seperti nama dan tujuan membuat blog

👉 Navigasi dan pembagian label (kategori) jelas

👉 Loading cepat dan ringan

👉 Mencerahkan pikiran dan hati

👉 Ramah mata, maksudnya, mata kamu tidak sakit atau perih saat mengunjunginya

👉 Desain yang keren dan rapi

👉 Inspiratif dan memotivasi

👉 Mudah dipahami

👉 Memiliki niche blog paling laku dengan topik paling diminati seperti review, blogging, template gratis, adsense, dan bisnis online juga hobi

👉 Dan kamu juga suka

Lalu, blog apa saja yang paling disukai oleh orang Indonesia? Berikut Istana Review menyajikannya untuk kamu walau kamu lebih memilih dia daripada aku.

1. Sugeng.id



Sugeng.id adalah blog pertama terbaik menurut blog Istana Review karena blog ini memang disukai dan direkomendasikan oleh banyak blogger di grup Whatsapp dan Facebook.


Sumber: Screenshot Sugeng.id
Keterangan: Halaman beranda blog Sugeng.id




Blog ini terkenal sebagai salah satu penjual template blogger premium terbaik di internet dan kamu bisa ikut program afiliasi yang ditawarkan Sugeng.id.

Template blogger terkenal yang dibuat dan dijual oleh Sugeng.id adalah Linkmagz dan Viomagz yang dianggap sebagai template blogger bagus untuk iklan Google Adsense dan loading yang lebih cepat karena ramah SEO.

Domain Sugeng.id diubah pada 18 April 2015 setelah sebelumnya memakai domain berupa Sugeng.com. Pemilik blog ini bernama Sugeng Riyadi dan Mas Sugeng adalah nama panggilannya.

Kebanyakan artikel di Sugeng.id adalah artikel Evergreen Content. Maksudnya, hampir semua artikel di blog tersebut tidaklah basi apalagi Sugeng.id selalu memperbarui tulisannya.


Sumber: Websiteseochecker.com
Keterangan: Nilai DA (Otoritas Domain) dan Otoritas Halaman (PA) juga Alexa rank blog Sugeng.id pada Sabtu, 25 Juli 2020



Setiap tulisan di Sugeng.id memiliki puluhan hingga ratusan komentar dan menurut Istana Review, komentar yang datang bukan hasil dari blogwalking. Hebat ya?


2. PanduanIM.com



Jika kamu ingin belajar Internet Marketing (IM), maka kamu harus mengunjungi blog PanduanIM.com yang dibangun oleh Darmawan.



Sumber: Screenshot dari PanduanIM.com
Keterangan: Halaman beranda PanduanIM.com



Domain PanduanIM mulai aktif sejak 1 November 2014 dan blog internet marketing ini disukai oleh banyak orang karena mereka tahu PanduanIM adalah semacam sekolah internet marketing gratis.

Blog ini memang membahas seluk beluk mengenai pemasaran termasuk memasarkan produk dan jasa agar laku. Juga, PanduanIM menyajikan tutorial keren agar artikel yang terbit di blog bisa masuk di halaman pertama Google dan viral.


Sumber: Websiteseochecker.com
Keterangan: Nilai Otoritas Domain (DA), Otoritas Halaman (PA), dan Alexa rank blog Panduanim.com pada Sabtu, 25 Juli 2020


Betapa berkualitasnya blog PanduanIM hingga banyak orang selalu menunggu artikel terbaru yang terbit dan mereka siap membacanya.


3. Igniel.com



Igniel.com adalah blog perempuan pertama yang masuk ke daftar blog paling keren di Indonesia. Dengan memakai platform Blogspot, Igniel mulai hadir di internet pada 2008 dan domain Igniel.com  mulai aktif pada 2011.



Sumber: Screenshot dari Igniel.com versi mobile
Keterangan: Halaman beranda Igniel.com pada Minggu, 26 Juli 2020



Seperti kebanyakan blogger perempuan, Igniel juga dimulai dengan menceritakan perasaan dan pengalaman hidupnya sehari-hari. Namun sejak 2016, Igniel merombak topik tulisannya dan fokus berkaitan dengan internet termasuk bisnis online, blogging, dan media sosial.

Seperti Sugeng.id, Igniel juga membuat dan menjual template blogger terbaiknya. Igniel Blogger Template, Ignielplex, dan Textrim adalah sederet template buatannya yang terkenal.



Sumber: Websiteseochecker.com
Keterangan: Nilai Otoritas Domain (DA) dan Otoritas Halaman (PA) blog Igniel.com pada Sabtu, 25 Juli 2020


Konsisten dan fokus adalah kunci sukses blogging yang diterapkan oleh pemilik Igniel.com. Hasilnya, Igniel termasuk blog perempuan yang memiliki banyak penggemar berat.

4. Juragancipir.com


Siapa yang menyangka jika ketidaksukaan pada kecipir (Psophocarpus tetragonolobus) membuat Indri Lidiawati membuat blog bernama Juragancipir.com?  Blog ini juga dikelola oleh perempuan, guys.


Sumber: Screenshot dari Juragancipir.com
Keterangan: Halaman beranda Juragancipir.com pada Sabtu, 25 Juli 2020



11 Januari 2014, domain Juragancipir.com muncul di internet padahal pemiliknya sudah aktif blogging sejak 4 tahun sebelumnya.



Sumber: Websiteseochecker.com
Keterangan: Nilai Otoritas Domain (DA), Otoritas Halaman (PA), dan Alexa rank blog Juragancipir.com pada Sabtu, 25 Juli 2020


Tidak sekadar blogging, Juragancipir.com memiliki beragam topik yang dibahas. Dari adsense, blogging, bisnis online sampai sejarah dan travel yang ditulis oleh beberapa penulis lainnya.

Blog ini bisa juga disebut komunitas blogger karena Juragancipir.com menyediakan forum yang membahas adsense, blog, dan SEO.

Selain itu, copywriting juga diterapkan untuk mempromosikan produk dan jasa di Juragancipir.com.


5. Mastimon.com


Mastimon.com merupakan blog favorit lainnya yang masuk daftar blog paling keren di Istana Review. Mastimon.com adalah blog yang dibangun oleh seorang blogger bernama Timon Adiyoso.



Sumber: Screenshot Mastimon.com
Keterangan: Halaman beranda Mastimon.com pada Senin, 27 Juli 2020



4 Agustus 2016 merupakan tanggal domain Mastimon.com aktif di internet. Mastimon pula menawarkan jasa pembuatan blog, les privat, edit SEO template blogger, dan jasa backlink murah.


Sumber: Websiteseochecker.com
Keterangan: Nilai Otoritas Domain (DA) dan Otoritas Halaman (PA) juga Alexa blog Mastimon pada Sabtu, 25 Juli 2020


Mastimon juga tidak malu menceritakan pengalaman hidupnya di blog dia sendiri. Bagaimana juga, cerita asli dari orang sukses setelah berjuang dan berdoa lebih menarik daripada berkhayal yang tidak pantas.


6. Bloggerborneo.com



Bila kamu suka mengunjungi Bloggerborneo.com, kamu pasti tidak asing dengan nama Dwi Wahyudi. Blog ini sangat populer di internet sebagai salah satu blog review terbaik  dan sering memenangkan perlombaan menulis.


Sumber: Checkpagerank.net
Keterangan: Nilai Otoritas Domain (DA), Otoritas Halaman (PA), dan Alexa rank Bloggerborneo.com


Selain job review, Bloggerborneo juga menawarkan jasa placement content dan pemasangan iklan. Blog ini bisa kamu jadikan rujukan untuk blogging dan belajar mengulas suatu produk seperti buku dan film.

7. Blogodolar.com



Blogodolar.com merupakan salah satu blog paling disukai di Indonesia yang dibahas dalam artikel ini. Blogodolar merupakan blog yang dibangun oleh Herman Yudiono sejak 31 Mei 2009.

Blogger asal Sumedang tersebut merupakan ahli kimia yang pernah bekerja di sebuah perusahaan tambang nikel di Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Dia memutuskan untuk keluar dari perusahaan dan menjadi blogger seutuhnya.



Sumber: Websiteseochecker.com
Keterangan: Nilai Otoritas Domain (DA), Otoritas Halaman (PA), dan Alexa rank Blogodolar.com pada Sabtu, 25 Juli 2020



Walau blog Blogodolar sudah tidak aktif sejak November 2018, Blogodolar masih dikunjungi oleh banyak orang. Blogodolar berhenti aktif karena pemiliknya fokus ke blog lain yaitu Hermanyudiono.com.


8. Arlinadzgn.com



Arlidzgn.com merupakan blog yang muncul pada 2014 dan disukai oleh banyak orang juga. Blog ini disukai karena memiliki konten desain yang bagus dan cantik untuk halaman web.


Sumber: Screenshot Arlina Dzgn
Keterangan: Halaman beranda Arlina Dzgn pada Selasa, 28 Juli 2020




Internet, adsense, HTML, SEO, widget, dan tips blogger merupakan topik utama di blog Arlina Dzgn yang dimiliki oleh seorang blogger asal Sukabumi.

Arlina Dzgn terkenal sebagai blog yang sering membagikan template blogger yang cantik dan cepat seperti Infinite AMP Responsive Blogger Template dan Digizena Responsive Blogger Template.


Sumber: Websiteseochecker.com
Keterangan: Nilai Otoritas Domain (DA), Otoritas Halaman (PA), dan Alexa blog Arlinadzgn.com


Tapi sayangnya, kamu harus subcribe dengan memasukkan email bila ingin mengetahui beberapa topik penting di menu header. Walau begitu, kamu bisa menjelahi blog yang sudah berumur enam tahun lebih itu.

Upadate per Rabu, 2 September 2020: Sejak Agustus 2020, Arlinadzgn berubah menjadi blog selebriti.


9. Kompiajaib.com


Kompiajaib.com merupakan salah satu blog yang dibangun oleh Adhy Suryadi yang terkenal sebagai salah satu blog yang sering membagikan template blogger gratis.



Sumber: Screenshot Kompiajaib.com
Keterangan: Halaman beranda Kompiajaib.com pada Selasa, 28 Juli 2020



Banyak kategori yang dibahas oleh Kompi Ajaib seperti blogger, tutorial sampai HTML5 dan youtube juga template. Semuanya disukai oleh para pengunjung setia blog tersebut.



Sumber: Websiteseochecker.com
Keterangan: Nilai Otoritas Domain (DA), Otoritas Halaman (PA), dan Alexa Kompiajaib.com



Sampai tanggal 28 Juli 2020, Kompi Ajaib sudah menerbitkan 964 artikel dan kamu bisa melihatnya di laman sitemap Kompi Ajaib.


10. Iwanbanaran.com


Iwan merupakan blogger yang memakai nama desanya, Banaran sebagai nama blog sehingga blog dia bernama Iwanbanaran.com. Blog yang memakai platform Wordpress ini adalah blog sepeda motor paling terkenal di Indonesia.


Sumber: Screenshot Iwanbanaran.com
Keterangan: Halaman beranda Iwanbanaran.com pada Rabu, 22 Juli 2020



Bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi terkait sepeda motor, kamu bisa  mengunjungi blog Iwanbanaran.com.


Sumber: Websiteseochecker
Keterangan: Nilai Otoritas Domain (DA), Otoritas Halaman (PA), dan Alexa rank iwanbanaran.com pada Sabtu, 25 Juli 2020


Iwan Banaran juga memiliki beberapa akun media sosial yang masih aktif yaitu facebook, twitter, instagram, dan youtube yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui informasi apa yang dibagikan oleh blogger Tulungagung ini.


11. Omkicau.com



Omkicau.com menjadi blog yang disukai juga oleh banyak orang karena blog ini menyajikan informasi menarik tentang beragam jenis burung termasuk mp3 suara berbagai burung yang bisa diunduh.



Sumber: Screenshot Omkicau.com
Keterangan: Halaman beranda Omkicau.com pada Rabu, 22 Juli 2020



Dengan tagline "Referensi Hobi Burung Terpercaya", Omkicau merupakan blog hobi burung paling populer di Indonesia.

24 April 2009, domain Omkicau.com aktif menurut Whois dan masih bertahan sampai sekarang.

Sumber: Websiteseochecker.com
Keterangan: Nilai Otoritas Domain (DA), Otoritas Halaman (PA), dan Alexa rank blog Omkicau.com pada Sabtu, 25 Juli 2020


Untuk kamu yang memelihara burung dan ingin burung kamu memenangkan lomba atau minimal, suara burung kamu merdu, Omkicau bisa menjadi rujukan kamu.

Omkicau juga memberikan sejumlah tips sukses blogging yang bisa kamu terapkan di blog kamu.


12. Enigmablogger.com


Enigma merupakan blog misteri paling terkenal di Indonesia yang muncul pada 2009. Betapa kerennya blog ini sehingga setiap artikel mendapat puluhan hingga ribuan komentar yang relevan.


Sumber: Screenshot Enigmablogger.com
Keterangan: Halaman beranda Enigmablogger.com pada Rabu, 22 Juli 2020



Enigma juga menerbitkan dua judul buku, salah satunya yaitu "Enegma 2: Menguak Fakta-fakta Misterius paling Fenomenal di Dunia" yang diterbitkan oleh Tangga Pustaka pada 2014.

Sumber: Websiteseochecker.com
Keterangan: Nilai Otoritas Domain (DA) dan Otoritas Halaman (PA) juga Alexa rank blog Enigmablogger.com pada Sabtu, 25 Juli 2020

Sayangnya, blog ini tidak aktif lagi sejak Januari 2016 padahal banyak penggemarnya yang ingin membaca tulisannya lagi.


13. Blogdokter.net



Sesuai namanya, blog ini dibangun oleh seorang dokter asal Bali bernama dr. I Made Cock Wirawan, S.Ked. Blog ini memakai platform Wordpress dengan tema ColorMag buatan ThemeGrill. 
24 Mei 2007, domain Blogdokter.net hadir di internet.



Sumber:  Screenshot Blogdokter.net
Keterangan: Halaman beranda Blogdokter.net pada Sabtu, 25 Juli 2020



Blogdokter.net adalah blog yang membahas kesehatan dan ditulis oleh sang dokter. Blog ini mirip buku kedokteran sehingga kamu bisa mengetahui informasi mengenai kesehatan agar bisa hidup sehat.

Tidak seperti blogger lain yang tidak menceritakan latar belakang pendidikan mereka, dr. Wirawan adalah sosok dokter yang berterus terang mengenai pendidikan kedokteran yang dijalaninya dan alamat prakteknya.



Sumber: Websiteseochecker.com
Keterangan: Nilai Domain (Da), Otoritas Halaman (PA), dan Alexa blog blogdokter.net pada Sabtu, 25 Juli 2020


Blogdokter merupakan salah satu situs kesehatan terpercaya di Indonesia dan Blogdokter merupakan blog berpengaruh yang memiliki jutaan pengikut dan penggemar di Twitter, Facebook, dan Instagram.

14. Klikmania.net



Jika kamu mencari jasa review terbaik di internet, blog Klikmania selalu muncul di halaman pertama Google. Ini karena meta tag, meta deskripsi, backlink, otoritas domain (DA), dan otoritas halaman (PA) Klikmania sudah bagus.

Klikmania merupakan blog yang muncul pada 2015 karena domain Klikmania.net aktif sejak 30 Maret 2015 menurut Whois

Sumber: Websiteseochecker.com
Keterangan: Nilai Otoritas Domain (DA) dan Otoritas Halaman (PA) juga Alexa rank Klikmania.net pada Sabtu, 25 Julin2020


Selain blog, Klikmania juga bisa menghasilkan uang bagi para penulis dan kontributor yang tergabung. Ini karena Klikmania mendapatkan pemasukan dari iklan dan jasa menulis artikel.

15. Maxmanroe.com


Blog Maxmanroe terkenal sebagai media online yang sering mengupas bisnis online dengan bahasa yang mudah dipahami oleh kita.



Sumber: Screenshot Maxmanroe.com
Keterangan: Halaman beranda Maxmanroe.com pada Sabtu, 26 Juli 2020



Maxmanroe memiliki beberapa topik utama yaitu bisnis, pemasaran, teknologi, inspirasi, dan umum. Semua kategori ini dibagi lagi menjadi beberapa tema yang menarik dibaca.

Dibangun oleh Marikxon Manurung, blog ini memiliki beberapa penulis dan kontributor hebat. 20 September 2012 adalah hari pertama Maxmanroe.com aktif di internet.


Sumber: Websiteseochecker.com
Keterangan: Nilai Otoritas Domain (DA), Otoritas Halaman (PA), dan Alexa Maxmanroe.com pada Sabtu, 25 Juli 2020

Jika kamu ingin belajar bisnis online atau menjadi blogger sukses, Maxmanroe bisa menjadi rujukan kamu.

16. Shintaries.com


Siapa yang menduga bahwa ada seorang perempuan Indonesia mampu membangun salah satu komunitas blogging terbesar di internet?

Dia adalah Shintaries Nijerinda, salah satu pendiri Blogger Perempuan Network (BPN) dengan link BloggerPerempuan.co.id di bawah naungan PT. Blogger Perempuan. Dia adalah seorang blogger yang aktif sejak 2005.


Sumber: Websiteseochecker.com
Keterangan: Nilai Otoritas Domain (DA), Otoritas Halaman (PA), dan Alexa rank Shintaries.com pada Sabtu, 25 Juli 2020


Blog Shintaries menyajikan banyak topik dari aplikasi, blogging sampai travel dan visa. Semua tulisannya menarik untuk dibaca. Tak heran ya, bila tulisannya mirip buku diary.


17. Celotehdinihari.com


Bagi orang-orang yang menyukai copywriting, mungkin tidak asing dengan nama Rini Novita Sari yang memiliki blog Celotehdinihari.com. Ya, Rini termasuk blogger perempuan Indonesia yang sukses.



Sumber: Screenshot Celotehdinihari.com
Keterangan: Halaman beranda Celotehdinihari.com pada Minggu, 26 Juli 2020



Celotehdinihari.com juga termasuk blog yang menjadi anggota Blogger Perempuan Network yang dibangun oleh Shintaries.


Sumber: Websiteseochecker.com
Keterangan: Nilai Otoritas Domain (DA), Otoritas Halaman (PA), dan Alexa rank blog Celotehdinihari.com pada Sabtu, 25 Juli 2020


Ada beberapa topik yang diulas di blog Rini seperti review film dan drama, sampai traveling dan blogging.

Celotehdinihari.com juga menawarkan jasa menulis SEO dan artikel review alias sponsorship.


18. Indahjulianti.com



Penulis buku Khadijah Bunda Orang-orang Beriman ini dan 9 Bulan 10 Hari Menanti Buah Hati ini adalah blogger perempuan berpengaruh selanjutnya yang memulai blogging sejak 2003.
 

Sumber: Screenshot Indahjulianti.com
Keterangan: Halaman beranda Indahjulianti.com pada Minggu, 26 Juli 2020


Blog Indah Julianti ini termasuk blog diary terbaik karena hampir semua tulisannya berisi pengalaman harian dia dari awal blogging sampai menjadi ibu rumah tangga.

14 Februari 2013 adalah hari aktif bagi domain Indahjulianti.com.


Sumber: Websiteseochecker.com
Keterangan: Nilai Otoritas Domain (DA), Otoritas Halaman (PA), dan Alexa rank Indahjulianti.com pada Sabtu, 25 Juli 2020

Selain blogger, Indah Julianti juga salah satu pendiri Kumpulan Emak Blogger (KEB) dan penulis 16 buku.


19. Benablog.com



Benablog mulai aktif sejak 2007 dan dibuat oleh Benazio Rizki Putra alias Bena Kribo. Sejak tahun-tahun pertama blogging, Benazio sering mendapatkan penghargaan sehingga Benablog semakin terkenal.

Sumber: Websiteseochecker.com
Keterangan: Nilai Otoritas Domain (DA), Otoritas Halaman (PA), dan Alexa rank Benablog.com pada Sabtu, 25 Juli 2020


Berbeda dengan blog yang lain, Benablog cenderung mirip seperti buku diary versi online. Bagaimana pun, buku bernama Benabook sudah terbit menjadi bukti bahwa blogger juga bisa menerbitkan buku.


20. Blog kamu



Jika kamu blogger, kamu memiliki peluang besar bahwa blog terbaik kamu disukai oleh banyak pengunjung juga. Walau jumlah pengunjung blog kamu masih di bawah angka 100, kamu harus tetap semangat dan tunjukkan pada dunia bahwa kamu bisa mewujudkan mimpi kamu sebagai salah satu blogger sukses seperti mereka.

Daftar ini bukan untuk menyurutkan semangat kaum blogger untuk tetap berkarya menyajikan beragam konten bermanfaat. Tapi  Istana Review bermaksud menunjukkan kepada para pembaca bahwa Indonesia memiliki banyak blogger hebat dan banyak nama blog hebat tidak tertulis di blog Istana Review. Selain itu, daftar ini bermaksud agar kamu semakin semangat blogging.

Menurut kamu, blog terbaik apa? Mungkinkah kamu akan bilang Istana Review adalah blog terbaik juga? 😁


Baca juga:










Post a Comment

13 Comments

  1. Blognya bagus bagus mas. Mksh atas rekomendasinya. Juragan cipir sipp tulisannya . Kunjungi juga LITERACY MILITER 🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  2. Mantab mantab blog rekomendasinya mas. Bagus bagus ... terutama juragan ceper. Mksh mas

    ReplyDelete
  3. Blog senior memang banyak disukai karena memiliki banyak artikel berkualitas dan layak menjadi panutan blogger muda. Tapi tetap no.20 jadi favorit 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, artikel berkualitas yang mengundang kedatangan pengunjung. Fokus blogging bisa menjadi blogger sukses selanjutnya.

      Keep smile 😁

      Delete
  4. Beberapa Website yang sering menjadi acuan saya ada di atas, Luar biasa!

    ReplyDelete
  5. Semoga kelak website saya juga termasuk ya mas. Hehe nice info min 😁 saya sering membaca blog blog mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga blog kamu termasuk blog yang disukai masyarakat mas. Semangat!

      Delete
  6. Makasih gan infonya hehe sangat bermanfaat buat kedepannya

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang sopan, sesuai dengan artikel ini dan jangan spam. Pengelola Istana Review tidak bertanggungjawab atas segala komentar Anda 😁