5 Tanda Keuangan Kamu Sudah Bagus

Berapa pun penghasilan kamu, menabunglah!



Sumber gambar: Foto pribadi
Sumber gambar: Uang Rp. 75 ribu yang diterbitkan Bank Indonesia untuk merayakan kemerdekaan Indonesia ke-75






Istana Review - Sejak pertama kali diberlakukan pada ribuan tahun lalu, uang menjadi alat pembayaran sah untuk barang dan jasa. Karena segala hal membutuhkan uang termasuk biaya berobat dan makan, maka uang memang penting.

Uang bisa didapat bila kita bekerja atau meminta sedangkan orang yang memberi kita uang pasti bekerja. Kalau kita sudah bekerja dan menghasilkan uang, apakah berarti keuangan kita sudah bagus?

Untuk mengetahui apakah keuangan kita sudah baik atau belum, ada tanda-tandanya. Berikut 5 ciri keuangan kita sudah bagus.

1. Pemasukan yang Stabil


Pemasukan bisa berasal dari hasil kita bekerja, menjual barang atau jasa, atau mendapatkan royalti dari karya yang kita terbitkan. Penghasilan dianggap cukup dan stabil bila berhasil memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. Bahkan dengan pemasukan yang kita peroleh, kita bisa membiayai hobi atau membantu orang lain.

2. Pengeluaran yang Terkendali


Setiap orang pasti mengeluarkan uang untuk membeli atau membiayai hidupnya. Pengeluaran bisa dikendalikan bila kita mampu berhemat dan menekan pemborosan.

3. Punya Dana Darurat


Dana darurat alias dana cadangan adalah dana yang kita kumpulkan untuk kebutuhan mendesak, mendadak, dan di luar kendali kita. Misalnya, biaya untuk renovasi rumah, memperbaiki kendaraan, biaya berobat, atau dana yang kita pakai selama kita tidak bekerja.





Sumber gambar: Freepik.com
Keterangan: Ilustrasi dana darurat







Dana darurat sangat penting agar kita tidak kesusahan tatkala kita tidak punya uang kontan. Berapa dana darurat yang aman? Untuk orang lajang, dana darurat yang dimilikinya adalah setara dengan 3-6 bulan gaji, menurut beberapa sumber terpercaya. Maksudnya, bila dia bergaji 3 juta Rupiah per bulan, berarti dana darurat dia sekitar 9-18 juta Rupiah. Sesuai namanya, dana darurat bisa dipakai untuk keadaan darurat yang memaksa kita mengeluarkan uang lebih banyak tanpa terduga.

Jumlah dana darurat semakin besar bila semakin banyak orang yang kita tanggung dalam satu rumah. Karena besarnya tanggung jawab lelaki untuk menafkahi dirinya dan keluarganya, maka lelaki harus bekerja dan banyak uang halal.

4. Punya Tabungan


Untuk urusan dunia, kita harus punya tabungan sebagai penyangga keuangan kita. Tabungan berguna untuk mewujudkan mimpi kita ke Tanah Suci, pendidikan, membeli rumah, menikah, membeli kendaraan atau membuka bisnis online.

Berapapun uang yang kita simpan, pastikan kita menabungnya di tempat yang aman.

5. Tidak Punya Utang


Mungkin semua orang bisa berutang gegara pengeluaran lebih besar dibanding penghasilan yang mereka terima. Namun apakah berutang baik untuk kita?

Bila kita berutang untuk hal yang baik kepada orang yang baik maka hidup kita terselematkan. Misalnya, kita berutang Rp. 1 juta kepada orang lain tanpa bunga, kita membayar Rp. 1 juta saja. Itu berarti hidup kita aman walau kita pusing bagaimana cara melunasinya kurang dari satu bulan.

Namun kebanyakan lembaga menawarkan utang dengan bunga tinggi membuat sang peminjam kewalahan untuk membayarnya. Kredit kendaraan dan kredit perumahan juga adalah utang yang dilakukan banyak orang.

Semoga hidup kita nyaman tanpa utang

Apakah keuangan kamu sudah bagus?


Baca juga:

Post a Comment

0 Comments