Mengapa WhatsApp Digunakan Banyak Orang? No. 6. Demi Cinta?

Sumber gambar: Treadtopic.com
Keterangan: Seorang perempuan cantik dan logo WA



Istana Review - Manusia adalah makhluk sosial yang selalu butuh komunikasi dengan siapapun. Bahkan orang-orang introvert pasti berkomunikasi walau lewat tulisan.

Dewasa ini, komunikasi bisa dilakukan tanpa bertatap muka apalagi saat wabah penyakit masih berkuasa.

Dengan aplikasi chatting seperti Whatsapp, LINE, Meetme, Kakaotalk, Frim, Michat, Telegram, Viber, Skype, dan Snapchat, kita bisa berkomunikasi tanpa memandang batas geografi.

Dari semua aplikasi chatting, WA alias Whatsapp adalah yang paling populer dan paling banyak penggunanya.

Lalu, apa alasan orang-orang mau memakai WA? Berikut ini alasan Whatsapp memiliki miliaran pengguna.

1. Gratis


Gratis adalah alasan pertama paling disukai orang-orang karena bisa menggunakan produk dan jasa tanpa membayar. Iya, WA adalah aplikasi berkomunikasi gratis terbaik dan paling terkenal.

Hanya dengan kuota internet atau sambungan data, kita bebas mengobrol dalam bentuk tulisan, suara, dan video call.

Karena gratis, tak heran bila Whatsapp diunduh lebih dari 5 miliar kali.

2. Tanpa iklan


Pada Januari 2020, publik sempat dihebohkan dengan berita dari Facebook Marketing Summary bahwa iklan akan muncul di WA.

Kenyataannya, untuk saat ini, iklan tidak ada di WA. Lalu darimana WA mendapatkan keuntungan?

3. Mudah digunakan


Whatsapp termasuk aplikasi yang mudah digunakan bahkan oleh pemula. Menu navigasi di WA juga ramah pengguna. Tidak perlu pusing untuk menggunakan aplikasi karya Jan Koum dan Brian Acton ini.

4. Tidak perlu nama pengguna dan pin


WA menghubungkan nomor kontak di HP pengguna sehingga pengguna bisa menghubungi siapapun yang dikenalnya berdasarkan nomor kontak yang disimpannya.

Pemakaian nama pengguna dan pin memang penting untuk keamanan. Walau bagaimana pun, data yang disimpan di WA aman.

5. Bisa promosi gratis


Siapapun bisa menggunakan Whatsapp untuk promosi tanpa harus mengeluarkan sejumlah uang. Biasanya lewat WA, kaum blogger sering mempromosikan blog mereka untuk mendapatkan respon positif berupa kunjungan, komentar, dan saran dari sesama blogger.

Seperti Facebook, kita juga sering menemukan jasa atau produk yang ditawarkan oleh sesama pengguna WA.

WA juga memiliki platform lain yaitu WA bisnis. Apa kelebihannya?

6. Akan tahu artinya perjuangan


Jika kamu berusaha mendekati seseorang yang kamu suka agar dia juga menyukaimu lewat Facebook, mungkin kamu akan dianggap mengganggunya dan akun kamu diblokir karena dia tidak suka kamu.





Sumber gambar: Freepik.com
Keterangan: Pria dan wanita saling menatap





Tapi di WA, siapapun bisa memperjuangkan perasaannya dari membuat WA Story agar dia peka sampai chat dia langsung.

Jika dia membalas chat kamu lebih cepat dan asik berarti dia menyukaimu juga. Perjuangan kamu akan berasa berharga. Mungkin kamu dan dia akan menikah kecuali kamu dan dia sudah memiliki pasangan. Setialah dan jangan berselingkuh apalagi berzina!

Sebaliknya, jika dia membalas lama bahkan tidak membalas chat dari kamu, mending kamu mundur dan sadar diri.

Artinya, air mata kamu terlalu berharga jika menetes untuk orang yang tidak menyukaimu.

7. Multimedia


Kita bisa mengirim video, gambar, foto, suara, stiker, dan gambar bergerak ke siapapun lewat WA. Tentu ini jauh lebih baik, lebih murah, dan lebih cepat daripada menggunakan MMS (Multimedia Messaging Service).

8. Web Whatsapp


Tidak cuma di HP, WA juga bisa digunakan di website resmi Whatsapp.com. Situs WA bisa juga digunakan untuk screenshot dan mencetak halaman informasi kontak berupa nama, no. telepon, email, dan alamat si pembeli agar barang kiriman sampai ke tempat tujuan.


9. Ringan dan mampu menyimpan data lebih dari 1 Gb


Dibanding aplikasi chatting lainnya, Whatsapp memiliki ukuran sebesar 23 Mb. Ini lebih ringan jika dibandingkan dengan Viber Messenger (41 Mb), W-Match (44 Mb), dan LINE Messenger (89 Mb) bahkan We Chat (184 Mb).





Keterangan: Data chat WA admin 😁😁





Walau begitu kenyataannya, WA mampu menampung data chatting lebih dari 1 Gb. Data WA juga bisa disimpan di Google Drive pengguna sesuai pengaturan yang dilakukan pengguna.





Keterangan:Cadangan chat WA mode gelap





Tidak hanya menampung ukuran data yang besar, Whatsapp juga mampu menyimpan bukti chat dari tahun-tahun yang lalu selama pengguna tidak menghapusnya.

10. Grup seru dan asik


WA bukan sekadar aplikasi chatting secara pribadi seperti Skype. Aplikasi ini bisa menjadi wadah orang-orang berbincang tentang apapun termasuk hobi dan bisnis.

Dengan bergabung atau membuat grup dengan banyak anggota, rencana berkumpul bisa dilakukan dan kita akan tahu siapa saja yang tidak bisa hadir.

Memakai WA dengan wajar dan positif bisa membuat smartphone kita terasa hidup. Tapi sakit hati karena chat tidak dibalas oleh dia yang kamu suka adalah hal biasa bila kamu ingin mendapatkan cinta sejati.

Sebagai pengguna WA, apa alasan kamu memakai Whatsapp?

Baca juga:










Post a Comment

4 Comments

  1. Whatsapp rencananya akan terdapat iklan suatu hari nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru rencana gan. Mungkin iya suatu saat nanti.

      Delete
  2. Bagus sekali bray artikelnya. Menurut saya ada benarnya juga nomor 6. Hehe

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang sopan, sesuai dengan artikel ini dan jangan spam. Pengelola Istana Review tidak bertanggungjawab atas segala komentar Anda 😁