Review Aplikasi Al-Qur'an Indonesia Terbaik Karya Andi Unpam

Bacalah dan pahamilah wahyu dari Tuhanmu yang Maha Suci


Sumber gambar: Screenshot dari aplikasi Al-Qur'an
Keterangan: Beranda aplikasi Al-Qur'an




Istana Review - Al-Qur'an adalah Kitab Suci yang diwahyukan dari Allah kepada Nabi Muhammad صل الله عليه وسلم melalui malaikat Jibril. Kitab Suci ini menjadi panduan semua Muslim.

Kini, ada aplikasi Al-Qur'an Indonesia untuk android yang bisa diunduh di Google Play Store dan digunakan sebagaimana mestinya. Aplikasi Al-Qur'an terbaik gratis dalam bahasa Indonesia ini dikembangkan oleh Andi Unpam.

Aplikasi Al-Qur'an buatan Indonesia ini memiliki ukuran 18,36 Mb yang diperbarui terakhir pada Sabtu, 21 November 2020 dan diunduh lebih dari 10 juta kali.



Sumber gambar: Screenshot dari Google Play Store
Keterangan: Review positif dari Adi Selamet untuk aplikasi ini




Berikut daftar fitur aplikasi Al-Qur'an  terjemahan bahasa Indonesia yang dirilis sejak Rabu, 17 Desember 2014.

1. Rasm Indopak dan Utsmani

Aplikasi ini memiliki dua jenis penulisan font Arab yaitu Indopak (Asia) dan Utsmani (Madinah). Perbedaannya, kamu akan lebih mengerti bila mengunduh aplikasi ini dan memperhatikan tiap huruf, kata, dan kalimatnya.

2. Geser Layar

Untuk ganti surah atau halaman, cukup layar handphone kamu digeser karena salah satu aplikasi Al-Qur'an terbaik ini ramah pengguna.

3. Audio Murottal

Aplikasi Al-Qur'an 30 juz ini memiliki audio murottal dengan 8 Qori. Mereka adalah Hani Ar-Rifai (Arab Saudi), Mishary Rashid (Kuwait), Fares Abbad (Yaman), Mahmud Khalid Al-Husary (1917-1980) dari Mesir, Maher Al-Muaiqly (Arab Saudi), Saad Al-Ghamidi (Arab Saudi), Muhammad Jebril (Mesir), dan Abdul Rahman Al-Sudais (Arab Saudi) - semoga Allah memberi mereka rahmat.

Untuk mendengarkan suara mereka, kamu harus mengunduh audio untuk 114 surah dan kamu bisa mendengarkan bacaan mereka.



Sumber gambar: Screenshot dari aplikasi Al-Qur'an
Keterangan: Beberapa surah dengan audio yang sudah diunduh




Bacaan mereka dapat menjadi panduan kamu memperbaiki pengucapan ayat-ayat suci sesuai tajwid. Kamu juga bisa menghafal ayat-ayat suci dengan bacaan mereka.

4. Arah Kiblat

Kiblat adalah arah sujud semua Muslim saat mereka shalat. Masjidil Haram di Kota Suci Makkah adalah kiblat semua Muslim.



Sumber gambar: Screenshot dari aplikasi Al-Qur'an
Keterangan: Arah kiblat



Aplikasi ini memiliki fitur arah kiblat yang bisa kamu tentukan secara manual dan otomatis. Dengan koneksi internet yang baik, kamu bisa mencari arah kiblat kamu agar shalat kamu lebih baik bila kamu berada di tempat yang jauh dari masjid atau mushola.

5. Kalender Hijriah

Hijriah adalah kalender yang diberlakukan sejak masa Khalifah Umar bin Khattab رضي الله عنه dan nama hijriah - atas saran Imam Ali رضي الله عنه - merujuk pada peristiwa Nabi Muhammad صل الله عليه وسلم berhijrah.



Sumber gambar: Screenshot dari aplikasi Al-Qur'an
Keterangan: Jadwal shalat per Kamis, 26 November 2020




Aplikasi Al-Qur'an untuk HP ini memiliki kalender hijriah selama 30 hari ke depan. Jadi kamu tidak perlu bingung sekarang tanggal berapa dan bulan apa menurut kalender Islam ini, begitu pun dengan cara jadwal sholat.

6. Terjemahan

Andi Unpam sengaja merancang aplikasi Al-Qur'an Indonesia untuk HP android ini dengan menambahkan fitur terjemahan.

Untuk versi ini, ada dua macam terjemahan yaitu terjemahan menurut Kementerian Agama Republik Indonesia dan Tafsir Al-Jalalain Indonesia.

Setelah diperbarui, aplikasi ini menambahkan terjemahan untuk tiap kata dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia. Jadi, kamu tidak usah bingung mengartikan tiap kata.

7. Alarm Shalat

Fitur lainnya adalah alarm shalat yang bisa diatur sesuai tempat kamu berada. Alarm ini bisa berbunyi dengan adzan yang berkumandang sesuai jadwal shalat. Untuk kamu yang sering lupa waktu shalat, aplikasi ini cocok untuk kamu.



Sumber gambar: Screenshot dari aplikasi Al-Qur'an
Keterangan: Alarm shalat




8. Tajwid

Tajwid adalah cara membaca ayat-ayat suci yang benar berdasarkan tempat keluar huruf hijaiyah agar terdengar elok.

Ini juga merupakan aplikasi Al-Qur'an lengkap dengan tajwid. Kata dan kalimat akan berwarna sesuai dengan tajwid. Misalnya, kata dan kalimat berwarna ungu bila mengandung idgham bighunnah dan iqlab untuk yang berwarna biru.

9. Bisa Offline

Ini termasuk aplikasi android gratis terbaik yang bisa digunakan tanpa terhubung dengan internet. Aplikasi Al-Qur'an ini dapat dipakai saat kamu tidak menyalakan koneksi internet.

Tapi kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini saat online dan tentu ada iklan yang muncul. Iklan di aplilasi ini bisa hilang dengan dua cara yaitu bila kamu tidak online, dan kamu bisa mendermakan Rp. 20 ribu untuk membantu anak-anak yatim via pengembang aplikasi ini.



Sumber gambar: Screenshot dari Aplikasi Al-Qur'an
Keterangan: Surah Al-Mulk ayat pertama dan terjemahannya



Jika kamu ingin lebih tahu informasi mengenai aplikasi Al-Qur'an dengan terjemahan bahasa Indonesia, kamu bisa membuka situs resminya yaitu Quranforandroid.com.

Review ini untuk aplikasi Al-Qur'an berbahasa Indonesia karya Andi Unpam versi 2.6.73. Jika aplikasi ini diperbarui lagi, insya Allah, artikel review ini akan diperbarui lagi.

Catatan: Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di Google Play Store dan App Store atau klik situs Quranforandroid.com.

Baca juga:











Post a Comment

1 Comments

Berkomentarlah yang sopan, sesuai dengan artikel ini dan jangan spam. Pengelola Istana Review tidak bertanggungjawab atas segala komentar Anda 😁