Mengapa Tiktok Sangat Populer?






Istana Review - Jutaan aplikasi android sudah hadir di Google Play Store dengan miliaran pengguna aktif tiap hari. Dari aplikasi blog seperti Aplikasi Istana Review sampai aplikasi penghasil uang seperti Buzzbreak.

Dari semua aplikasi android gratis yang bisa diunduh, ada satu aplikasi yang selalu menyita perhatian banyak orang. Aplikasi tersebut bernama Tiktok.

Seperti Likee, Tiktok adalah aplikasi berbagi video pendek yang bisa kamu gunakan untuk membuat dan menyebarkan video kreatif kamu.

Di Google Play Store, apk Tiktok dirilis pada Minggu, 7 Mei 2017 oleh perusahaan Tiktok Pte, Ltd di bawah naungan Bytedance. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 2 miliar secara global, mengikuti jejak aplikasi Facebook dan Whatsapp.

Pertanyaannya adalah mengapa Tiktok sangat terkenal?

1. Hiburan

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk yang mudah bosan dan lelah. Mereka butuh hiburan agar tidak stress apalagi wabah Covid-19 yang belum hilang. Maka mereka mengunduh aplikasi Tiktok.



Sumber gambar: Screenshot dari Tiktok
Keterangan: Seorang gadis berjilbab bersama beberapa ular sanca



Tiktok menyediakan video yang dipadukan dengan musik sehingga video Tiktok bisa viral dan masuk berita utama di TV.

Video yang viral di Tiktok adalah video yang berisi challenge seperti Lathi Challenge yang terkenal beberapa bulan lalu. Lagu yang menjadi latar video di Tiktok juga berpotensi terkenal walau lagu tersebut sudah lama dirilis.

2. Durasi Pendek

Tidak seperti Youtube yang memiliki durasi beberapa menit hingga dua jam lebih untuk satu video, Tiktok hanya memiliki durasi kurang dari satu menit.






Durasi yang pendek itu memungkinkan kamu untuk tetap menggunakan kuota secara hemat.

3. Artis

Banyak artis terkenal di dunia yang memiliki akun Tiktok dan mereka membagikan video mereka ke platform video buatan Cina terbesar ini. Dari artis sinetron, penyanyi dan film Indonesia sampai para artis luar negeri.

Siapapun juga bisa terkenal di Tiktok bahkan orang-orang India dan Brasil menjadi artis Tiktok terkenal dan kaya.

4. Cepat Viral

Jumlah pengguna aktif per hari yang menyentuh ratusan juta orang membuat banyak video yang tayang di Tiktok ditonton ribuan hingga jutaan kali.

Tiktok terkenal juga karena ada challenge yang dibuat oleh para pengguna dengan maksud ide kreatif mereka diikuti oleh para pengguna lain.


Sumber gambar: Screenshot dari Tiktok
Keterangan: Sebuah challenge di Tiktok



Sayangnya, challenge yang terkenal dan masuk berita utama di TV adalah challenge yang berbahaya dan membuat khawatir orangtua.

Tapi beberapa stasiun TV di Indonesia punya program menayangkan beberapa video lucu dan kreatif yang berasal dari Tiktok.

Misalnya, Net TV menayangkan Tiktokan sejak Senin, 24 Februari 2020 dan GTV (Global TV) menayangkan Warbiasak sejak Ramadhan kemarin.

5. Terseret Konflik Antar Negara

Seiring dengan kelakuan Cina yang membuat kesal beberapa negara, Tiktok juga terkena imbasnya.

Misalnya, India melarang 275 aplikasi android buatan Cina termasuk PUBG dan Tiktok juga UC Browser. Ini karena konflik berdarah di wilayah perbatasan Cina-India dan anti Cina menggelora di India.



Sumber gambar: Screenshot dari Katadata.co.id
Keterangan: Negara pengguna Tiktok terbesar



Menurut databooks Katadata pada 30 Juni 2020, India adalah negara dengan jumlah pengunduh Tiktok terbesar di dunia dan disusul oleh AS, Brasil, Indonesia, Rusia, dan Meksiko.

AS, Australia, dan Inggris sedang mencari alasan yang masuk akal bila mereka melarang penggunaan Tiktok oleh penduduk mereka.

Pemblokiran Tiktok dipengaruhi oleh tuduhan bahwa Tiktok membagikan data pengguna ke pemerintah Cina. Indonesia pernah memblokir Tiktok pada 3 Juli 2028 berdasarkan 2.853 laporan terkait konten video yang dianggap tidak pantas.

Menurut kamu, apa penyebab Tiktok lebih populer?

Baca juga:











Posting Komentar

2 Komentar

  1. Saya rasa tiktok sekarang udah ngalahin instagram, malahan banyak video tiktok yang kebanyakan direpost ke instagram, satu lagi, tik tok sekarang pun bisa buat endorse loh dan banyak orang ertarik main tiktok ya gara gara ini, terlebih buat nyari follower di tiktok cukup mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tiktok bisa menjadi tempat mencari uang.

      Hapus

Berkomentarlah yang sopan, sesuai dengan artikel ini dan jangan spam. Pengelola Istana Review tidak bertanggungjawab atas segala komentar Anda 😁