Pustaka Digital Kampus, Aplikasi yang Bantu Kamu Makin Produktif!

Aplikasi yang membantumu menjadi mahasiswa produktif!




Sumber gambar: Archdaily.com
Keterangan: Seorang mahasiswi di perpustakaan







Istana Review - Kehadiran teknologi internet yang semakin berkembang nyatanya tidak bisa dipisahkan dari kehidupan banyak orang termasuk mahasiswa. Dari perpesanan hingga tugas bisa dikerjakan oleh mereka dengan memanfaatkan teknologi.

Pemanfaatan kemajuan teknologi juga memunculkan banyak produk seperti aplikasi android yang bisa membantu para mahasiswa semakin produktif. Ada beberapa aplikasi android populer yang wajib dipakai oleh mahasiswa seperti WPS Office, Camscanner, Oxford Dictionary of English, Easy Notes dan Google Drive. Ada juga aplikasi lokal yang mendukung agar mahasiswa berwawasan semakin luas yaitu aplikasi Pustaka Digital Kampus.





Sumber gambar: Screenshot dari Google Play Store
Keterangan: Aplikasi Pustaka Digital Kampus







Aplikasi Pustaka Digital Kampus adalah salah satu aplikasi android buatan Hamid Sakti Wibowo yang ikut terlibat dalam peran penting di bidang pendidikan. Aplikasi ini baru diluncurkan pada 15 Mei 2022 di Google Play Store oleh sang penggiat pendidikan.

Di aplikasi ini, banyak buku digital bermutu sesuai jurusan. Misalnya untuk jurusan saintek terdapat ebook karya Dr. Ir. Sensus Wijonarko, M.Sc berjudul Instrumentasi Neraca Air dalam Sistem Pengamat Hidrometeorologi Terpadu untuk Upaya Mewujudkan Ketahanan Air.






Sumber gambar: Screenshot dari aplikasi Pustaka Digital Kampus
Keterangan: Ebook saintek tentang Instrumentasi Neraca Air karya Dr. Ir. Sensus Wijonarko, Msc








Ebook yang diterbitkan oleh LIPI Press dengan 90 halaman berisi tentang permasalahan air bersih di bumi yang kian tercemar sementara air bersih sangat dibutuhkan oleh semua orang. Bagaimana upaya-upaya kita untuk mencukupi kebutuhan terhadap air bersih termasuk mengelola dan mengendalikan air tercemar juga dibahas di ebook yang ditulis oleh Kepala Laboratorium Instrumentasi Hidrometer periode 2000-2001. Melalui karya tulisnya ini, sang pakar Teknologi Instrumentasi berusaha menyadarkan kita betapa pentingnya air bersih sehingga kita tidak pantas ikut mencemarinya.

Selain buku-buku digital untuk para mahasiswa, ada juga INSIGHT Buletin Ekonomi Syariah yang diterbitkan secara bulanan oleh KNKS (Komite Masional Keuangan Syariah). Misalnya buletin bertema Menjadikan Indonesia Sebagai Pusat Ekonomi Syariah Dunia edisi 1 Juni 2019.




Sumber gambar: Screenshot dari aplikasi Pustaka Digital Kampus
Keterangan: Buletin ekonomi syariah tentang ambisi Indonesia menjadi pusat keuangan syariah global







Di buletin tersebut disebutkan bahwa ada empat strategi besar utama yang dilakukan oleh KNKS agar Indonesia menjadi pusat ekonomi global secara syariah. Keempat strategi tersebut adalah (1) Penguatan rantai nilai halal dari hulu ke hilir dengan lima program termasuk membangun pusat halal internasional untuk memperkuat kerjasama antarnegara (2) Penguatan sektor keuangan syariah dengan memastikan dukungan keuangan dan perbankan syariah (3) Penguatam Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang menyerap tenaga kerja nasional dan (4) Pemanfaatan dan penguatan ekonomi digital dari pembiayaam hingga pemasaran.

Seperti aplikasi Pustaka Digital SekolahPustaka Digital Kampus juga memiliki beberapa fitur yang sama. Fitur-fitur tersebut berupa beranda, kategori, pencarian, bookmark, dan tentunya mode gelap.

Apa Saja Kelebihan Aplikasi Pustaka Digital Kampus?


✔️ Gratis untuk semua orang dan mudah digunakan

Siapapun bisa memanfaatkan ponsel miliknya untuk mengunduh Pustaka Digital Kampus secara gratis. Semua ebook dan buletin karya para ahli tersedia untuk dibaca dan dipahami. Harapannya jelas, semakin banyak mahasiswa yang berwawasan luas dengan menggunakan aplikasi Pustaka Digital Kampus ini.

✔️ Menyajikan banyak ebook dengan puluhan program pendidikan dari akutansi, biologi hingga saintek, teknik dan teknologi informasi. Kamu hanya perlu mengunduh, membaca dan memahaminya.

✔️ Semua ebook di aplikasi berasal dari sumber-sumber resmi seperti LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dan Kemendikbud sehingga kamu tidak perlu khawatir bahwa semua ebook di aplikasi ini bajakan dan ilegal.

✔️ dan kelebihan lainnya

Aplikasi Pustaka Digital Kampus sangat baik untuk kamu yang ingin kuliah lebih baik dan berprestasi. Terbukti lebih dari 100 pengguna memakainya. Kedepannya, aplikasi ini akan memperbanyak jumlah buku yang bisa dibaca via smartphone. Jangan lupa, unduh aplikasi Pustaka Digital Kampusdi Google Play Store secara gratis dan dapatkan beragam manfaatnya!



Baca juga:





Post a Comment

0 Comments