Aplikasi Pustaka Digital Sekolah Terlengkap yang Memudahkan Kamu Belajar

Belajar jadi lebih mudah!




Sumber gambar: Unicef.org
Keterangan: Aktivitas belajar di sekolah kala pandemi





Istana Review - Canggihnya teknologi internet sangat mempengaruhi dunia pendidikan di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Perpustakan misalnya, yang dulu cuma bisa dikunjungi secara langsung dan terletak di pusat-pusat pendidikan, kini hadir di ponsel kita. Ya perpustakan daring sekarang berbentuk website dan aplikasi akibat pesatnya perkembangan internet.

Banyak aplikasi pendidikan gratis yang bermunculan seperti iPusnas, ePerpus, iJakarta, Perpuskita, dan iSantri. Selain itu, ada juga perpustakan online yang berisikan buku-buku pelajaran sekolah yaitu Pustaka Digital Sekolah.





Sumber gambar: Aplikasi Pustaka Digital Sekolah
Keterangan: Logo aplikasi Pustaka Digital Sekolah






Pustaka Digital Sekolah adalah aplikasi pendidikan online yang bisa diakses oleh siapapun. Aplikasi pendidikan ini dikembangkan oleh seorang pegiat pendidikan bernama Hamid Sakti Wibowo sejak April 2022 dan bisa diunduh di Google Play Store.

Pustaka Digital Sekolah menyediakan lebih dari 100 buku pelajaran sekolah semua jenjang pendidikan untuk para pelajar secara gratis. Semua buku dengan berbagai mata pelajaran berbasis Kurikulum 2013 ditampilkan di aplikasi sederhana ini dalam bentuk ebook. Beberapa mata pelajaran di antaranya pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, sejarah kebudayaan, matematika, IPA dan IPS hingga kesenian.

Buku-buku untuk para pelajar seperti  buku Geografi untuk SMA dan MI Kelas XII karya Nurmala Dewi berisi 170 halaman, dan buku Sejarah Kebudayaam Islam karya M. Samsul Arifin berisi 202 halaman cukup menjelaskan materi sesuai Kurikulum 2013.






Sumber gambar: Screenshot dari aplikasi Pustaka Digital Sekolah
Keterangan: Cover depan buku Geografi untuk SMA dan MA kelas XII






Tidak hanya untuk para siswa, ada juga buku yang dikhususkan untuk para guru agar bisa membimbing murid-murid mereka sesuai kurikulum Merdeka Belajar yang berlaku. Misalnya, Buku Guru Kelas V Tema 2 "Udara Bersih Bagi Kesehatan" karya Henry Kusumawa berisi 136 halaman.

Selain guru dan pelajar, ada juga beberapa buku panduan untuk orangtua demi mengarahkan anak-anak mereka menjadi sosok berakhlak mulia dan cerdas. Misalnya ada buku berjudul Modul Belajar Literasi dan Numerasi Jenjang SD berisi 20 halaman karya Emilia Rosita dan Ambarsari Kusuma Wardani. Buku ini memang panduan untuk orangtua agar selalu menemani dan tidak memaksa anak-anak mereka dalam kegiatan belajar.

Apa Alasan Kamu Harus Menggunakan Aplikasi Ini?


✔️ Untuk semua jenjang pendidikan di Indonesia dari PAUD hingga SMA sederajat berdasarkan Kurikulum Merdeka Belajar

✔️ Bisa diakses oleh semua orang secara gratis khususnya mereka yang berjuang di dunia pendidikan

✔️ Mudah digunakan hanya dengan data yang terhubung ke internet

✔️ Semua buku di aplikasi ini berasal dari sumber resmi Pusat Kurikulum dan Pembukuan dan Balitbang Kemendikbud dan Direktorat KSKK (Kurikul Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan) Madrasah Dirjen Pendis Kemenag RI

✔️ Tidak menyebabkan memori ponsel penuh karena ukurannya cuma 14 Mb





Sumber gambar: Screenshot dari aplikasi Pustaka Digital Sekolah
Keterangan: Aplikasi Pustaka Digital Sekolah versi mode gelap






Pustaka Digital Sekolah yang dibuat oleh Hamid Sakti Wibowo memiliki lima fitur utama yaitu beranda, kategori, bookmark, pencarian, dan mode gelap. Yang pertama yaitu fitur beranda yang menampilkan semua buku yang bisa kamu baca, kategori berdasarkan jenjang pendidikan, bookmark bila kamu menyukai buku tertentu, kamu perlu menggunakan fitur pencarian untuk mencari buku yang kamu mau, dan mode gelap bila kamu tidak menyukai layar terang. Semua menu ini memang mudah dipahami oleh orang awan sekalipun.

Lengkapnya buku pelajaran sekolah untuk para murid, guru dan orangtua, dan mudah diakses menjadi alasan lain mengapa banyak komentar positif dari para penggunanya dan diunduh lebih dari 500 kali. Bagaimana pun juga, Pustaka Digital Sekolah harus diperbarui dan penampilannya dibuat lebih enak dilihat lagi.




Sumber gambar: Screenshot dari Google Play Store
Keterangan: Beberapa komentar tentang aplikasi Pustaka Digital Sekolah







Pustaka Digital Sekolah sangat cocok untuk kamu yang ingin belajar lebih mudah dan cepat tanpa kendala. Aplikasi e-learning ini memang bagus untuk siapapun. Kamu dapat mengunduh aplikasi perpustakaan ebook ini di Google Play Store tanpa membayar.


Baca juga:






Post a Comment

0 Comments