5 Channel Youtube Bahas Investasi

Channel favorit kamu yang mana? 🤔



Sumber gambar: Desain sendiri
Keterangan: Ilustrasi daftar kanal investasi yang disukai




Istana Review - Apa yang dimaksud investasi? Investasi merupakan salah satu cara untuk memperbaiki diri kamu dalam hal keuangan dan kualitas hidup. Investasi memiliki berbagai macam yang bisa kamu pilih dan ada resikonya.

Investasi terbaik yang tidak pernah mengecewakan adalah kamu menempuh pendidikan sebaik-baiknya, ikut kursus atau belajar skill apapun. Juga, kamu rajin olahraga dan merawat diri kamu karena kesehatan dan penampilan fisik kamu sangat berpengaruh dalam hidup kamu.

Investasi lainnya adalah kamu menyisihkan sebagian uang kamu untuk  mendapatkan uang lagi seperti berbisnis, berjualan, dan membeli saham atau produk investasi lainnya. Cuma sebagai pemula, kamu dan saya pasti memiliki ketakutan yang menghantui seperti takut rugi dan takut ditipu karena kita tidak tahu bagaimana berinvestasi yang benar.

Namun kamu harus tenang, saya merekomendasikan beberapa kanal bagus di youtube tentang investasi. Semua channel ini menyajikan panduan lengkap memilih jenis investasi yang cocok untuk kita. Kanal investasi apa saja?


1. Bennix


Ini salah satu channel yang saya suka karena pak Benny Batara alias om Bennix menyajikan konten yang berbeda dengan informasi yang didapatnya dari pengalaman dan pengetahuannya. Malah kanal ini sangat berani membahas hal-hal yang belum tentu dilakukan akun youtube lainnya.




Sumber gambar: Desain sendiri berdasarkan tangkapan layar dari akun Bennix di youtube
Keterangan: Akun Bennix



Salah satunya adalah membahas Transmart yang dikelola oleh CT Group, milik salah satu WNI terkaya. Videonya yang berjudul "Kejangggalan Dibalik Runtuhnya Transmart! Buka Matamu Baik-baik" telah ditonton lebih dari dua juta kali. Di video yang diunggah pada tanggal 17 Maret 2023 itu membahas beberapa sebab mengapa Transmart tidak lagi ramai.

Pak Bennix juga menyelenggarakan Sekolah Saham Bennix untuk umum karena beliau memang paham dunia saham seperti apa. Sejak membagikan konten pertamanya berjudul "Buku 1: CEO Stories" pada 13 September 2021, kanal Bennix telah memiliki lebih dari 370 ribu subscriber dengan 400 lebih video.


2. Kanala ID


Salah satu penulis buku favorit saya, Jefferly Helianthusonfri adalah sosok di balik kanal ini. Kanala ID adalah sebuah kanal tentang saham yang mulai aktif sejak 18 Desember 2019. Video pertama yang diunggah berjudul "5 Tips Memilih Sekuritas untuk Mulai Investasi".




Sumber gambar: Desain sendiri berdasarkan tangkapan layar dari akun Kanala di youtube
Keterangan: Akun Kanala di youtube



Selain menyajikan konten investasi saham di youtube dan IG, sang penulis juga menyediakan mentoring saham secara pribadi. Walau aktif sebagai penulis, Jefferly Helianthusonfri berhasil mengurus kanal tersebut hingga memiliki lebih dari 90 ribu subscriber dan lebih dari 500 video.


3. Ngomongin Uang


Ngomongin Uang adalah kanal pertama yang saya tonton tentang keuangan. Kanal ini menyajikan materi edukasi keuangan 100% gratis untuk kita agar orang-orang Indonesia semakin paham keuangan.

Salah satu topik keuangan yang dibahas Ngomongin Uang adalah tentang investasi. Investasi untuk pemula yang aman dan jenis-jenis investasi juga dibahas. Dengan suara lembut Luna Cahya sebagai narator, tentu saja kanal ini semakin enak ditonton.




Sumber gambar: Desain sendiri berdasarkan tangkapan layar dari akun Ngomongin Uang di youtube
Keterangan: Akun Ngomongin Uang di youtube



Jika kamu tertarik ingin tahu mengapa Indonesia memiliki utang berjumlah bedar, maka tentu saya sarankan agar kamu menonton konten Ngomongin Uang yang berjudul "Membedah Utang Negara Indonesia" (6 Agustus 2023). Ini adalah video yang paling banyak ditonton di kanal tersebut. 

Betapa konsistennya kanal ini, maka kita tidak perlu heran mengapa Ngomongin Uang berhasil mendapatkan lebih dari 800 ribu subscriber dengan 470 lebih video yang ditonton jutaan kali.


4. Saham dari Nol


Belajar saham dari nol bisa dilakukan oleh siapapun yang ingin paham dan berinvestasi pada saham. Dikelola oleh seseorang yang memiliki suara yang mirip dengan Raditya Dika, kanal ini mendapatkan perhatian luas dari masyarakat Indonesia.

Kanal ini sengaja dibuat dan diurus agar kita semakin paham mengenai saham termasuk pengertian saham, apa itu saham, bagaimana membeli saham bagi pemula dan kriteria apa saja agar saham layak dibeli?




Sumber gambar: Desain sendiri berdasarkan tangkapan layar dari akun Saham dari Nol di youtube
Keterangan: Akun Saham dari Nol di youtube



Kanal ini semakin populer ketika berhasil menyita perhatian jutaan orang yang rela menonton kontennya yang berjudul "Cara Nabung Saham dengan Gaji UMR". Mengapa terkenal? Karena kanal ini menyajikan banyak konten yang related dengan masyarakat Indonesia yang masih awam terhadap investasi khususnya saham. Ternyata kita bisa memiliki saham dengan gaji kita yang masih UMR.

Namun siapa yang menyangka sosok yang bertanggung jawab pada kanal Saham dari Nol ini adalah seorang dokter muda? Saya juga menerka-nerka siapa dia yang tidak pernah muncul di semua videonya. Hingga dia hadir sebagai narasumber di kanal resmi Ajaib Sekuritas dan memperkenalkan dirinya sebagai seorang dokter muda.


5. Felicia Putri Tjiasaka


Dia adalah seorang influencer keuangan yang berpengaruh di negara kita. Dia konsisten membagikan pengetahuannya tentang keuangan. Setidaknya dia membagikan kontennya di youtube, instagram, dan tiktok.




Sumber gambar: Desain sendiri berdasarkan tangkapan layar dari akun Felicia di youtube
Keterangan: Akun Felicia di youtube



Story telling yang jelas dan video editing yang rapi tentu menjadi salah satu alasan mengapa kanal Felicia Putri Tjiasaka disukai jutaan orang. Dengan menonton sebagian kontennya saja, kita bisa mendapatkan manfaatnya.

Selain lima kanal tadi, sebenarnya ada banyak akun di youtube yang memiliki konten-konten keuangan khususnya investasi yang tidak kalah bermanfaatnya. Raymond Chin, Bincang Duit, Rivan Kurniawan, Saham Hijau, Baca Saham, The Investor, Mutiara Investasi, dan lainnya.


Baca juga:

👉 Ini Dia Kanal Invoice Indonesia

👉 Yuk Kita Bedah Saham SIDO?

👉 Upgrade Skill? Siapa Takut!

👉 Mengapa Saham BRIS Disukai Investor?

👉 Yuk Bahas Kanal Ngomongin Uang

Post a Comment

0 Comments