Yuk Bahas Channel Ngomongin Uang!

Ngomongin uang jadi lebih asik!



 

Sumber gambar: Desain sendiri yang diambil dari tangkapan layar channel Ngomongin Uang di youtube
Keterangan: Beranda channel Ngomongin Uang




 

Istana Review - Uang dianggap sebagai suatu alat yang berharga dan bisa digunakan untuk bertransaksi demi memenuhi kebutuhan dan keinginan kita. Karena itu, uang dicari, disimpan, dan digunakan oleh siapapun dari masa ke masa.

Namun, mengelola uang tidaklah mudah karena dibutuhkan literasi keuangan yang bagus. Sayangnya, literasi keuangan di Indonesia masih tergolong rendah. Meski kenyataannya, setiap warga negara bisa mendapatkan uang.

Literasi keuangan begitu rendah di negeri ini mengundang perhatian banyak ahli keuangan untuk ikut mencerdaskan orang-orang tentang keuangan. Banyak buku, forum, media massa dan channel di youtube yang membahas keuangan agar kita semua bisa meningkatkan kualitas hidup kita.

Nah salah satu channel youtube yang menyajikan konten keuangan dengan sudut pandang yang sehat dan mendidik adalah channel Ngomongin Uang. Ngomongin Uang alias Ngomu adalah saluran edukasi keuangan yang hadir di youtube sejak 3 November 2019  dengan Glenn Ardi sebagai produser dan pengisi suaranya adalah Luna Cahya.

Video Apa yang Pertama Kali Ditayangkan Ngomu?


Ngomu menayangkan video pertamanya yang berjudul Investasi untuk Pemula itu Sebaiknya Apa? Bedah Risiko Saham, Forex, Bitcoin, Emas, Reksadana, dll pada 14 Maret 2020. Di video ini, Luna Cahya menjelaskan bahwa instrumen investasi memiliki tingkat risiko dan return yang berbeda. Sang narator juga memetakan profil risiko calon para investor dengan beberapa pertanyaan dasar.





Sumber gambar: Desain sendiri yang diolah dari tangkapan layar channel Ngomongin Uang di youtube
Keterangan: Tentukan jenis instrumen investasi kamu





Beberapa pertanyaan tersebut adalah berapa lama target investasi dan apa tujuan investasi? Apakah kamu siap mengunci aset dalam jangka panjang? Apakah punya waktu luang untuk memantau investasi? Berapa budget yang disiapkan untuk investasi? Semua pertanyaan ini harus kamu jawab secara jujur bila kamu ingin berinvestasi di pasar modal.

Dengan materi yang jelas dan Luna menjelaskannya begitu calm, pantaslah video tersebut ditonton lebih dari 67 ribu  kali dan disukai ribuan penonton. Video ini menjadi awal Ngomu ikut berkontribusi dalam pendidikan keuangan di Indonesia via youtube.

Mengapa Ngomu Disukai banyak Penonton?


✔️ konten edukasi yang mendidik

✔️ Suara narator yang enak didengar

✔️ Tagline Ngomu yang terngiang-ngiang yaitu Tetap di channel Ngomongin Uang karena ngomongin uang gak ada habisnya

✔️ Penyuntingan video yang rapi

✔️ Tidak pernah mengarahkan penonton untuk mempercayai propaganda konspirasi tertentu sehingga penonton tidak berpikiran jelek terhadap orang maupun pihak lain

Tidak melulu Luna Cahya sebagai pengisi suaranya, video Ngomongin Uang juga pernah diisi suara oleh Glenn Ardi selaku produsernya. Video yang dimaksud adalah SUSAH NABUNG? Mungkin Emang Gak Perlu yang ditayangkan pada 19 April 2020.





Sumber gambar: Desain sendiri yang diolah dari tangkapan layar channel Ngomongin Uang di youtube
Keterangan: Gunakan uang kamu untuk meningkatkan keterampilan






Di video ini, Glenn Ardi menyatakan bahwa uang lebih baik digunakan untuk upgrade diri kita dengan cara membeli buku, belajar ilmu baru, ikut pelatihan, dan belajar bahasa asing supaya kita segera naik level dan memiliki pemasukan yang lebih besar. Pemasukan yang lebih besar itu akan berguna bila ditabung dan diinvestasikan, dan hidup hemat.

✔️ dan lainnya

Channel Apa Saja yang Mirip Ngomu?


✔️ Bigalpha

✔️ Raditya Dika

✔️ ZAPFinance TV

✔️ Success Before 30

✔️ Felicia Putri Tjiasaka

✔️ dan lainnya

Channel Ngomongin Uang memang konsisten menayangkan konten-konten keuangan, bitcoin, ekonomi, investasi, dan tips bisnis dan saham. Cara investasi saham untuk pemula juga dibahas oleh Ngomongin Uang. Channel ini juga ada di instagram dan twitter dengan nama akun yang sama. Sampai hari ini, Ngomongin Uang telah diikuti oleh lebih dari 500 ribu pelanggan di youtube dengan total video lebih dari 140 sejak pertama kali tayang pada 14 Maret 2020.


Baca juga:










Post a Comment

0 Comments