5 Platform Terbaik untuk Menulis

"Semua penulis akan meninggal, hanya karyanyalah yang akan abadi sepanjang masa. Maka tulislah yang akan membahagiakan dirimu di akhirat nanti", kata Imam Ali bin Abi Thalib رضي الله عنه.




Sumber gambar: Freepik.com/oleshkoart
Keterangan: Berpikir untuk menulis





Istana Review - Menulis merupakan kegiatan untuk mencatat sesuatu dengan aksara. Batu, kayu, daun, tulang, dan tembok sering menjadi media untuk menulis. Menulis juga bisa dilakukan di buku.

Banyak alasan orang-orang mau menulis seperti mencatat apa yang penting, membuat rencana, agenda harian, atau curhat.

Bila kamu ingin menulis bahkan menjadi penulis yang dibayar dan dihargai, kamu bisa menulis di 5 platform terbaik untuk menulis. Oh ya, tidak semua platform ini membayar kamu. Tapi kepuasan menulis dan tulisan yang dibaca banyak orang bisa kamu dapatkan.

Catatan: Artikel ini disunting berkali-kali sebelum terbit untuk menghindari kesalahan.

1. Blogspot.com

Blogspot alias blogger.com merupakan platform digital milik Google yang bisa kamu gunakan untuk media menulis. Sebagai pengguna blogspot, kamu malah disebut blogger.




Sumber gambar: Screenshot dari Blogger.com
Keterangan: Beranda blogger.com





Di internet, banyak penulis blog dan situs membagikan cara mereka menulis yang bermanfaat dan menghasilkan uang dari blog. Seringkali, blog yang memasang iklan Google Adsense dan menghasilkan uang lebih dibanggakan oleh pemiliknya.

Tidak melulu dapat penghasilan dari iklan, kamu juga bisa memanfaatkan blog kamu untuk membuka jasa dan toko online.

2. Wordpress

Apa itu Wordpress? Wordpress adalah platform yang bisa kamu gunakan untuk menulis, berkarya, berbisnis dan lainnya layaknya platform lain seperti blogspot.

Wordpress dikembangkan pertama kali oleh dua orang beda negara yaitu Matt Mullenweg (AS) dan Mike Little (Inggris). Sejak perilisannya tahun 2003, platform ini  sudah digunakan oleh lebih dari 60 juta situs.




Sumber gambar: Screenshot dari Wordpress.com
Keterangan: Beranda Wordpress.com pada Minggu, 7 Februari 2021




Ada banyak contoh situs terkenal yang memakai Wordpress. Misalnya, Liputanislam.com, Time.com, Wired.com, dan Techcrunch juga Fortune.

Tidak seperti blogspot yang gratis dan hosting yang ditanggung Google, pengguna Wordpress harus menyewa hosting. Banyak penyedia hosting terpercaya dan aman seperti Rumahweb, dam Exabytes.

Wordpress sendiri ada dua yaitu Wordpress.com untuk blog dan Wordpress.org sebagai CMS (Content Management System).

Jika kamu berminat menjadi penulis di Wordpress, cara membuat blog atau situs di Wordpress juga mudah. Gunakan email kamu untuk mendaftar dan ikuti petunjuk yang diberikan Wordpress.

3. Mojok.co - Sedikit Nakal, Banyak Akal

Tidak seperti platform lain, Mojok.co merupakan platform unik yang menyajikan banyak artikel santai dan mengundang senyum. Agama, sosial, dan budaya pop adalah beberapa tema populer di platform User Generated Content (UGC) tersebut.

Diresmikan pada 28 Agustus 2014, Mojok menjadi wadah populer bagi para penulis yang ingin berceloteh dan mengungkapkan perasaan juga pendapat mereka.




Sumber gambar: Screenshot dari Mojok.co
Keterangan: Beranda Mojok.co per Minggu, 7 Februari 2021





Mojok memiliki beberapa rubik yang ditulis tak biasa seperti esai, liputan, curhat, dan malam Jum'at. Ada Rerasan, rubik khusus berbahasa Jawa yang mungkin kamu suka.

Perlu kamu tahu, Mojok merupakan startup no. 4 di Indonesia atau ke-116 di dunia menurut situs Startup Ranking per Minggu, 7 Februari 2021.

Ada beberapa tulisan di Mojok yang disukai oleh penulis Istana Review. Seperti tulisan tentang pocong dan pantaskah pocong ditakuti? Artikel tersebut ditulis oleh Dicky C. Anggoro dan terbit pada 12 Desember 2019.

Bila kamu berminat menjadi penulis di Mojok dan mendapatkan upah, kamu bisa kirim artikel terbaik kamu berisi 600-1000 kata ke redaksi Mojok. Beri kabar bila tulisan keren kamu sudah tayang di Mojok 😁

4. Kompasiana.com - Beyond Blogging

Kompasiana.com adalah platform bagus untuk menulis yang dikembangkan oleh Kompas Cyber Media tahun 2008. Awalnya, Kompasiana disediakan untuk media blogging para wartawan dan karyawan Kompas. Tapi setahun setelah perilisannya, Kompasiana terbuka untuk umum.

Siapapun termasuk kamu bisa menulis di Kompasiana.com. Cara menulis dan menerbitkan di Kompasiana sungguh mudah. Tulisan kamu bisa langsung terbit layaknya kamu menulis di blogspot dan wordpress.





Sumber gambar: Screenshot dari Kompasiana.com
Keterangan: Beranda Kompasiana.com per Selasa, 8 Februari 2021




Kompasiana merupakan media yang bisa kamu manfaatkan untuk menyebarkan pendapat atau gagasan kamu tentang apapun termasuk politik, berita, ekonomi, atau mengkritik kebijakan pemerintah.

Berbeda dengan menulis di blogspot atau wordpress yang membuat kamu berusaha keras untuk mendapatkan banyak pembaca. Di Kompasiana, selama tulisan kamu bernilai baik tentu tulisan kamu dibaca lebih banyak orang.

Sensasi menulis di Kompasiana itu seperti artikel kamu terbit di kolom koran harian Kompas. Ada rasa bangga gitu 😁

5. Basabasi.co - Tempat Kongkow dan Bercerita

Jika kamu ingin menjadi penulis puisi, cerpen, atau esai dan dibayar, maka kamu harus mengirim tulisan terbaik kamu ke Basabasi.co.

Ya, Basabasi merupakan platform yang mau menerima karya sastra kamu yang bermutu. Dikelola oleh DIVA Press dan #KampusFiksi, Basabasi menjadi tempat menerbitkan karya-karya tulis yang keren.

Bila kamu tertarik, kamu kirim artikel kamu ke gerobaknaskah@basabasi.co dan tunggu saja sampai tulisan kamu terbit. Jika tidak terbit, kamu tulis lagi yang lebih baik.




Sumber gambar: Screenshot dari Basabasi.co
Keterangan: Beranda Basabasi.co per Selasa, 8 Februari 2021





Di situs resminya, Basabasi.co berani membayar cerpen terbaik (Rp. 300 ribu), esai (Rp. 300 ribu), puisi (Rp. 250 ribu), resensi buku (Rp. 200 ribu), dan hibernasi (Rp. 200 ribu) yang ditulis dengan baik. Bayaran yang mahal untuk karya kamu membuat kamu memiliki pengalaman menulis di Basabasi yang menyenangkan. Dengan kata lain, Basabasi.co adalah salah satu platform untuk menulis yang dibayar.

Oh ya, Basabasi juga merupakan penerbit buku dengan beragam tema seperti kumpulan cerpen terbaik. Beberapa judul buku seperti Zen dalam Seni Menulis (Ray Bradburry), dan Rubaiyat (Umar Khayyam) telah terbit. Buku berjudul Charles Darwin dan Revolusi Evolusi (Rebecca Stefoff) juga diterbitkan oleh penerbit Basabasi.

Selain lima platform di atas, ada beberapa platform yang tidak kalah menarik yaitu Storial.co, Wix.com, Sweek.com, Steller.co, Medium.com, Penana.com, Wattpad.com, dan Weebly.com. Semua platform bisa kamu coba dan jadilah penulis yang bermanfaat 😁


Baca juga:










Post a Comment

0 Comments