Apa itu Sucorinvest Sharia Equity Fund (SSEF)?

Seperti apa kinerja reksadana saham syariah ini? 🤔





Sumber gambar: Desain sendiri yang diolah dari tangkapan layar aplikasi Bibit
Keterangan: Kinerja Sucorinvest Sharia Equity Fund






Istana Review - Sucorinvest Sharia Equity Fund adalah produk reksadana saham berbasis syariah yang diluncurkan dan dikelola oleh PT Sucorinvest Asset Management sejak 8 November 2013. Ini merupakan produk investasi atas kerjasama Sucorinvest dengan Bank HSBC Indonesia sebagai bank kustodian.

SSEF bisa dibeli dengan dana minimal Rp. 100 ribu dengan biaya manajemen per tahun sebesar 3,5%. Alokasi dana yang dikelola untuk reksadana syariah ini sebesar 97,87% ke efek ekuitas dan sisanya ke instrumen pasar uang syariah, deposito syariah dan sukuk korporasi.

Sekitar 80% dana investasi ini dialokasikan ke PT Adhi Karya Tbk, salah satu perusahaan konstruksi milik pemerintah Indonesia. Sekitar 20% sisanya dialokasikan ke sembilan perusahaan lainnya yaitu HOKI (PT Buyung Poetra Sembada Tbk, produsen beras), ENAK (PT Champ Resto Indonesia Tbk, perusahaan restoran), ITMG (PT Indo Tambangraya Megah Tbk, perusahaan tambang batubara), CSMI (PT Cipta Selera Murni Tbk), ENRG (PT Energi Mega Persada Tbk), KLBI (KMI Wire & Cable Tbk), PGAS (PT Perusahaan Gas Negara Tbk), MYOH (PT Samindo Resources Tbk), dan SSCO (PT Supreme Cable Manufacturing Commerce Tbk).






Sumber gambar: Desain sendiri yang diolah dari tangkapan layar fund fact sheet reksadana saham syariah
Keterangan: Sucorinvest Sharia Equity Fund



 

Dengan kata lain, reksadana Sucorinvest Sharia Equity Fund menempatkan dana investasinya ke satu perusahaan kontraktor milik BUMN, satu perusahaan produsen beras, dua perusahaan industri restoran, tiga perusahaan tambang, satu perusahaan penyedia jasa pertambangan, dan dua perusahaan produsen kabel.

Sejak diluncurkan pada 2013, SSEF telah memberikan CAGR (Compound Annual Growth Rate) sebesar 109,80%. Sucorinvest Sharia Equity Fund memiliki dana kelolaan sebesar 667,39 Miliar per Agustus 2022. Bisa dikatakan bahwa Sucorinvest Sharia Equity Fund merupakan Sucorinvest Equity Fund versi syariah.

Sucorinvest Sharia Equity Fund mendapatkan beberapa penghargaan seperti Best Syariah 2021 Majalah Investasi - Infovesta dan Bareksa - Kontan 5th Fund Awards 2021. Penghargaan-penghargaan ini menjadi bukti bahwa Sucorinvest Sharia Equity Fund dikelola dengan baik dan terpercaya.

Catatan: Informasi mengenai reksadana saham syariah ini didapat dari Fund Fact Sheet (FFS) yang diterbitkan pada Agustus 2022 dan diunduh dari aplikasi Bibit pada Rabu, 28 September 2022.

Disclaimer: Artikel ini hanya sebatas informasi yang disampaikan di blog Istana Review dan tidak bermaksud menyarankan kamu untuk membeli maupun menjual reksadana saham ini. Segala keputusan berinvestasi dan dampaknya hanya kepada kamu yang berinvestasi. Ingat, berinvestasi dengan uang dingin dan bukan dengan utang.

Baca juga:





Post a Comment

0 Comments