Sucorinvest Sharia Sukuk Fund Hadir di Bibit

Reksadana obligasi syariah terbaru dari Sucorinvest di Bibit!




 

Sumber gambar: Screenshot dari aplikasi Bibit
Keterangan: Sucorinvest Sharia Sukuk Fund



Istana Review - PT Gani Aset Manajemen adalah perusahaan investasi yang berdiri di Jakarta berdasarkan Akta No. 70 tanggal 12 Agustus 1997 yang dibuat di hadapan Teddy Anwar, SH. 14 tahun kemudian, perusahan berubah nama menjadi PT Sucorinvest Asset Management.

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, Sucorinvest telah dipercaya sebagai salah satu perusahaan investasi reksadana terbaik. Banyak penghargaan yang didapatkan oleh Sucorinvest termasuk Best Asset Management Company South East Asia dari Global Banking & Finance Review pada awal Januari 2021.

Sucorinvest merupakan salah satu dari 17 manajer investasi yang dipercaya di aplikasi Bibit. Di aplikasi teknologi keuangan yang mendapatkan penghargaan dari CNBC Indonesia (2021) tersebut, Sucorinvest menyediakan 10 produk reksadana termasuk Sucorinvest Sharia Equity Fund dan Sucorinvest Sharia Sukuk Fund.

Sucorinvest Sharia Sukuk Fund merupakan produk investasi terbaru berbasis syariah yang dinyatakan efektif sejak Jum'at, 3 September 2021 dan bisa dibeli melalui Bibit sejak Selasa, 7 Desember 2021 dengan nominal minimal pembelian Rp. 100 ribu.

Sucorinvest Sharia Sukuk Fund adalah produk reksadana obligasi berdasarkan kerjasama antara PT Sucorinvest Asset Management sebagai manajer investasi dan Bank HSBC sebagai bank kustodian juga Bank BCA sebagai bank penampung.

Sucorinvest Sharia Sukuk Fund meluncurkan sebanyak 5 miliar Unit Penyertaan yang dijual dengan harga awal seribu Rupiah per unit. Kemudian, harganya akan mengikuti NAB (Nilai Aktiva Bersih) dengan resiko sedang.




Sumber gambar: Screenshot dari prospektus Sucorinvest Sharia Sukuk Fund hal 31-32
Keterangan: Alokasi dana di Sucorinvest Sharia Sukuk Fund



Total dana terkumpul yang dikelola di produk obligasi syariah ini sebesar Rp. 65, 76 miliar dan CAGR (Compund Annual Growth Rate) di tahun ini adalah +6,96%, lebih tinggi dibanding bunga deposito yang dikeluarkan bank umum manapun.


Manfaat


✍️ Kemudahan pencairan investasi

✍️ Pengelolaan dana secara profesional

✍️  Diversifikasi untuk mengurangi resiko terburuk

✍️ Potensi pertumbuhan nilai investasi

✍️ Kenyamanan administrasi dan transparansi

✍️ dan lainnya


Faktor Resiko Utama


✍️ Perubahan ekonomi dan politik di Indonesia

✍️ Resiko nilai Unit Penyertaan berkurang karena mengalami fluktuasi NAB yang dipengaruhi oleh perubahan situasi pasar, ekonomi, politik, dan wanprestasi dari emiten

✍️ Resiko pembubaran dan likuidasi jika kurang dari Rp. 10 miliar selama 120 Hari Bursa

✍️ Resiko nilai tukar mata uang mempengaruhi NAB

✍️ dan lainnya


Sucorinvest Sharia Sukuk Fund Mendanai Beberapa Obligasi Syariah Besar Ini


✍️ Sukuk SIISAT02DCN2


Efek obligasi syariah yang terdaftar pada 10 November 2017 dan diterbitkan oleh PT Indosat, tbk dengan nilai bunga sebesar 7,95% per tahun sampai jatuh tempo pembayaran untuk para pemegang obligasi tersebut pada 9 November 2024.


✍️ Sukuk SMBNGA01BCN2


Efek obligasi syariah yang terdaftar pada 22 Agustus 2019 dan diterbitkan oleh PT Bank CIMB Niaga, tbk sampai jatuh tempo pembayaran untuk para pemegang obligasi tersebut pada 21 Agustus 2022.


✍️ Sukuk SMPTPP01ACN1


Efek obligasi syariah yang terdaftar pada 5 Juli 2021 dan diterbitkan oleh PT Pembangunan Perumahan, tbk sampai jatuh tempo pembayaran untuk para pemegang obligasi tersebut pada 2 Juli 2024.


✍️ Sukuk  SIAGII02BCN3


Efek obligasi syariah yang terdaftar pada 7 Juli 2021 dan diterbitkan oleh PT Aneka Gas Industri tbk dengan nilai bunga sebesar 9,35% per tahun sampai jatuh tempo pembayaran untuk para pemegang obligasi tersebut pada 6 Juli 2024.


✍️ Sukuk  SIAPAI01B


Efek obligasi syariah yang terdaftar pada 23 November 2016 dan diterbitkan oleh PT Angkasa Pura I dengan nilai bunga sebesar 8,4% per tahun sampai jatuh tempo pembayaran untuk para pemegang obligasi tersebut pada 22 November 2023.




Sumber gambar: Screenshot dari aplikasi Bibit
Keterangan: Beberapa efek obligasi syariah yang didanai oleh Sucorinvest Sharia Sukuk Fund per 30 November 2021



Jika Kamu Membeli Reksadana Ini berarti Kamu sebagai Pemegang Unit Penyertaan, memperoleh beberapa hak berupa:


✍️ Memperoleh bukti kepemilikan Unit Penyertaan yaitu surat konfirmasi transaksi Unit Penyertaan

✍️ Memperoleh pembagian hasil investasi sesuai kebijakan pembagian hasil investasi

✍️ Kamu bisa menjual sebagian atau seluruh Unit Penyertaan

✍️ Memperoleh laporan keuangan tahunan dari prospektus yang diperbarui

✍️ dan lainnya


Sebelum kamu membeli produk reksadana apapun termasuk Sucorinvest Sharia Sukuk Fund, pastikan kamu sudah membaca dan memahami prospektus yang berkaitan dengan profil manajer investasi dan produknya.


Disclaimer: Artikel ini sebagai informasi dan bukan untuk menganjurkan atau melarang kamu berinvestasi di reksadana ini karena resiko berinvestasi ditanggung oleh kamu sebagai investor.

Keterangan: Artikel ini diperbarui terakhir pada Kamis, 16 Desember 2021

Catatan: Artikel ini berdasarkan prospektus yang diunduh dari aplikasi Bibit pada Selasa, 7 Desember 2021 dan website resmi www.ksei.co.id pada Rabu, 15 Desember 2021.

Baca juga:

👉 Inikah Alasan Kamu Beli Reksadana melalui Bibit?

👉 5 Cara Sederhana Memisahkan Uang Pribadi dengan Uang Usaha

👉 5 Tips Mengelola Keuangan Keluarga

👉 5 Kesalahan Mengelola Keuangan

👉 5 Tanda Keuangan Kamu Sudah Bagus

Post a Comment

0 Comments