Rekomendasi Aplikasi Reksadana Terbaik untuk Kamu

Berminat investasi di reksadana?



Sumber gambar: Screenshot dari Google Play Store
Keterangan: Aplikasi Bibit






Istana Review - Banyak pakar keuangan yang menyarankan agar penghasilan berapapun tidak boleh dihabiskan semuanya tanpa menabung dan investasi. Ini karena di kehidupan kita, apapun bisa terjadi termasuk hal buruk yang tidak kita inginkan.

Selain kematian, musibah seperti kecelakaan dan pemutusan hubungan kerja adalah dua hal buruk yang pasti tidak mau dialami siapapun. Sebagian penghasilan yang disisihkan untuk menabung dan investasi bisa mengurangi beban bila terjadi hal-hal buruk tadi.

Kita juga pasti tahu bahwa bank adalah tempat yang aman untuk menabung uang karena bank dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) walau ada beberapa berita yang menyebutkan penipuan atas nama bank cukup sering terjadi. Sedangkan investasi bisa berupa emas, reksadana, saham, surat berharga negara (SBN), dan properti juga belajar.

Di Antara Jenis Investasi di Atas, Reksadana itu Apa?


Reksadana adalah dana yang kamu investasikan untuk dikelola oleh manajer investasi (MI) terpercaya untuk diinvestasikan ke pasar modal untuk mendapatkan keuntungan bagi kamu sebagai investor, perusahaan dan negara sebagai penerima investasi, dan manajer investasi sebagai pengelola dana yang kamu percayai.

Sebagai investor di reksadana, kamu bisa mendapatkan beberapa keuntungan seperti dividen, capital gain, dan kenaikan NAB (Nilai Aktiva Bersih).

Sekarang, investasi ke reksadana bisa melalui aplikasi yang diunduh dari Google Play Store. Indopremier, Bareksa, Tanamduit, Ajaib, Tokopedia, Bukareksa (Bukalapak), dan Bibit merupakan beberapa aplikasi reksadana terbaik yang populer untuk para pemula.

Aplikasi Bibit


Bibit adalah aplikasi reksadana terbaik dan populer yang dikembangkan oleh PT. Bibit Tumbuh Bersama sejak beberapa tahun terakhir. Salah satu aplikasi investasi yang cocok untuk pemula dan direkomendasikan untuk kamu. Iya, kamu.

Bagaimana Registrasi di Bibit?


1. Download aplikasi Bibit di Google Play Store

2. Masukkan kode referral nenavizan agar kamu mendapatkan cashback Rp. 25 ribu yang bisa kamu gunakan untuk membeli reksadana Bibit

3. Jawablah beberapa pertanyaan dari Bibit dengan benar terkait umur, pekerjaan, gaji, dan status sosial kamu (apakah kamu sudah menikah atau masih lajang?), jumlah aset kamu dan lainnya untuk menentukan apakah kamu seorang investor agresif, moderat atau konservatif.

4. Registrasi dan masukkan data kamu dengan benar termasuk email untuk verifikasi, nama dan pemilik rekening bank, pendidikan terakhir, gaji setahun dan sebagainya. Jika nama rekening bank berbeda dengan nama kamu di KTP walau kurang satu huruf, pihak Bibit akan meminta penjelasan kamu via whatsapp.

4. Foto KTP kamu dengan jelas

5. Swafoto dengan KTP kamu

6. Cek email kamu untuk konfirmasi apakah kamu benar-benar berminat menjadi investor reksadana di Bibit






Sumber gambar: Dokumen pribadi
Keterangan: Email pertama saya yang dikirim oleh Bibit






7. Bacalah syarat dan ketentuan pembukaan rekening efek reksadana dan transaksi online di aplikasi Bibit dan bila kamu setuju, berilah tanda tangan kamu dengan menggerakkan jari kamu di layar smartphone sesuai tanda tangan kamu yang asli.

8. Tunggulah konfirmasi dari Bibit dan jika Bibit berhasil memastikan kebenaran data kamu, kamu bisa beli reksadana apapun di Bibit.

Metode Pembayaran


Beli reksadana di Bibit itu mudah karena Bibit memiliki beberapa metode pembayaran seperti Gopay, Linkaja, aplikasi bank Jago dan bank lain. Kamu perlu isi saldo di aplikasi dompet digital terbaik dan hubungkan dengan Bibit agar kamu bisa berinvestasi.

Bagaimana Investasi di Bibit?


1. Setelah kamu berhasil mendaftarkan diri sebagai investor di aplikasi Bibit, kamu harus membaca Kamus Investasi di menu Profil agar kamu paham beberapa istilah yang digunakan Bibit.

2. Buatlah portofolio kamu sesuai tujuan kamu investasi. Apakah investasi kamu untuk menikah, umroh, pendidikan anak, membeli rumah, pengsiun, dan lainnya.

3. Robo Advisor akan membantu kamu merekomendasikan reksadana apa saja yang layak kamu beli sesuai harga reksadana, umur, profil resiko, dan tujuan investasi. Fitur kebanggaan Bibit ini pasti menyarankan kamu untuk investasi di reksadana pasar uang, reksadana obligasi, dan reksadana saham beserta persentase. Namun kamu bebas menentukan reksadana apa yang bagus menurut kamu. Bibit juga memiliki reksadana syariah, reksadana indeks, reksadana campuran, dan reksadana USD.






Sumber gambar: Screenshot dari aplikasi bank Jago
Keterangan: Beli reksadana






4. Jika kamu berminat membeli reksadana pilihan kamu atau reksadana pilihan Robo Advisor, kamu bisa membayarnya melalui Gopay, Linkaja, aplikasi Bank Jago, atau metode pembayaran yang disarankan aplikasi reksadana terbaik Bibit.

5. Setelah kamu berhasil membeli reksadana di Bibit, kamu akan menerima email dari Bibit dan KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia).

6. Kamu perlu menabung rutin di Bibit demi keuangan kamu lebih baik.

Bibit juga merupakan aplikasi reksadana syariah terbaik di Indonesia yang diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sejak Oktober 2017, sekitar 4 tahun lalu sebelum artikel ini terbit.






Sumber gambar: Screenshot dari situs resmi OJK
Keterangan: Situs OJK mengakui Bibit







Apakah kamu berminat membeli reksadana di Bibit? Jika kamu seorang investor reksadana di Bibit, apakah kamu menyukai Bibit?


Baca juga:





Post a Comment

0 Comments