Apa Manfaat Jadi Blogger?




Sumber gambar: Freepik.com

Keterangan: Manfaat menjadi blogger


Istana Review - Blogger adalah orang yang memiliki dan mengelola blog sebagai media yang menerbitkan tulisannya. Biasanya, blogger menggunakan platform Blogspot dan Wordpress untuk berkarya.

Di Indonesia, menjadi blogger tidaklah setenar menjadi youtuber karena kebanyakan orang Indonesia lebih suka menonton daripada membaca.

Bagaimana juga, banyak orang bangga menjadi blogger. Bahkan, blogger menjadi pekerjaan utama mereka.

Pertanyaannya adalah adakah manfaat menjadi blogger?

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya akan menjelaskannya untuk kamu. Iya kamu yang suka senyum walau tidak ada aku di samping kamu.

1. Rajin Membaca

Tidak mungkin menjadi blogger jika kamu tidak suka membaca, bukan? Blogger pasti suka membaca mengenai topik yang dia minati.

Misalnya, blogger yang memiliki blog sejarah, pasti dia suka membaca buku sejarah, artikel sejarah, berita sejarah atau mengamati apapun yang berkaitan dengan membaca.


Sumber gambar: Freepik.com

Keterangan: Ilustrasi orang membaca buku


Ya, semakin sering membaca, blogger selalu punya ide untuk menumpahkannya ke dalam tulisan agar disukai pembaca.

2. Bisa Menulis

Pada dasarnya, kemampuan dasar menulis didapatkan dari pendidikan hebat yang diajarkan orangtua dan para guru.

Sayangnya, orang-orang yang suka membaca belum tentu suka menulis. Ini karena sebelum dan selama proses menulis, kamu harus berpikir keras untuk mengatur tiap kata agar mudah dipahami dan enak dibaca.


Sumber gambar: Freepik.com
Keterangan: Ilustrasi menulis

Blogger harus bisa menulis untuk blog miliknya atau milik orang lain. Walau tulisannya belum sekeren para penulis buku dan wartawan, setidaknya, kemampuan menulis akan bertambah seiring dengan kedisiplinan blogger menulis.

3. Selalu up to date

Sebagai penulis blog, kamu pasti ingin tahu lebih banyak dan pengetahuanmu akan kamu tumpahkan ke blog kamu.

Tapi blogger juga tidak mau ketinggalan informasi yang beredar mengenai topik yang disukainya.


Sumber gambar: Freepik.com

Keterangan: Up to date


Membaca dan memahami tulisan manapun. Menuliskannya dengan gaya bahasa sendiri. Dan, menerbitkannya ke blog. Itu yang sering dilakukan semua blogger apalagi jika blog kamu memiliki iklan Adsense.

4. Berasa seperti Ilmuwan

Pendek kata, ilmuwan adalah orang yang suka bergelut dengan ilmu pengetahuan. Ilmuwan yang meneliti dan menyajikan penelitian mereka agar bermanfaat.

Dua ilmuwan terkenal seperti Muhammad bin Musa al-Khawaruzmi (780-850) si penemu aljabar dan algoritma dari Uzbekistan. Juga, Albert Einstein (1879-1955) si penemu teori Relativitas Umum.

Ya walaupun kamu dan saya tidak sepintar mereka, tapi menjadi blogger membuat kita berasa menjadi ilmuwan.



Sumber gambar: Freepik.com

Keterangan: Ilustrasi ilmuwan


Maksud saya, sebelum menulis dan menerbitkan tulisan di blog, blogger pasti melakukan riset seperti kata kunci yang paling dicari, menggunakan beberapa tool keren seperti Ubbersuggest karya Neil Patel, apa yang trending hari ini.

Setelah meriset, blogger pasti membaca dan merangkum beberapa tulisan hingga tulisannya diterbitkan agar dibaca.

Selain meriset kata kunci, blogger juga pasti mencari tahu kelemahan blog dia lalu memperbaikinya. Misalnya, blog terasa lama diakses padahal sinyal stabil, maka blogger menggunakan AMP atau tool yang mempercepat blog dia.

5. Mengetahui Ilmu Marketing

Ilmu ini tidak hanya dipakai oleh para pedagang dan pengusaha agar produk dan jasa mereka laku keras. Blogger juga pasti mengamalkan ilmu marketing.


Sumber gambar: Freepik.com

Keterangan: Ilmu marketing

Bagaimana caranya agar tulisan dibaca banyak orang? Bagaimana caranya agar blog dipenuhi banyak pengunjung? Dua pertanyaan ini pasti muncul di pikiran tiap blogger.

Karena semakin menarik tulisannya berarti banyak pembacanya. Semakin banyak pembacanya berarti semakin deras pemasukannya. Tentu, semangat blogging terus membara.

6. Berpeluang jadi Penulis Buku

Tidak ada cara lain menjadi penulis kecuali kamu harus rajin membaca dan menulis. Tulisan kamu yang bagus bisa membuat penerbit buku tertarik untuk menjadikan kamu sebagai salah satu penulisnya.


Sumber gambar: Freepik.com

Keterangan: Menulis buku


Atau, kamu menjadi penulis buku setelah orang-orang tahu sebagus apa karya tulis kamu lalu kamu berminat mengajukan naskah keren kamu ke penerbit.

7. Mendapatkan Uang

Pepatah berkata, "Uang bukan segalanya. Tapi hidup tidak bisa lepas dari uang". Mau menikah? Butuh uang. Mau buka usaha? Butuh uang.


Menjadi blogger bisa membuat kamu mendapatkan uang. Tapi mendapatkan uang dari blog bukan perkara mudah. Bahkan berbulan-bulan blogging di tahun pertama, saya belum mendapatkan 1 Rupiah pun.


Sumber gambar: Freepik.com
Keterangan: Uang dari blog


Blogger bisa mendapatkan uang dari blog lewat iklan yang muncul di blog miliknya. Namun selain dari iklan, kamu bisa menjadikan blog kamu sebagai toko online. Atau, kamu menjadi reseller dan dropshipper dengan mempromosikan produk dan jasa kamu di blog kamu.

Percayalah, menjadi blogger itu seru dan asyik. Satu kendalanya adalah rasa malas dan pesimis.

Baca juga:

👉 10 Cara Mengukur Kualitas Blog dan Website

👉 Mengapa Ada Link Mati di Blog dan Website?

👉 Mengapa Kamu Harus Mengunjungi Blog Istana Review?

👉 Blogging: Harapan vs Realita

👉 Hal yang Tidak Enak Setelah Mengganti TLD untuk Blog

👉 Daftar Toko Buku Online Paling Keren

👉 Aplikasi Istana Review Resmi Dirilis

👉 20 Blog Indonesia Paling Disukai

👉 Cara Menghindari Backlink Sampah

👉 Blog Almusiq Dijual?

Posting Komentar

0 Komentar