Review Buku Islam Yes, Khilafah No Jilid I

 

Sumber gambar: Dokumen pribadi
Keterangan: Cover depan buku jilid I


Istana Review - Sejak keruntuhan Kekhalifahan Utsmaniyah pada Maret 1924 dan pembentukan Republik Turki sekitar empat bulan sebelumnya, ada serukan agar Umat Islam mendirikan kekhalifahan lagi untuk menyatukan semua Muslim.

Walau gagal dan tidak ada negara bernama kekhalifahan sampai detik ini, tapi banyak tokoh dan beberapa organisasi menyerukan agar Umat Islam kembali hidup di naungan kekhilafahan.

Sayangnya, para pemuja kekhalifahan hanya menyebarkan sejarah keemasan kekhalifahan dengan slogan "Khilafah adalah solusinya" tanpa mempelajari banyak sisi buruk kekhalifahan.

Untuk membantah mereka, hadir dua buku berjudul "Islam Yes, Khilafah No!!" jilid satu dan jilid kedua karya Dr. Nadirsyah Hosen (Gus Nadir).

Nah kali ini, Islam Review akan mengulas buku jilid pertama dengan tema "Doktrin dan Sejarah Politik Islam dari Khulafa ar-Rasyidin hingga Umayyah" berdasarkan apa adanya.

Kamu harus tahu bahwa:

Kekhalifahan adalah negara Islam yang berpedoman pada hukum Islam dan pemimpin tertingginya disebut sebagai khalifah dan amirul mukminin.

Kekhalifahan sejatinya berlangsung selama 30 tahun pada tahun 632-661 Masehi pasca Rasulullah wafat. Dimulai oleh Abu Bakar ash-Shidiq hingga Imam Hasan bin Ali رضي الله عنهم dengan berjumlah 5 khalifah yang memerintah. Khalifah keenam adalah Umar bin Abdul Azi رضي الله عنه.


Tapi kenyataannya, banyak orang percaya bahwa Kerajaan Umayyah (661-750, 756-1130) di Suriah dan Spanyol, Abbasiyah (750-1258, 1261-1517) di Irak dan Mesir, Fatimiyah (907-1171) di Tunisia dan Mesir, Almohad (1121-1269) di Maroko dan Spanyol, juga Ottoman (1517-1924) di Turki adalah kekhalifahan. Padahal, mereka adalah kerajaan dan para penguasa mereka lebih pantas dipanggil sebagai raja, amir, dan sultan atau bahkan kaisar.


Mari saya kupas sedikit mengenai buku karya Gus Nadir di bawah ini.


Sumber gambar: Dokumen pribadi
Keterangan: Sekilas info tentang buku jilid I


✍️ Judul: Islam Yes, Khilafah No Jilid I

✍️ Tema: Doktrin dan Sejarah Politik Islam dari Khulafa ar-Rasyidin hingga Umayyah

✍️ Penulis: Dr. H. Nadirsyah Hosen, LLM, MA (Hons), Ph.D

✍️ Penerbit: Suka Press (Yogyakarta)

✍️ Cetakan Ketiga: Mei 2018

✍️ Editor: Ibrahim Ali-Fauzi

✍️ ISBN: 978-602-1326-66-4

✍️ Ketebalan: Cover + xiii + 180 halaman


Buku karya Gus Nadir ini dimulai dengan mengajak kita mengenal misi Nabi Muhammad صل الله عليه وسلم , dan doktrin dan sejarah politik Islam masa lalu.

Seperti disinggung diawal, buku ini sengaja diterbitkan seolah sebagai pembantah propaganda kaum pro kekhalifahan bahwa "Khilafah adalah solusinya" atas setiap permasalahan Umat Islam.

Buku ini juga membuka kebenaran yang tidak terlalu dipercaya banyak Muslim bahwa Bani Umayyah didirikan dengan pemberontakan berdarah, peperangan, ingkar janji, nepotisme, dan kelakuan buruk lain yang tidak pantas dilakukan oleh orang-orang yang dianggap sebagai Amirul Mukminin dan para pejabat mereka.

Misalnya, Muawiyah bin Abu Sufyan membangkang terhadap pemerintahan Imam Ali رضي الله عنه hingga Perang Shiffin pecah yang menewaskan puluhan ribu jiwa.

Dia juga mengingkari janjinya kepada Imam Hasan bin Ali رضي الله عنه dengan mengangkat anaknya yang bengis bernama Yazid لقنة الله عليه sebagai penerusnya hingga terjadi Tragedi Karbala, Tragedi Al-Harrah, dan pertumpahan darah lainnya.

Kriminalisasi para alim Ulama dan mempermainkan ayat-ayat suci Alquran juga dilakukan oleh para penguasa Umayyah dan Abbasiyah.

Mengapa saya menyarankan agar kamu membaca buku ini juga?

✔️ Ditulis oleh orang yang paham agama, hukum, dan sejarah bernama Dr. Gus Nadir dan profilnya jelas tertulis di halaman 178-179

✔️ Memakai data sejarah dari beberapa buku sejarah karya para alim Ulama seperti Ibn Hajar, Ibnu Sabbah, Imam at-Thabari dan banyak lagi

✔️ Ditulis secara ringkas, to the point, dan mudah dipahami

✔️ dan alasan lainnya


Sebenarnya, buku ini merupakan banyak tulisan Gus Nadir di situs Geotimes.co.id dan Nadirhosen.net yang dibukukan agar semakin banyak orang yang paham sejarah kekhilafahan yang tidak selalu suci tanpa pertumpahan darah dan nepotisme.

Buku ini termasuk buku sejarah yang saya suka walau saya baru beberapa hari terakhir selesai membacanya.

Apakah kamu sudah membacanya? Jika iya, bagaimana pendapat kamu tentang buku tersebut?

Baca juga:

👉 Review tentang Buku Ensiklopedia Doa dan Zikir Pilihan

👉 Review tentang situs BukuRepublika.id

👉 5 Blog yang Disarankan untuk Dikunjungi

👉 Daftar Website Bertema Astronomi

👉 Inilah Situs Pendukung Teori Bumi Datar

👉 Inilah Website tentang Ensiklopedia Sejarah Islam

👉 Review Buku Sejarah Perang Dunia II untuk SMA Kelas 3 Program IPA

👉 Mengapa Kamu Harus Kunjungi Blog Istana Review?

👉 Review tentang Situs Berita Republika

👉 10 Cara Mengukur Kualitas Blog dan Website

👉 Daftar Toko Buku Online Terbaik

Posting Komentar

0 Komentar