Ini Kelemahan Aplikasi Republika yang Wajib Diperbaiki

Segera diperbaiki ya!


Sumber gambar: Screenshot dari Republika Online
Keterangan: Beranda ROL pad Sabtu, 12 Desember 2020




Istana Review - Republika merupakan salah satu media massa yang dikelola oleh sekelompok wartawan Muslim di Indonesia. Koran berita nasional terpercaya ini mulai muncul sekitar 5 tahun sebelum Presiden Suharto mengundurkan diri.

Seperti perusahaan media lainnya, Republika pun muncul di internet dengan nama Republika Online (ROL). Sejak Kamis, 16 Mei 2013, Republika versi android pun dirilis di Google Play Store.

Sekarang, aplikasi Republika versi 5.2.31 tengah diulas di blog ini. Bagaimana review aplikasi Republika?

Sebagaimana dengan Republika Online, aplikasinya memiliki beberapa menu utama seperti berita terkini, berita Islam internasional, headline, dan unggulan.

Kelebihan aplikasi Republika yang saya suka adalah Republika menerbitkan beragam tulisan bertema pendapat dan pengalaman yang dikirim oleh pihak Republika dan para tokoh lain.



Sumber gambar: Screenshot dari aplikasi Republika
Keterangan: Cerita pihak Republika meliput dekrit Presiden Gus Dur




Misalnya, Subroto (jurnalis Republika) membagikan pengalamannya dan orang-orang Republika meliput sebuah peristiwa penting terkait dekrit Presiden Abdurrahman Wahid. Tulisannya berjudul "Tak Tidur Gara-gara Dekrit Presiden Gus Dur" yang tayang di aplikasi pada Kamis, 3 Desember 2020.

Secara pribadi, saya menyukai tulisan Sofiah Balfas (direktur Bukaka) yang berjudul "Mengapa Kita Harus Menulis?".

Tulisannya yang terbit pada Sabtu, 5 Desember 2020 itu membuat saya semakin senang bahwa alasannya menulis tidak berbeda dengan alasan saya suka menulis. Maksud saya, menulislah demi kebaikan dan manfaat.




Sumber gambar: Screenshot dari aplikasi Republika
Keterangan: Mengapa kita harus menulis?




Kelebihan aplikasi Republika lainnya adalah seperti aplikasi Alquran Indonesia karya Andi Unpam. Kedua aplikasi Islam ini memiliki fitur berupa jadwal shalat sesuai lokasi pengguna aplikasi.

Kamu suka sastra? Aplikasi Republika juga punya fitur sastra. Di fitur ini, kamu bisa membaca berbagai artikel termasuk cerpen dan resensi novel.

Sayangnya, aplikasi Republika memiliki beberapa kelemahan yang wajib diperbaiki yaitu beberapa fitur seperti search, notification, dan live streaming tidak berfungsi. Malah muncul tulisan "Koneksi gagal" padahal saya menyalakan koneksi internet.



Sumber gambar: Screenshot dari aplikasi Republika
Keterangan: Beranda aplikasi Republika pada Sabtu, 12 Desember 2020



Bagaimana juga, saya lebih suka membaca berita Republika versi online daripada versi aplikasi android. Kamu?

Baca juga:










Post a Comment

3 Comments

  1. Wahh baru tahu saya kalau aplikasi republika punya fitur aplikasi alquran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aplikasi Republika memiliki alarm adzan yang bisa berkumandang.

      Delete
  2. Oh gitu ya. Bertambah wawasan ane bung

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang sopan, sesuai dengan artikel ini dan jangan spam. Pengelola Istana Review tidak bertanggungjawab atas segala komentar Anda 😁