5 Startup Indonesia Paling Populer versi Startup Ranking

Manakah startup yang paling kamu suka?




Sumber gambar: Screenshot dari Startup Ranking
Keterangan: Daftar startup Indonesia paling populer






Istana Review - Startup adalah perusahaan rintisan yang menjadikan website sebagai ujung tombak bisnis. Ya, startup menjadikan website untuk menawarkan konten, produk dan jasa terbaiknya di internet.

Startup ini dikaitkan dengan perusahaan yang memanfaatkan dan mengembangkan teknologi untuk mendapatkan keuntungan besar dan berbagi manfaat.

Karena startup berbasis teknologi dan internet dan Indonesia merupakan salah satu negara pengguna internet terbesar di dunia, maka kita harus tahu startup mana yang paling terkenal dan berkembang pesat.

Untuk mengetahuinya, kita bisa membaca laporan Startup Ranking yang selalu update. Apa saja startup di Indonesia yang paling cepat berkembang? Berikut 5 perusahaan rintisan di Indonesia paling terkenal dan memiliki pengguna terbanyak per Jum'at, 29 Januari 2021 versi Startup Ranking.

1. Bukalapak

Bukalapak.com adalah e-niaga raksasa yang berdiri sejak 11 September 2011 dan memiliki tagline "Situs Jual Beli Online Mudah dan Terpercaya".

Dibangun oleh Achmad Zaky cs, Bukalapak menjadi salah satu pasar online di Indonesia yang bersaing dengan Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Sedangkan menurut Startup Ranking, Bukalapak memiliki beberapa pesaing berat seperti Bluethumb, Skyhub, dan Shoppingkart24.




Sumber gambar: Screenshot dari Startup Ranking
Keterangan: Informasi tentang Bukalapak di Startup Ranking





Bukalapak memiliki lebih dari 100 ribu pedagang yang menjajakan 700 ribu barang. Maka tak heran bila e-niaga ini mendapat kunjungan lebih dari 113 juta per bulan.

2. Traveloka

Startup lainnya adalah Traveloka.com yang bergerak di bisnis pemesanan tiket pesawat terbang dan menjadi perusahaan rintisan populer selanjutnya.

Berdiri sejak Januari 2012, Traveloka menjadi perusahaan yang memudahkan orang-orang memesan tiket pesawat tanpa harus mengantri.




Sumber gambar: Screenshot dari Startup Ranking
Keterangan: Informasi tentang Traveloka di Startup Ranking





Sepanjang 2017, Traveloka mendapat kucuran dana segar sebesar USD 500 juta menurut laporan Startup Ranking. Artinya, bisnis tiket pesawat terbang memang menguntungkan. Ini dibuktikan dengan jumlah kunjungan ke Traveloka menyentuh angka 34 juta lebih per bulan.

Walau menguntungkan, Traveloka tetap memiliki beberapa pesaing berat seperti Nepflights (Nepal), Faveticket, Jainjas, dan Tiketturindo.

3. Alodokter

Alodokter.com adalah sebuah platform kesehatan terpercaya di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Platform ini menjadi startup Indonesia yang populer karena menyajikan banyak artikel kesehatan yang ditulis dan ditinjau langsung oleh para dokter yang menjadi anggota IDI (Ikatan Dokter Indonesia).

Alodokter memiliki lebih dari 26 juta pengguna aktif bulanan dan lebih dari 30 ribu dokter terverifikasi.




Sumber gambar: Screenshot dari Startup Ranking
Keterangan: Informasi tentang Alodokter di Startup Ranking





Sebagai website kesehatan terlengkap, Alodokter menjadi rujukan bagi orang-orang yang ingin hidup sehat. Alodokter juga menyediakan chat untuk siapapun yang ingin berkonsultasi atau janji medis untuk memeriksakan diri atau anggota keluarga ke rumah sakit.

Chatting di Alodokter juga lebih mudah lewat aplikasi android yang bisa diunduh di Google Play Store.

4. Uzone Indonesia

Uzone.id yang dikelola oleh PT Metra-Net merupakan startup yang masuk dalam laporan Startup Ranking. Menurut laporan tersebut, Uzone berada diperingkat ke-4 di Indonesia atau ke-131 secara global.




Sumber gambar: Screenshot dari Startup Ranking
Keterangan: Informasi tentang Uzone.id di Startup Ranking





Media yang bertajuk "Informasi Teknologi Terkini" ini merupakan media online teknologi yang berperingkat ke-5 di Indonesia setelah Kompas, Kapanlagi, Transmedia, dan IDN Times.

5. Ruangguru

Ruangguru.com merupakan penyedia layanan dan konten pendidikan di Indonedia yang dibangun oleh Muhammad Iman Usman dan Belva Devara pada 2014.

Startup ini mendapatkan peringkat ke-140 secara global dan ke-5 di Indonesia juga beberapa penghargaan bergengsi lainnya.

Platform pendidikan online terbesar di Indonesia ini memiliki lebih dari 22 juta pengguna aktif bulanan dan 300 ribu guru yang melayani lebih dari 100 mata pelajaran.




Sumber gambar: Screenshot dari Startup Ranking
Keterangan: Informasi tentang Ruangguru di Startup Ranking





Maka tidak perlu kaget bila Ruangguru menjadi startup digital paling populer dan dipercaya di bidang pendidikan.

Sebenarnya masih banyak startup yang berkembang cepat yang tidak dibahas di artikel ini seperti Mojok.co, Gilabola.com, Keepo.me, dan Idcloudhost.com.

Baca juga:










Post a Comment

0 Comments