5 Bisnis Online Untung Besar yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Ayo berbisnis online!


Sumber gambar: Freepik.com
Keterangan: Bisnis online menguntungkan



Istana Review - Selama kita hidup, selama itu pula kita harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan kita dan keluarga kita. Kita bisa bekerja sebagai karyawan atau membuka usaha.

Jika lamaran kerja kita diterima dan lulus tes, kita bisa bekerja. Namun, banyak lowongan kerja belum tentu kita tertarik. Entah karena tidak sesuai passion, skill, latar belakang pendidikan atau karena kita gengsi atau takut dihina.

Karena kita hidup di zaman internet yang cepat dan penggunaan smartphone android, pertanyaannya adalah bisnis online apa yang menguntungkan dengan modal kecil dan dapat dikerjakan di rumah?

Nah bagi kamu yang ingin membuka bisnis online yang menjanjikan, berikut 5 ide bisnis online untung besar dengan modal relatif.

1. Referral

Referral merupakan salah satu bisnis online tanpa modal. Cara kerjanya adalah kamu meminta siapapun untuk mengunjungi dan mendaftar untuk bergabung ke suatu bisnis yang ditawarkan.

Dengan kata lain, kamu membagikan link yang berisi kode referral kamu ke blog atau semua akun media sosial kamu seperti facebook dan twitter.

Ada juga referral yang meminta kamu mengajak orang-orang membeli produk/jasa atau mengunduh aplikasi.

Perusahaan alias si pemilik bisnis ini mendapatkan keuntungan berupa biaya kampanye iklan lebih murah tapi hasilnya tertarget karena kamu sebagai ujung tombak bisnis ini.

Ya, ibarat kamu, referral itu kamu berperan sebagai sales agar perusahaan mendapatkan pembeli dan pelanggan sebanyak-banyaknya.


Sumber gambar: Freepik.com
Keterangan: Bisnis referral




Manfaat yang akan kamu dapatkan dari referral adalah kamu menerima komisi berbentuk uang, hadiah, diskon, atau voucer.

✍️ Untuk kamu yang suka mempromosikan domain dan hosting, kamu bisa ikut referral di Hostinger.co.id.

✍️ Untuk kamu yang suka membagikan link, kamu bisa daftar ke adf.ly, atau situs penyingkat url lainnya. Ini lebih bekerja untuk blog bertema download lagu, game, dan aplikasi.

✍️ Untuk kamu yang ingin mendapatkan uang dari aplikasi, kamu bisa memakai dan membagikan link referral agar orang-orang mengunduh Cashzine, Buzzbreak, Clipclaps, dan Cashpop.

✍️ Kamu bisa ikut Referral Program Transfez.com dengan cara mengajak banyak orang untuk mengirimkan uang lewat aplikasi Transfez.

2. Dropshipper

Dropshipper artinya apa? Dropshipper adalah orang yang menjual barang orang lain dengan harga yang dia tentukan sendiri.

Misalnya, mr. A adalah seorang dropshipper kemeja dan dia menjual kemeja seharga Rp. 150 ribu padahal harga dari produsen adalah Rp. 120 ribu. Artinya, mr. A mendapatkan untung Rp. 30 ribu.

Bisa dikatakan, dropshipper menjual barang orang lain karena dia tidak memiliki barang atau modal untuk membeli barang yang akan dijual.

Menjadi dropshipper memang enak karena bisa mengambil untung lebih besar dari harga awal, dan tidak perlu menyiapkan barang untuk dikemas rapi dan dikirim. Dropshipper juga tidak perlu menyiapkan gudang untuk menyimpan barang yang dijual.

Ya, bisnis dropship online tidak perlu modal besar. Hanya koneksi internet yang lancar, kemampuan marketing, dan memiliki toko online untuk berjualan.


Sumber gambar: Freepik.com
Keterangan: Dropshipping




Jika kamu berminat menjadi dropshipper, kamu bisa:

✍️ menjual pakaian dengan daftar sebagai dropshipper di dropshipper.co.id, shopify.co.id, dan sahabatdropshipper.co.id

✍️ menjual buku dengan mendaftar sebagai dropshipper di shiramedia.com dan pedagangbuku.com.

Kendala menjadi dropshipper adalah kamu tidak punya barang sehingga kamu tidak bisa memastikan kesediaan barang. Oleh karena itu, kamu harus pandai memilih supplier atau produsen terpercaya dan respon cepat.

3. Afiliasi

Afiliasi merupakan bisnis online lain yang masih disukai banyak orang karena mendapatkan keuntungan berdasarkan kesepakatan antara kamu (affiliate marketer) dan perusahaan (affiliate merchant) melalui pemasangan link atau banner iklan di situs kamu.

Afiliasi adalah bisnis yang membayar bila ada penjualan, klik, dan tayangan sesuai kesepakatan kamu dengan perusahaan.

Jika dropshipper dan reseller menargetkan penjualan barang, maka bisnis afiliasi cenderung ke produk digital seperti domain dan hosting.



Sumber gambar: Ecommercenewsforyou.com
Keterangan: Affiliate marketing




Jika kamu ingin berbisnis afiliasi, kamu bisa mendaftar sebagai affiliate marketer di Domainesia.com, Idwebhost.com, Exabytes.co.id, Masterweb.com, Idcloudhost.com, dan Godaddy.com atau Amazon.com.

Seperti dropshipper dan reseller, bisnis afiliasi juga mengharuskan kamu pandai copywriting alias promosi dalam bentuk artikel.

4. Blogger

Siapa yang berpikir blog tidak bisa menghasilkan uang? Blogger juga dapat penghasilan dari iklan, jasa, dan menjual barang.

Ya, kaum blogger memanfaatkan blog mereka untuk mendapatkan pemasukan. Blogger juga bisa berbisnis referral, afiliasi, dan reseller juga dropshipper dengan menggunakan blog miliknya.



Sumber gambar: Screenshot dari Istana Review
Keterangan: Beranda Istana Review pada Sabtu, 24 Oktober 2020




Jika kamu ingin mendapatkan uang dari blog, butuh waktu berbulan-bulan karena menjadi blogger membutuhkan kesabaran dan konsisten berkarya tulis bermutu sehingga banyak pengunjung datang.

5. Youtuber

Youtuber adalah orang yang mengunggah video ke youtube untuk ditonton banyak orang di seluruh dunia. Ya, youtube menjadi platform tempat mengunggah dan menonton video dengan jumlah penonton terbanyak di dunia.

Menjadi youtuber juga bisa menghasilkan uang. Bahkan di antara mereka, ada beberapa youtuber terkaya di dunia dengan jumlah subcriber terbanyak.

Misalnya, sebagaimana dikutip dari Goovewallet.com (21/7/2020), Ryan's World adalah youtuber anak kecil terkaya di dunia yang mendapatkan uang sebesar $26 juta dengan 26,9 juta subcriber. Sementara Dude Perfect memiliki subcriber terbanyak di dunia dengan jumlah 51 juta dan mendapatkan $20 juta.



Sumber gambar: Screenshot dari youtube
Keterangan: Ryan World memiliki banyak iklan




Dikutip dari Kompas.com (22/6/2020), Indonesia juga memiliki youtuber terkaya yaitu Baim Paula (Baim Wong dan Paula, istrinya) dengan 14,4 juta subcriber.

Tapi mungkin kamu tahu, Atta Halilintar dan Ria Ricis menjadi dua youtuber Indonesia dengan jumlah subcriber terbanyak.

Menurut beberapa sumber, menjadi youtuber tidaklah susah. Kamu perlu menyiapkan video terbaik, menghibur dan berguna buatan kamu lalu kamu mengunggahnya ke youtube.

Video yang kamu unggah tentu sesuai topik yang kamu suka. Misalnya kamu suka binatang peliharaan, maka buatlah channel di youtube tentang hewan peliharaan. Siapa tahu kamu menjadi youtuber keren dan banyak orang suka video kamu.

Menurut kamu, bisnis online apa yang paling menguntungkan? Adakah bisnis online cepat kaya? 😁


Baca juga:










Posting Komentar

0 Komentar