√ 10+ Kegunaan Instagram yang Wajib Kamu Tahu

Instagram juga berguna untuk kebaikan kamu!




Sumber gambar: @eliinakarimova
Keterangan: Cantiknya Elina Karimova, gadis Uzbekistan terkenal di Korea Selatan






Istana Review - Instagram termasuk media sosial paling terkenal dan berpengaruh bagi banyak orang. Selain untuk swafoto keren dan bersosial dengan mereka yang tidak bisa kamu temui, kamu juga bisa menggunakan instagram untuk kebaikan kamu.

Lalu, mengapa kamu harus menggunakan instagram? Apa fungsi instagram yang baik untuk kamu selain berbisnis?

1. Cari Inspirasi


Inspirasi bisa kamu dapatkan dari apapun dan dari siapapun. Malah kamu bisa mendapatkan inspirasi yang membuat kamu lebih bersemangat menjalani hidup.





Sumber gambar: Screenshot dari instagram
Keterangan: Kamar nyaman untuk aku dan kamu






Bila kamu tertarik pada konten inspirasi, kamu bisa mengikuti beberapa akun inspiratif seperti @decor dan @desain.rumah.idaman untuk kamu yang suka desain hunian nyaman atau @ceritamotivasi.id untuk kamu yang butuh motivasi.

2. Baca Review Makanan Enak


Siapa juga yang tidak menyukai makanan lezat, enak, nikmat, gurih, dan bergizi yang baik untuk tubuh? Beberapa selebgram juga sering menggunakan kata-kata review makanan enak yang membuat mereka disukai dan menjadi ciri khas mereka.





Sumber gambar: Screenshot dari instagram
Keterangan: Ubi dan pisang goreng wijen






Bila kamu tertarik pada konten review makanan lezat, kamu bisa mengikuti beberapa akun selebgram pengulas makanan enak seperti @anakjajan dan @wowenaknya.

3. Belajar Keuangan


Uang bukan segalanya tapi kebanyakan kebutuhan jasmani kita seperti makan, minum, dan berpakaian bisa tercukupi bila kita memiliki uang.

Walau kita sudah menghasilkan uang sendiri, terkadang kita susah untuk berhemat. Lelah bekerja dan gaji lumayan cukup, tapi rasanya kurang? Kemungkinan besar karena kamu boros!





Sumber gambar: Screenshot dari instagram
Keterangan: 7 sifat positif mengatur keuangan bulanan






Tidak cuma memberi tips mudah berhemat, banyak pengguna instagram yang mau berbagi tips menabung uang, investasi saham, reksa dana, asuransi, dan informasi financial yang bermanfaat unruk kamu.

Bila kamu tertarik pada konten keuangan, kamu bisa mengikuti beberapa akun seperti @nasihatkeuangan dan @melvin_mumpuni (perencanan keuangan).

4. Baca Komik


Dewasa ini, komik tidak cuma kita lihat di media cetak seperti koran dan buku. Namun kita bisa terhibur dengan komik yang diterbitkan di instagram. Banyak genre komik yang bisa kamu suka seperti komik Naruto, komik lucu, komik horor, dan komik genre lainnya.





Sumber gambar: Screenshot dari instagram
Keterangan: Jukihoki






Bila kamu memang suka komik, kamu bisa mengikuti beberapa akun pembuat komik seperti @tahilalats dan @jukihoki juga @komikharian_.

5. Baca Review Buku Bagus


Buku tetap menjadi jendela dunia karena kita bisa memahami apa yang tertulis di buku. Banyak orang besar dan pintar yang rajin membaca buku. Malah Spongebob pun punya perpustakaan buku!





Sumber gambar: Screenshot dari instagram
Keterangan: Review buku bagus






Bila kamu suka membaca buku, kamu bisa mengikuti beberapa akun pengulas buku seperti @booktalkspod dan @viryanisa_ atau #reviewbuku. Lebih bagus lagi jika kamu membeli buku mereka.

6. Cari Lowongan Pekerjaan


Di zaman sekarang, pintar secara akademik saja susah mendapatkan pekerjaan apalagi bila tidak ada koneksi.

Kamu bisa mencari lowongan pekerjaan alias loker di instagram beserta syarat, jabatan pekerjaan, dan lokasi tempat-tempat usaha yang membuka loker.





Sumber gambar: Screenshot dari instagram
Keterangan: Loker di Jakarta Utara






Pastikan kamu jangan mau memberikan uang ke orang-orang yang mengaku bisa membuatmu mendapatkan pekerjaan karena kemungkinan besar mereka adalah penipu.

Bila kamu berminat mencari lowongan pekerjaan, kamu bisa mengikuti beberapa akun inspiratif seperti @loker.jkt dan lokercirebon.

7. Cari Informasi Beasiswa


Beasiswa sangat dibutuhkan oleh siapapun dan zaman sekarang, informasi tentang beasiswa bisa tersebar di instagram. Mungkin kamu ingin mendapatkan beasiswa ke Eropa atau Jepang, atau menjadi mahasiswa di perguruan tinggi favorit kamu.





Sumber gambar: Screenshot dari instagram
Keterangan: Gagal SBMPTN?






Bila kamu adalah mahasiswa dan ingin mendapatkan beasiswa, kamu bisa mengikuti beberapa akun pemberi informasi beasiswa seperti @beasiswaindo dan @beasiswaunggulan_ri.

8. Rekomendasi Tempat Liburan


Hidup tanpa hiburan sungguh membosankan. Rasanya kita pasti ingin pergi ke tempat-tempat wisata yang instagramable seperti Perkebunan Teh Rancabali (Bandung), Telaga Warna Cisarua (Bogor), Orchid Forest Cikole (Bandung Barat), Curug Panjang Megamendung (Bogor), dan Stone Garden Geopark (Bandung Barat).





Sumber gambar: Screenshot dari instagram
Keterangan: Pemandangan indah di Bromo






Bila kamu tertarik pada rekomendasi tempat wisata, kamu bisa mengikuti beberapa akun seperti @folkindonesia dan @pesonawisatacirebon.

9. Update Berita Terpercaya


Berita terpercaya dari media massa terpercaya wajib kamu percayai karena bisa dipertanggungjawabkan dan sesuai fakta. Beberapa media massa terpercaya di Indonesia seperti Kompas.com, IDNtimes.com, Republika, dan Suara.com.





Sumber gambar: Screenshot dari instagram
Keterangan: Keutamaan puasa syawal






Bila kamu ingin tahu sekali berita terbaru yang beredar, kamu bisa mengikuti beberapa akun pemberi berita terkini seperti @republikaonline, @kompascom, dan @idntimes.

10. Cari Fakta Unik dan Terselubung


Dunia yang luas ini menyimpan banyak hal unik yang belum bisa dipecahkan karena keterbatasan kemampuan manusia. Berbagai fakta menarik yang belum tentu dibahas di sekolah pasti membuat kita penasaran dan mencari tahu.






Sumber gambar: Screenshot dari instagram
Keterangan: Keunikan ayam kalkun







Bila kamu tertarik pada hal-hal yang membuat kamu penasaran, kamu bisa mengikuti beberapa akun seperti @wowfakta dan @faktadanfenomena.

11. Update Promo dan Diskon Terbaru


Siapapun masih suka potongan harga produk dan jasa sehingga kita tidak harus mengeluarkan uang lebih banyak. Kebanyakan promo dan diskon diberikan oleh banyak penjual untuk menjaring para pembeli.






Sumber gambar: Screenshot dari instagram
Keterangan: Ada diskon







Tidak sedikit penjual yang berani melakukan promo dan diskon besar-besaran pada momen tertentu seperti big sale Ramadan dan lebaran, juga Natal dan tahun baru. Cuci gudang juga menjadi alasan lain mereka mau mengadakan promo dan diskon yang menggiurkan.

Apabila kamu tertarik pada informasi mengenai diskon gila-gilaan, kamu bisa mengikuti beberapa akun seperti @adadiskon dan @kejardiskon.crb.

12. Resep Masakan


Masakan pasti disukai siapapun juga karena masakan sehat dibutuhkan tubuh. Cuma tidak semua di antara kita jago memasak atau sekadar membuat kue pukis yang gurih.






Sumber gambar: Screenshot dari instagram
Keterangan: Otak-otak ayam






Kalau kamu tidak punya buku masakan, kamu bisa belajar memasak dari aplikasi memasak seperti Yummy App atau mengunjungi situs Cookpad.com.

Cara lain untuk belajar memasak, kamu bisa mengikuti beberapa akun di instagram seperti @menuseharihari dan @yummy.idn.

13. Rekomendasi Make up Cantik


Perempuan mana yang tidak ingin tampil cantik dan mempesona? Semua perempuan ingin terlihat menarik bagi siapapun yang melihat mereka.

Banyak konten kecantikan yang beredar di youtube, instagram, dan tiktok. Sebagai perempuan cantik di mataku, kamu wajib berhati-hati karena banyak produk kecantikan yang palsu dan berbahaya bagi tubuh kamu.






Sumber gambar: Screenshot dari instagram
Keterangan: Cewek cantik di instagram






Bila kamu ingin lebih menarik dan cantik, kamu bisa mengikuti beberapa akun kecantikan seperti @tips_kecantikan dan @tutorialmakeupkece.

Ingat ya! Kecantikanmu dan budi pekertimu adalah anugrah dan aku ingin selalu melihat senyummu yang manis.

14. Kerajinan Tangan


Kerajinan tangan tetap diminati walau peralatan modern sudah semakin canggih dan mengurangi kesulitan kita. Cuma tidak semua alat canggih mampu menciptakan produk yang kita mau.





Sumber gambar: Screenshot dari instagram
Keterangan: Dompet pandan





Pada akhirnya, kita tetap berkreasi menciptakan kerajinan tangan untuk berbisnis, memanfaatkan waktu luang, menyehatkan pikiran, dan menghilangkan stres.

Kamu suka konten DIY (Do It Yourself)? Jangan lupa ikuti beberapa akun penyedia konten kerajinan kreatif di instagram seperti @diycrafty.ideas, @tutorial_origami@belajarkerajinan dan @kerajinantangantasik.

15. Cari Perlombaan Menulis


Menulis itu asyik dan menarik. Lebih seru lagi jika ada perlombaan menulis untuk umum. Informasi lomba menulis sudah jarang tayang di koran harian kecuali di momen tertentu seperti HUT RI dan hari jadinya suatu kota.

Hadiah yang menggiurkan atau untuk mengasah kemampuan menulis adalah alasan paling umum bagi siapapun untuk ikut lomba menulis.




Sumber gambar: Screenshot dari instagram
Keterangan: Lomba menulis karya ilmiah






Lomba menulis jurnal ilmiah, lomba menulis review atau lomba menulis puisi dan cerpen paling sering diadakan. Kaum blogger seperti saya juga sering mencari informasi lomba menulis walau hasilnya belum membuahkan hasil.

Untuk kamu yang suka tantangan, kamu bisa menjadi pengikut beberapa akun seperti @lombadesain.id (bila kamu ingin iku lomba desain), @infolomba_gratis dan @infolomba.indonesia.id.

16. Baca Review Film


Dan terakhir adalah film dan kamu pasti suka menonton film, bukan? Biasanya kamu bakal mencari berita film atau ulasan film sebelum kamu berminat menonton film di bioskop, netflix atau youtube.




Sumber gambar: Screenshot dari instagram
Keterangan: Sosok menyeramkan duduk di kursi





Kamu dapat menjadi pengikut beberapa akun pengunggah review film paling seru seperti @catatanfilm, @rayapop, dan @instafilm.id.

Namun, kamu bisa juga menjadi content creator kreatif dengan memproduksi konten bermanfaat bagi para pengguna instagram lainnya.

Selamat mencoba 😁


Baca juga:











Post a Comment

2 Comments

  1. Instagram sekarang sudah update yah dulu cuman tempat ajang pamer2an skarang sdah banyak yg bisa di dpat di instagran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, selama penggunaan instagram untuk kebaikan moga-moga saja penggunanya beruntung dan sukses 😁

      Delete

Berkomentarlah yang sopan, sesuai dengan artikel ini dan jangan spam. Pengelola Istana Review tidak bertanggungjawab atas segala komentar Anda 😁