Daftar Mesin Pencari Web Paling Terkenal

Kamu cari apa?



Sumber gambar: Freepik.com/pch.vector
Keterangan: Mesin pencari





Istana Review - Menurut Wikipedia, mesin pencari web adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer yang terhubung dalam suatu jaringan.

Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits.

Dalam sejarah manusia, W3catalog yang muncul pada 1993 adalalah mesin pencarian pertama di dunia tapi tidak aktif begitu pula dengan Aliweb yang muncul pada 1994 juga tidak aktif.

Lalu, apa saja mesin pencarian paling populer di internet. Berikut daftar mesin pencarian yang harus kamu tahu :

1. Google.com

Mesin pencarian ini dibuat oleh Larry Page, Sergey Brin, dan Scott Hasan (pendiri Willow Garage). Namun Page dan Brin yang melanjutkan pembangunan bisnis mereka.

Beruntung, mereka mendapatkan suntikan dana dari beberapa orang baik seperti pendiri Amazon.com sehingga berkembang menjadi mesin pencarian raksasa.

Google juga melebarkan sayap usahanya dengan memiliki Youtube, Blogspot, Google Meet, Google Map, Google Street, Gmail, Google Drive, Android, Google Calendar, dan masih banyak lagi.

2. Yahoo.com

Yahoo.com merupakan mesin pencari paling populer sebelum digantikan oleh Google. Dibangun oleh Jerry Yang dan David Filo, Yahoo tumbuh menjadi perusahaan digital yang mendapatkan keuntungan besar pada akhir abad ke-20.

Yahoo merupakan singkatan dari kalimat Yet Another Hierarchically Organized Oracle atau Yet Another Hierarchical Officious Oracle. 

Tidak sekadar mesin pencari, Yahoo juga menyediakan Yahoo Mail sebagai tanggapan atas peluncuran Gmail oleh Google.

3. Bing.com

Mesin pencari Bing adalah mesin pencari yang dirilis pada Juni 2009 dan dimiliki oleh Microsoft. Bing merupakan pengganti semua mesin pencari yang dikelola Microsoft seperti Live Search.

Selain digunakan dalam 40 bahasa, gambar backround berganti tiap hari adalah kelebihan Bing. Malah, Bing dapat menghitung secara matematika.

Kelemahan Bing adalah lebih lambat mengindeks situs sehingga belum mampu menyingkirkan Google dari kursi raja mesin pencari. Kenyataannya, Bing merupakan mesin pencari terbesar di dunia selain Google dan Baidu.

4. AOL Search


AOL Search dengan domaian Search.aol.com dan aolsearch.com adalah mesin pencari yang dikelola oleh AOL (American Online). AOL merupakan perusahaan yang masih eksis dan sekarang dimiliki oleh Verizon Media sejak 2019.

5. Yandex

Yandex.com atau Yandex.ru adalah mesin pencari terbesar berbahasa Rusia yang dibangun oleh Arkady Volozh, Arkady Borkovsky, dan Ilya Segalovich pada 1997.

Yandex menjadi salah satu mesin pencari paling populer di Indonesia dan kelima di dunia setelah Google, Baidu, Bing, dan Yahoo.




Sumber gambar: Screenshot dari Yandex
Keterangan: Beranda Yandex





Yandex memiliki puluhan layanan yang tersebar di banyak negara termasuk Rusia, Belanda, dan Ukraina. Seperti Google, Yandex juga punya produk Yandex News  dan Yandex Mail.

6. Blekko.com

Blekko.com adalah mesin pencarian yang dirilis pada 1 November 2010 dan didirikan oleh Rich Skrenta. Mesin ini dianggap sebagai alternatif terbaik pada masanya selain Google.

Keunikan Blekko adalah memiliki slashtag yang dapat digunakan pengunjung untuk mencari kata kunci ditambah garis miring (/). Fitur ini tidak dimiliki oleh semua mesin pencarian. Penggunaan slashtag memberi kelebihan Blekko untuk menampilkan hasil pencarian tanpa memunculkan spam.

Kelebihan Blekko yang lain adalah pemberian tag halaman, penelusuran dan komunitas berjalan seiring, dan privasi pengguna tidak dilanggar.

Kelemahan atau kekurangan Blekko adalah memblokir konten pertanian sehingga sebagian pengunjung merasa kesal.

Sayangnya, Blekko langsung ditutup oleh IBM pada 27 Maret 2015 setelah membelinya. Sekarang, Blekko tidak aktif menantang Google lagi.

7. Yippy.com

Yippy merupakan metasearch yang dirilis pada 2004 dengan nama Cluster yang dikembangkan oleh Vivisimo. Kemudian pada Mei 2010, Cinnabar Ventures (Yippy Inc) membeli Cluster seharga USD 5,55 juta dan mengganti namanya menjadi Yippy.

Yippy menghasilkan data dari mesin pencari lain dan menampilkannya dengan pengelompokkan sesuia dengan kueri.

Karena Google menghentikan GSA (Google Search Appliance), maka Yippy meluncurkan YSA (Yippy Search Appliance) pada 2016. Hasil pencarian Yippy mirip dengan hasil pencarian Lycos karena keduanya dikembangkan dari Carnegie Mellon University.

8. Lycos.com

Apa itu Lycos? Lycos adalah mesin pencari buatan Michael Loren Mauldin dari Carnegie Mellon University. Mesin pencari ini diluncurkan pada 13 April 1995 dengan modal sebesar USD 2 juta dari CMGI (Steel Connect, Inc).

Nama Lycos diambil dari nama laba-laba serigala dalam bahasa Latin, Lycosidae dan menjadi keunikan Lycos. Walau tidak setenar Altavista pada akhir abad ke-20, Lycos masih bertahan hingga kini.

Dengam logo anjing, Lycos merupakan anak perusahaan Kakao dari Korea Selatan. Sekarang, Lycos memiliki beberapa produk seperti Lycos Mail, Lycos Domains, Tripod.com, Angelfire.com, dan Lycos Weather.
 
9. Geevv.com

Pada September 2016, masyarakat Indonesia sempat dibuat takjub dengan peluncuran Geevv.com. Mesin pencarian sosial buatan mahasiswi Indonesia sempat trending berbulan-bulan karena beda dengan mesin pencarian sebelumnya seperti Google.

Geevv berupaya mendonasikan 80% keuntungannya dari iklan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dan 20% sisanya untuk roda perusahaan. Sayang, mesin pencarian sosial ini sudah lama tidak ada kabarnya.

10. Altavista.com

Altavista.com merupakan contoh dari website yang bertugas sebagai pelopor mesin pencari. Saat peluncurannya di tahun 1995, Altavista mendapatkan 300 ribu pengunjung sehari dan meningkat drastis hingga 80 juta pengunjung sehari di tahun 1997.

Kelebihan Altavista adalah berhasil memunculkan hasil pencarian sesuai kata kunci yang diketik para pengunjung. Sayang sekali, Altavista berubah menjadi portal membuat sebagian besar pengunjungnya beralih ke mesin pencarian yang lain seperti Google dan Yahoo.

Dengan menggunakan Babel Fish, Altavsita adalah mesin pencari pertama yang menerjemahkan hasil pencarian sesuai bahasa yang digunakan para pengunjung.

Kejayaan Altavista harus berakhir karena kesalahan keputusan perusahaan Digital Equipment Corporation. Mesin pencari yang sangat disukai puluhan juta orang itu  malah diubah menjadi portal menjadi alasan Altavista menerima nasibnya hilang ditelan masa. Terlebih, Yahoo yang membelinya pada 2003, menutupnya 10 tahun kemudian secara diam-diam.

11. Cangkok.com



Sumber gambar: Screenshot dari Cangkok.com
Keterangan: Beranda Cangkok.com




Cangkok.com merupakan mesin pencarian dari Indonesia dan masih aktif. Sayangnya, mesin pencarian buatan Gilland Group ini tidak terkenal.

Menurut kamu, mana yang paling mudah dan aman? Jangan lupa, berkomentarlah yang relevan tanpa menyinggung siapapun.


Baca juga:










Post a Comment

0 Comments