Mau Baca Buku Islam Gratis? Coba Pakai Aplikasi Ini!

Kini membaca buku-buku Islam bisa melalui aplikasi android!




Sumber gambar: Dreamstime.com
Keterangan: Buku-buku Islam berbaris rapi






Istana Review - Bagi orang yang suka membaca buku, perpustakaan merupakan tempat yang asik untuk mendapatkan pengetahuan. Di tempat ini, kita bebas mempelajari ilmu-ilmu yang tertulis di buku-buku yang ada. Bahkan kita bisa berdiskusi dan bertukaran ide dengan mereka yang hadir di perpustakaan.

Sejak ribuan tahun silam, perpustakaan telah menjadi primadona dan perhatian para penguasa yang didukung oleh para pencinta ilmu. Beberapa perpustakaan kuno yang populer adalah Perpustakaan Alexandria (Mesir) dan Perpustakaan Ashurbanipal (Irak) yang berdiri beberapa abad sebelum masehi.

Di masa lalu, beberapa perpustakaan Islam juga berkontribusi bagi peradaban manusia. Perpustakaan Al-Qawariyyin (Tunisia), Perpustakaan Al-Azhar (Mesir) dan Perpustakan Baitul Hikmah (Irak) adalah tiga perpustakaan bercorak Islam yang populer.

Berkat kemajuan teknologi, perpustakaan Islam versi online juga hadir dan bebas digunakan oleh siapa pun tanpa batas geografi. Ada Pustaka Digital Pendidikan Islam, Islamic Library, Ensiklopedi Islam, Pustaka Islam Digital, dan Pustaka Digital Pesantren.





Sumber gambar: Sceeenshot dari aplikasi Pustaka Digital Pesantren
Keterangan: Beranda aplikasi Pustaka Digital Pesantren






Pustaka Digital Pesantren adalah perpustakaan Islam Indonesia terbaru yang diluncurkan pada April 2022 ke Google Play Store oleh penggiat pendidikan bernama Hamid Sakti Wibowo. Perpustakaan online ini menjadi penyegar bagi siapa pun yang haus akan ilmu-ilmu keislaman.

Di aplikasi perpustakaan Islam ini, ada banyak ebook bagus dengan 16 kategori seperti akhlak dan tasawuf. Misalnya, buku digital berjudul Asbabun Nuzul (Kronologi dan Sebab Turun Wahyu Al-Qur'an) dengan 500 halaman.

Ebook ini disusun oleh para ahli tafsir dan disunting oleh Dr. Muchlis M. Hanafi, Ma tentang 55 surah dari 114 surah dalam kitab suci. Menariknya, buku tafsir ini membahas ayat-ayat suci Al-Qur'an termasuk menafsirkannya. Juga, respon Nabi dan para sahabatnya tentang wahyu-wahyu Allah Yang Maha Kuasa.





Sumber gambar: Screnshot dari aplikasi Pustaka Digital Pesantren
Keterangan: Buku Asbabun Nuzul






Salah satu contoh sebab ayat suci turun adalah berkenaan dengan hukum. Misalnya, surah Al-Ahzab ayat 53 turun karena para sahabat Nabi berbincang di rumah Nabi begitu lama yang membuat Nabi merasa segan menyuruh mereka pulang (halaman ke 27-29). Ayat suci juga turun terkait pertanyaan yang diajukan oleh para sahabat Nabi. Misalnya, mereka menanyakan tentang haid maka surah Al-Baqarah ayat 222 turun untuk menjawab mereka (halaman ke 29-30). Itu sekilas isi dari buku yang memiliki ISBN 978-979-111-0000-6.

Ada lagi buku yang menarik untuk disimak yaitu buku berjudul Para Penjaga Al-Qur'an (Biografi Huffaz Al-Qur'an di Nusantara) berisi 541 halaman. Buku yang disunting oleh Muhammad Shohib dan M. Bunyamin Yusuf Surur membahas biografi 21 penghafal Al-Qur'an dari berbagai daerah di Indonesia beserta kiprah mereka. Tak salah bila buku yang diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an menjadi buku favorit di aplikasi Pustaka Digital Pesantren ini.

Cara Menggunakan Aplikasi Pustaka Digital Pesantren


1. Unduh di Google Play Store dan tunggu beberapa detik

2. Buka aplikasinya

3. Ketuk Kategori untuk memilih topik yang kamu mau

4. Pilih ebook apapun

5. Ketuk Mulai Membaca

6. Bacalah dan pahami tiap kata yang disajikan di buku digital tersebut

Apa Saja Kelebihan Aplikasi Pustaka Digital Pesantren?


1. Semua ebook ditulis dan disusun oleh para ahli keislaman sehingga terjamin dari dogma khawarij

2. Ada tiga ebook tentang Al-Qur'an dan terjemahannya yang masing-masing dibagi menjadi 10 juz

3. Mudah digunakan dan ringan

4. Bisa bookmark ebook yang kamu suka

5. Sejauh ini ada 40 buku digital di aplikasi dan kedepannya, makin banyak ebook bermutu yang akan hadir






Sumber gambar: Desain sendiri yang diolah dari tangkapan layar Google Play Store
Keterangan: Ayo unduh aplikasi Pustaka Digital Pesantren







Pustaka Digital Pesantren merupakan salah satu aplikasi android bermanfaat yang dikembangkan oleh Hamid Sakti Wibowo. Aplikasi ini memang pantas disebut juga sebagai aplikasi berbasis Islam yang layak diunduh dan dimanfaatkan. Selain itu, buku-bukunya juga memang bagus banget untuk dibaca.




Baca juga:





Post a Comment

0 Comments