Ini Dia Aplikasi Buku Bacaan Anak Gratis dan Lengkap!

Aplikasi yang menyuguhkan cerita rakyat yang unik!


Sumber gambar: Inventiva.co.in
Keterangan: Ilustrasi buku digital




Istana Review - Dewasa ini, membawa buku untuk sekadar dibaca dianggap merepotkan apalagi bila kita juga membawa barang-barang lainnya. Untungnya, kemajuan teknologi membuat semuanya terasa lebih ringan. Buku-buku pun menjelma menjadi buku-buku digital yang kita sebut dengan nama ebook.

Jutaan ebook dengan beragam topik pembahasan telah terbit dan siap dibaca. Namun untuk membaca ebook, kita harus mengunduhnya secara gratis maupun membelinya di toko buku online maupun aplikasi.

Ada banyak aplikasi baca buku online gratis yang dapat diakses di ponsel android. Beberapa aplikasi yang bisa download buku bacaan yang populer adalah Nook, Amazon Kindle, Islamic Ebooks Library, iPusnas, Storial dan juga Pojok Baca.

Pojok Baca adalah salah satu aplikasi membaca ebook terbaik. Aplikasi ini merupakan aplikasi buku digital buatan seorang penggiat pendidikan bernama Hamid Sakti Wibowo yang hadir di Google Play Store sejak April lalu.

Aplikasi Pojok Baca memiliki beberapa kategori untuk semua buku digital yang disajikannya. Cerita anak, cerita rakyat, cerita sejarah dan bahkan tentang tokoh juga ada di aplikasi android ini.

Misalnya, dari semua ebook yang tersedia, ada satu ebook menarik bertema cerita rakyat dari Kalimantan Barat. Ebook tersebut berjudul Asal Usul Burung Hantu yang ditulis oleh Prima Duantika dengan 67 halaman.

Ebook ini mengisahkan sebuah keluarga terdiri dari sepasang suami istri, beserta putra dan putri mereka sebagai keluarga petani di dekat hutan. Mereka adalah Dayu dan Apu yang memiliki dua anak bernama Dara Ranti dan Bujang Ampan.



Sumber gambar: Desain sendiri yang diolah dari aplikasi Pojok Baca
Keterangan: Judul ebook cerita rakyat asal Kalimantan Barat


Kehidupan mereka berubah menjadi susah setelah Apu sebagai kepala rubmah tangga wafat sementara Bujang Ampan bermalas-malasan. Singkat kata, karena suatu kesalahan, Dara Ranti dikutuk oleh ibunya sebagai burung hantu. Karena suka menolong selama masa kutukan, Dara Ranti berubah menjadi gadis lagi dan hidup bahagia bersama keluarganya.

Buku yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa pada 2016 ini memiliki beberapa pelajaran berharga untuk kita. Satu di antaranya adalah sebagai anak, kita harus meluangkan waktu, tenaga dan perhatian kita kepada orangtua kita yang bersusah payah mengurus kita.

Ebook lainnya yang tak kalah bagus adalah ebook berjudul Menemukan Masa Lalu nan Gemilang karya Wakhid Nur Effendi. Buku digital ini menceritakan pertualangan lima pelajar berbeda etnis asal Jakarta yang berwisata ke tempat-tempat bersejarah di Banten Lama setelah mendapatkan ilmu sejarah dari guru mereka. Beberapa tempat bersejarah yang mereka kunjungi adalah Wihara Avalokiteswara, Masjid Pecinan Tinggi, Benteng Speelwijk, dan Pelabuhan Karangantu yang menjadi bukti toleransi dan kemajuan Kesultanan Banten sekitar 400 tahun silam.

Mereka adalah Hamzah Fansuri, Sartika Dewi, Kartuni Mumpuni, Hans Tuah Samudera, dan Ah Tiong Han yang mengunjungi beberapa tempat bersejarah bekas peninggalan Kesultanan Banten. Di semua tempat itu, mereka menjadi tahu bahwa Kesultanan Banten memiliki sikap toleransi terhadap perbedaan etnis dan keyakinan.




Sumber gambar: Desain sendiri yang diolah dari tangkapan layar aplikasi Pojok Baca
Keterangan: Aplikasi Pojok Baca



Aplikasi Pojok Baca mempunyai beberapa fitur utama yaitu beranda, kategori, mode gelap, bookmark, dan pencarian. Semua fitur ini berfungsi seperti dua aplikasi pustaka digital karya Hamid Sakti Wibowo sebelumnya yaitu Pustaka Digital Sekolah dan Pustaka Digital Kampus.

Manfaat Apa Saja dari Aplikasi Pojok Baca?

1. Wawasan dan pengetahuan kamu semakin luas karena Pojok Baca memiliki beraneka cerita rakyat lintas daerah dan beragam genre

2. Aplikasi yang ringan dan mudah digunakan ini pasti membuat kamu semakin rajin membaca

3. Sebagai orangtua, aplikasi bacaan gratis ini bisa menjadi alat bagi kamu untuk membacakan cerita menarik kepada anak-anakmu

4. Semua cerita di aplikasi ini ramah untuk semua umur dan beda daerah sehingga sangat kecil kemungkinan terjadi konflik akibat cerita di aplikasi ini

5. dan manfaat lainnya



Sumber gambar: Desain sendiri yang diolah dari tangkapan layar Google Play Store dan Pojok Baca
Keterangan: Ayo download aplikasi Pojok Baca



Pojok Baca merupakan aplikasi android yang sangat bagus untuk kamu yang suka membaca terlebih ada banyak cerita keren yang menggunakan kata-kata sederhana yang mudah dipahami. Selain begitu ringan bagi ponsel android kamu, Pojok Baca juga mempunyai manfaat yang lebih banyak. Segera download dan rasakan serunya membaca cerita!


Baca juga:

👉 Bagaimana Membaca Ebook Tanpa Repot?

👉 Pustaka Digital Sekolah Terlengkap Memudahkanmu Belajar Lebih Baik

👉 Ingin Belajar Bahasa Asing Lebih Baik?

👉 Tidak Mau Ketinggalan Jadwal Olahraga? Pakai Aplikasi Ini!

👉Aplikasi Pustaka Digital Kampus Bantu Kamu Makin Produktif

Post a Comment

0 Comments