Asik! Aplikasi Ini Bantu Kamu Belajar Sejarah

Ayo belajar sejarah dari foto zaman dulu!



Sumber gambar: Everything-voluntary.com
Keterangan: Seorang bocah belajar sejarah






Istana Review - Pemakaian aksara dalam kepenulisan memudahkan manusia mengabadikan sejarah peradaban mereka. Dengan penggunaan aksara itu pula, para ahli sejarah berhasil mengupas sejarah yang terjadi ribuan tahun silam.

Pengabadian sejarah semakin lengkap setelah manusia berhasil menemukan teknologi fotografi. Peristiwa-peristiwa masa lalu pun seolah mengundang nostalgia setelah kita melihat dalam bentuk foto. Ada rasa kebanggaan bila peristiwa-peristiwa paling bersejarah dalam hidup kita terabadikan dalam bentuk foto.

Untuk melihat foto bernuansa sejarah, kita bisa mendatangi museum maupun membaca karya tulis tentang sejarah. Sekarang, banyak aplikasi sejarah bermunculan seperti Kalender Historis, Sejarah Indonesia, Sejarah Dunia Lengkap dan Lensa Sejarah.

Lensa Sejarah merupakan aplikasi android bertema sejarah yang hadir sejak Mei 2022. Aplikasi yang dikembangkan oleh penggiat pendidikan Hamid Sakti Wibowo menjadi pilihan utama bagi kamu yang ingin belajar sejarah melalui ponsel.






Sumber gambar: Desain sendiri yang diolah dari tangkapan layar Google Play Store
Keterangan: Ayo belajar sejarah dengan aplikasi ini!






Lensa Sejarah adalah aplikasi yang memadukan foto bersejarah yang menawan dengan tulisan sehingga siapapun termasuk kamu bisa mengambil pelajaran dari peristiwa-peristiwa masa lalu. Siapa yang menyangka bahwa potret kehidupan masa lalu yang diabadikan kamera menjadi saksi sejarah dan dibahas di banyak literatur sejarah?

Lensa Sejarah memiliki beberapa menu yang memudahkan kamu memakai aplikasi ini. Menu-menu tersebut adalah Terbaru, Kategori, Favorit, Pencarian, dan Mode Gelap. Di menu Terbaru, semua konten sejarah yang masih hangat ditayangkan dan kamu dapat melihatnya satu per satu. Sejarah negara apapun juga akan muncul berdasarkan Kategori yang kamu pilih. 

Singkat kata, penayangan konten sejarah di aplikasi ini dapat kamu atur. Misalnya, kamu ingin mengetahui sejarah Mesir, kamu bisa mengetikkan nama Mesir di menu Pencarian atau mengetuk Kategori. Maka untuk saat ini, muncul konten tentang Mesir berjudul Sejarah Universitas Al-Azhar yang terbit 29 Mei kemarin.





Sumber gambar: Screenshot dari aplikasi Lensa Sejarah
Keterangan: Presiden Soekarno melantik Jenderal Soedirman







Menariknya, Lensa Sejarah tidak melewatkan momen penting pelantikan Jenderal Soedirman oleh Presiden Soekarno pada 8 Juni 1947 melalui voting. Ya, Jenderal Soedirman merupakan satu-satunya Panglima Besar yang diangkat berdasarkan voting. Sementara, Panglima dan Kepala Staff semua angkatan setelahnya diangkat berdasarkan Hak Prerogatif Presiden sesuai UU Pasal 13 no. 2.

Apa Manfaat Menggunakan Aplikasi Lensa Sejarah?


1. Bisa mengetahui sejarah dengan foto hitam putih yang belum tentu ada di buku-buku pelajaran sejarah

2. Semakin bersemangat belajar sejarah karena semua penulisan sejarah di aplikasi ini memakai kalimat-kalimat yang mudah dipahami

3. Pandangan kamu tentang suatu sejarah akan berubah menjadi lebih objektif

4. Ada banyak foto sejarah di Lensa Sejarah yang memiliki kenangan dan value sendiri sehingga kamu bisa melihat foto bersejarah manapun.

5. Dan manfaat-manfaat lainnya

Apa Saja yang Harus Diperbaiki di Lensa Sejarah?


1. Keterangan foto masih belum lengkap 

2. Masih ada beberapa konten yang mengalami kesalahan penulisan

3. Baru 11 negara dengan sejarah mereka yang sudah dibahas dan masih  banyak negara beserta sejarah mereka yang belum ada di aplikasi ini

4. Dan lainnya

Bagaimana pun juga Lensa Sejarah masih dalam tahap perkembangan sehingga kedepannya, banyak konten sejarah akan hadir dan lengkap.





Sumber gambar: Desain sendiri yang diolah dari tangkapan layar Google Play Store
Keterangan: Testimoni penggunaan aplikasi Lensa Sejarah





Aplikasi Lensa Sejarah tersedia di Google Play Store dengan ukuran ringan dan tidak akan memberatkan ponsel kamu. Aplikasi sejarah dunia bahasa Indonesia ini memang pantas kamu gunakan sebagai referensi alternatif belajar sejarah dengan dilengkapi beraneka foto zaman dulu yang berasal dari sumber-sumber terpercaya.



Baca juga:






Post a Comment

0 Comments