Google Rayakan Kelahiran Eva Ekebald

Dia menemukan tepung kentang saat krisis pangan melanda Swedia.



Sumber Gambar: Postoast.com
Keterangan: Eva Ekeblad



Istana Review - Ada pemandangan unik pada hari ini, 10 Juli di google bila Anda belum membuka gmail Anda. Coba Anda lihat pojok kiri atas seperti yang saya screenshoot di bawah.



Sumber gambar: Screenshot dari Google
Keterangan: Enam huruf Google berbentuk tepung dan kentang



Pada gambar di atas, huruf GOOGLE seperti tersusun dari tepung. Kamu tahu mengapa?



Sumber gambar: Screenshot dari Google
Keterangan: Info singkat tentang Eva Ekeblad



Google langsung mengarahkan pada tanggal 10 Juli dan menyebutkan nama Eva Ekeblad. Siapakah Eva Ekeblad? Mengapa Google merayakan hari kelahiran Eva Ekeblad?

Eva Ekeblad (1724-1786) adalah perempuan berusia 16 tahun yang menikah dengan Claes Claeson Ekeblad (1708-1771) pada tahun 1740. Setelah menikah, Eva mendapat hadiah dari ayahnya berupa perkebunan Kastil Mariedal dan Kastil Lindholmen, VΓ€stergΓΆtland.

Negarawan Swedia, Magnus Julius De la Gardie (1668-1741) dan Hedvig Catharina Lilje (1695-1745) beruntung memiliki anak perempuan bernama Eva Ekeblad.

Ya, Eva Ekeblad merupakan salah satu sosok bangsawan perempuan yang berjasa bagi kehidupan manusia.

Eva Ekeblad berhasil menemukan tepung dan alkohol dari kentang (Solanum tuberosum) pada 1746 untuk mengurangi kelaparan yang melanda wilayah Kerajaan Swedia. Padahal, kentang telah dikenal Swedia sejak 1658 yang ditanam di tanah milik bangsawan.

Selain kentang, Eva juga meningkatkan pasokan gandum, barley (Hordeum vulgare) dan gandum hitam untuk bahan pembuatan roti Swedia.

Sekitar lima tahun kemudian, Eva juga menemukan metode pemutihan benang dari kapas dengan menggunakan sabun. Beruntungnya kaum perempuan Swedia kala itu, tepung kentang juga dijadikan sebagai bahan kosmetik. Ini lebih aman daripada arsenik dan bubuk wig yang digunakan untuk kosmetik sebelumnya.



Sumber gambar: Screenshot dari Wikipedia English
Keterangan: Info tentang Eva Ekeblad di Wikipedia English




Selain sebagain ilmuwan, bangsawan, dan agronom, Eva Ekeblad juga bersahabat dengan Ratu Louisa Ulrika (1720-1782), istri Raja Adolf Frederick (memerintah 1751-1771). Kelahiran Gustav IV Adolf (1778-1837) juga disaksikan oleh sang penemu tepung kentang dan si bayi ini akan menjadi penguasa Swedia terakhir di Finlandia sebelum digulingkan.

Oh ya, pernikahannya dengan sang suami, Eva Ekeblad dikaruniai seorang putra dan enam putri termasuk Claes Julius Ekeblad (1742-1808) dan Hedda Piper (1746-1812).

Perannya yang bagus menjadikannya sebagai anggota perempuan pertama di Royal Swedish Academy of Sciences tahun 1748.

Sumber-sumber Referensi:

✍️ En.wikipedia.org. Eva Ekeblad. Diakses pada Rabu, 30 Desember 2020, dari https://en.m.wikipedia.org/wiki/Eva_Ekeblad

✍️ Britannica.com. Eva Ekeblad. Diakses pada Rabu, 30 Desember 2020, dari https://www.britannica.com/biography/Eva-Ekeblad


Baca juga:










Post a Comment

3 Comments

Berkomentarlah yang sopan, sesuai dengan artikel ini dan jangan spam. Pengelola Istana Review tidak bertanggungjawab atas segala komentar Anda 😁