5 Blogger Perempuan Sukses yang Bisa Menginspirasi Kamu

Blogger perempuan juga bisa sukses dan berpengaruh.



Sumber gambar: Gadis cantil di depan laptop
Keterangan: Freepik.com/racool-studio


 Istana Review - Narablog alias blogger adalah orang yang mengelola dan menulis di blog. Mereka bebas menulis di platform online apapun seperti blogspot, medium, dan wordpress.

Tujuan blogger memiliki blog bermacam-macam. Ada narablog bertujuan untuk sekadar curhat di blog. Tapi kita lebih sering mengunjungi berbagai blog yang menyajikan beraneka topik seperti internet marketing, blogging, bisnis dan lainnya.

Ada juga blogger yang mengurus blog untuk dijual dan berbisnis online. Kenyataannya, blog bisa menjadi personal branding bagi pemiliknya.

Karena blognya bermanfaat dan disukai banyak orang, nama pemiliknya pun ikut terkenal. Bahkan di antara mereka, ada lima narablog perempuan sukses dan nama kelima orang tersebut ditulis di Istana Review.

Berikut ini beberapa blogger perempuan yang sukses dan mereka bisa kita jadikan motivasi untuk terus berkarya.

Catatan: Artikel ini mengalami berkali-kali penyuntingan sebelum diterbitkan untuk menghindari kesalahan penulisan. Tapi jika ada kesalahan penulisan, mohon beritahu Istana Review.


1. Heather B. Amstrong

Jika kita membicarakan Heather B. Amstrong, berarti kita membicarakan blog dia yaitu Dooce.com. Lewat blog ini, sang blogger terkenal dan mendapatkan banyak uang.

Tapi perjalanan hidupnya penuh rintangan untuk sukses seperti sekarang. Bagaimana tidak? Setahun setelah menjadi blogger, dia dipecat karena beberapa rekan kantornya tahu bahwa sang penulis dengan nama pena Dooce menceritakan tentang mereka di tempat kerja.



Sumber gambar: Heather B. Amstrong
Keterangan: Heatherbamstrong.com


Sekitar tahun 2004, Dooce.com mendapatkan banyak dolar untuk iklan yang dipasang di blognya. Hebatnya, the queen of mommy bloggers ini termasuk 30 perempuan penerima "Wanita Paling Berpengaruh di Media" oleh Forbes pada 2009.

Minatnya sebagai penulis Dooce.com pasang dan surut sesuai apa yang terjadi dalam hidupnya. Menariknya, si Dooce berhasil melewati semuanya dan menjadi penulis tiga buku keren.

Tiga buku tersebut yaitu:

✍️ "It Sucked and The I Cried: How I Had a Baby, a Break Down, and a Much Needed Margarita" yang dirilis pada 23 Maret 2010 oleh Gallery Books berisi 272 halaman.

✍️ "Dear Daughter: The Best of the Dear Leta Letters" yang dirilis pada 6 Desember 2014 oleh Gallery Books yang berisi 192 halaman.

✍️ "The Valedictorian of Being Dead: The True Story of Dying The Times to Lives" yang dirilis pada 23 April 2019 oleh Gallery Books yang berisi 272 halaman.


2. Linda Ikeji

Linda Ifeoma Ikeji yang lahir pada 19 September 1980 adalah seorang penulis, mantan model, dan pengusaha dari Nigeria. Ya, dia terkenal sebagai blogger perempuan Nigeria yang aktif mengelola blognya, Lindaikejisblog.com.

Linda merupakan perempuan yang setia mengurus blognya sejak 2006 dengan alamat lindaikeji.blogspot.com sebelum menjadi lindaikejisblog.com pada 12 Oktober 2011.



Sumber gambar: Linda Ikeji
Keterangan: Twitter.com


Sekitar 10 tahun setelah menjadi blogger, Linda mengumumkan pembuatan jaringan TV online bersama sejumlah merek.

Kerennya, blognya mendapat penghargaan dari Nigeria Blog Awards (NBA) dengan kategori blog hiburan terbaik pada 2013. Linda juga menerima gelar Doktor Kehormatan dari Trinity International University di Georgia atas suksesnya dia di bisnis dan media.

Seperti kebanyakan orang sukses lainnya, Linda sering mendapat rumor buruk dan dia tidak peduli. Dari Linda kita belajar, konsisten menulis di blog bisa sukses.


3. Mira Sahid

Blogger perempuan yang sukses dan tertulis di artikel ini selanjutnya adalah Mira Sahid.

Mira Sahid merupakan narablog perempuan yang sukses dengan blog pribadinya, Mirad Sahid.com sejak 2008. Artikel pertamanya berjudul "Perjalanan Hidup".



Sumber gambar: Mira Sahid
Keterangan: Mirasahid.com


Di blognya, Mira menulis banyak artikel tentang kehidupan yang inspiratif dan edukatif. Tidak cuma blog, Mira Sahid merupakan pendiri komunitas Kumpulan Emak Blogger (emak2blogger.com) pada 18 Januari 2012 yang memiliki ribuan blogger sebagai anggota.

"Tetaplah menulis, maka kamu akan tahu siapa dirimu" dari blog Mira Sahid.

Mira Sahid adalah salah satu influencer berpengaruh di Indonesia dan profilnya muncul di berbagai media nasional seperti koran Radar Bekasi, Republika, Media Indonesia, tabloit Nakita, dan Kompas TV.

Sebagai narablog perempuan sukses, Mira Sahid juga pernah menjadi ketua komunitas kepenulisan dan juri lomba blogging juga memenangkan beberapa perlombaan.


4. Carolina Ratri

Carolina Ratri adalah penulis buku, blogger, ilustrator, desainer visual, dan narasumber yang sukses.

Seperti Linda Ikeji, Carolina Ratri juga blogger perempuan sejak 2006 dengan tema konten kreatif, kepenulisan, blogging, dan lainnya.



Sumber gambar: Carolita Ratri
Keterangan: C2live.com


Carolina Ratri merupakan pendiri Komunitas Fiksi Monday Flashfiction (mondayflashfiction.com) sejak 2013 dan juga aktif di beberapa komunitas seperti Kumpulan Emak Blogger.

Sampai sekarang, ada banyak buku yang ditulisnya dan berhasil diterbitkan oleh penerbit mayor Stiletto Book. Empat bukunya yaitu Sukses Membangun Toko Online (Juli 2014), Blogging: Have Fun and Get the Money (Januari 2016), Pulang (karena mereka yang pergi pasti kembali) (Maret 2016), dan Secangkir Kopi untuk Blogger (30 November 2018).

Dua buku lagi diterbitkan oleh nulisbuku.com yaitu Yang Bisa Terjadi Ketika Jarak Memisahkan (170 halaman) dan Sempalan Cerita (131 halaman).

"Jangan jadi penulis yang jatuh cinta pada tulisan sendiri", katanya di Medium.com pada Jum'at, 27 April 2018.

Carolina Ratri adalah pemilik empat blog keren yaitu Carolinaratri.com, Carralibrary.wordpress.com (blog review buku), Carramedia.blogspot.com (kumpulan ilustrasi buatannya), dan fiksicarra.wordpress.com (blog cerita fiksi).

Selain menuangkan tulisannya di wordpress dan blogspot, Carolina juga menerbitkan karya tulisnya di beberapa platform lain seperti Medium.com, Mojok.co, Hipwee.com, Kompasiana.com, dan Kumparan.com.


5. Widyanti Yuliandari

Nama blogger perempuan terakhir di artikel ini adalah seorang pegawai negeri yang sukses menjadi blogger, penulis buku, juri perlombaan, dan pembicara di beberapa acara bergengsi.

Dia adalah Widyanti Yuliandari yang mulai blogging sejak 2014 dan seorang lulusan Teknik Sipil dari sebuah perguruan tinggi negeri tahun 2002.



Sumber gambar: Widyanti Yuliandari
Keterangan: Widyantiyuliandari.com


Widyanti sering menjadi juara lomba blog, juri kompetisi, pembicara, dan pelatih kepenulisan. Selain itu, ada dua buku yang  ditulisnya yaitu Food Combining (Pila Makan Sehat, Enak, dan Mudah) terbitan Kawan Pustaka tahun 2015, juga buku Kuliah Jurusan Apa? Jurusan Teknik Lingkungan yang diterbitkan oleh Gramedia tahun 2016.

Selain mereka, kamu juga bisa menjadi blogger sukses versi kamu sendiri. Oh ya, bila kamu berkenan, sudikah kamu menyebut nama blogger perempuan lain yang sukses di kolom komentar blog ini?

Baca juga:

👉 Apa Manfaat Jadi Blogger?

👉 Contoh Blog yang Menghasilkan Uang

👉 Blog Almusiq Dijual?

👉 10 Cara Mengukur Kualitas Blog dan Website

👉 10 Website Perempuan Cantik

👉 20 Blog Indonesia Paling Populer

👉 Mengapa Kamu Harus Mengunjungi Blog Istana Review?

👉 Daftar Grup WA Blogger Paling Keren

👉 20 Website Berita Paling Populer

👉 Hal Tidak Enak Setelah Menggati TLD untuk Blogspot

👉 Blogging: Ekspektasi vs Realita

Post a Comment

0 Comments