20+ Topik Blog Paling Menarik

Topik yang kamu pahami dan kuasai untuk kamu bagikan!





Sumber gambar: Desain sendiri
Keterangan: 20+ topik blog paling menarik









Istana Review - Dewasa ini, menulis di blog bukan sekadar hobi atau meluangkan waktu untuk berbagi apa yang kita pikirkan, alami, dan rasakan.

Blogging alias ngeblog yang konsisten dan fokus malah menjadi cara keren untuk menghasilkan uang dari blog yang kita kelola.

Namun seringkali banyak penulis blog sering bingung bagaimana caranya rajin menulis artikel saat ide tidak juga datang atau cara meramaikan blog sepi padahal kita rajin menulis.

Membuat blog memang mudah tapi memilih topik untuk blog itu tak semudah kita memilih seragam sekolah.

Jika kamu sebagai blogger dan masih bingung topik apa yang cocok untuk blog kami, Istana Review rekomendasikan niche keren untukmu di bawah ini.

Topik yang bagus untuk blog adalah topik yang kamu kuasai dan kamu rajin membahasnya, ramai pembaca, dan kamu menulisnya bukan dengan plagiat.

Jika kamu pandai membahas topik yang kamu suka di blog kamu, insya Allah, blog kamu juga ramai.

Jadi, topik blog apa yang paling banyak pengunjung? Istana Review membahasnya untuk kamu.

1. Review


Review adalah ulasan tentang sesuatu secara objektif disertai kelebihan dan kekurangannya.

Review bisa dikatakan sebagai copy writing bila review bertujuan untuk promosi.

Review merupakan salah satu topik yang sangat disukai oleh orang-orang karena mereka akan mencari dan membaca artikel review sebelum mereka memakai atau membeli suatu produk atau jasa.






Sumber gambar: Desain sendiri
Keterangan: Selular.id







Salah satu blog review yang sedang berkembang adalah blog ini 😁

Jika kamu ingin membuat blog review, mungkin kamu bisa belajar dari beberapa situs review populer seperti Jalantikus.com, Klikmania.net, Gatgetren.com, Jagatreview.com, Selular.id, dan Review1st.com.
 

2. Tips Blogging


Topik ini selalu digunakan oleh kaum blogger bila tema blog mereka tentang tips ngeblog.

Topik ini juga selalu menarik hati siapapun untuk membahasnya. Seringkali blogger membagikan tips blogging berdasarkan pengalaman mereka selama blogging.





Sumber gambar: Desain sendiri
Keterangan: PanduanIM.com







Tips blogging yang selalu ramai adalah cara ampuh agar blog diterima Google Adsense, Mgid, dan jaringan periklanan yang terbukti membayar lainnya.

Jika kamu ingin tips blogging menjadi topik blog kamu, mungkin kamu bisa belajar dari beberapa blog tips blogging terkenal seperti Juragancipir.com, Panduanim.com, dan Sugeng.id.

3. Fashion


Fashion itu bukan hanya cara kamu berpakaian untuk menutup aurat tapi bagaimana caranya fashion itu membuat kamu dihormati dan disukai. Bahkan dengan fashion, kamu bisa punya penggemar.

Dibanding kaum cowok, fashion terbaru dan instragamable pasti menjadi incaran cewek, makluk yang selalu merasa benar 😁




Sumber gambar: Desain sendiri
Keterangan: Popbela.com






Fashion menjadi salah satu topik utama yang pasti dibahas oleh kaum cewek. Jika kamu blogger cewek, topik ini cocok untuk kamu.

Menjadi blogger fashion itu harus kreatif memadukan pakaian, lipstik, sepatu, tas, rambut atau hijab agar menarik dilihat oleh orang yang kamu suka.

Jika kamu berminat membahas fashion, mungkin kamu bisa belajar dari situs fashion seperti Popbela.com dan Vogue.com.

4. Tutorial


Topik ini agak mirip dengan tips blogging. Bedanya, tutorial adalah topik yang lebih luas pembahasannya dibanding tips blogging.





Sumber gambar: Desain sendiri
Keterangan: Wikihow







Misalnya, tutorial meningkatkan pengunjung blog, tutorial edit foto, tutorial meningkatkan SEO untuk blog, dan lainnya.

Jika kamu berminat memiliki blog tutorial, kamu bisa belajar dari Codecademy.com, W3school.com, Wikihow.com, Howcast.com, dan Doityourself.com.

5. Bisnis


Bisnis adalah usaha manusia untuk mendapatkan keuntungan atau laba dengan cara menjual barang atau menyewakan barang.

Bisnis merupakan topik yang mustahil mati untuk dibahas karena bisnis berkaitan dengan ekonomi.

Bisnis yang sedang berkembang sekarang adalah bisnis rumahan seperti jualan kue kering, pakaian, atau kerupuk udang.





Sumber gambar: Desain sendiri
Keterangan: Maxmanroe.com







Menjual artikel SEO ke internet lewat blog juga termasuk contoh bisnis yang sedang berkembang.

Jika kamu tertarik membuat artikel bisnis, kamu bisa belajar dari beberapa situs bisnis populer seperti Bisnis.com, Fastcompany.com, Maxmanroe.com, dan Mashable.com.

6. Kuliner


Selama manusia makan dan minum, kuliner merupakan topik yang selalu dibahas tanpa bosan.

Masakan apa yang paling enak, tempat makan apa yang murah dan instagramable, kuliner unik, dan kuliner anti mainstream harus kamu bahas jika kamu punya blog kuliner.






Sumber gambar: Desain sendiri
Keterangan: Surgakuliner.com





Jika kamu berminat membahas kuliner di blog kamu, mungkin kamu bisa belajar dari beberapa situs kuliner seperti Anakjajan.com, Makanmana.net, Kulinerwisata.com, Surgakuliner.com, dan Zomato.com.

7. Cerita Pribadi alias Curhat


Banyak orang khususnya cewek introvert, curhat di buku diary lebih baik daripada bercerita pada teman yang belum tentu dapat dipercaya. Tapi sekarang, kamu bisa curhat di blog kamu tanpa aku larang 😁




Sumber gambar: Desain sendiri
Keterangan: Dooce.com






Ada beberapa blogger terkenal karena mereka suka curhat di blog mereka. Salah satunya adalah Heather B. Armstrong si pemilik Dooce.com.

Ingat, kalau kamu ingin curhat di blog, jangan terlalu terbuka tentang siapa kamu, siapa orangtua kamu, siapa teman sekolah dan teman kerja kamu. Kamu juga tidak boleh menceritakan keburukan orang lain atau tempat kerja kamu kecuali kamu harus siap menangung resikonya.

8. Informasi Unik


Informasi unik menjadi topik selanjutnya yang direkomendasikan Istana Review untuk kamu. Kamu bisa berbagi informasi unik yang kamu tahu berdasarkan fakta dan bukan hoaks.




Sumber gambar: Desain sendiri
Keterangan: Tahupedia.com






Fakta unik yang belum diketahui orang atau fakta lain yang diremehkan juga menjadi hal yang bisa kamu kupas di blog kamu.

Palingseru.com, Anehdidunia.com, Tahupedia.com, dan Kejadiananeh.com adalah beberapa situs yang Istana Review sarankan bila kamu tertarik topik ini.

9. Resep


Suka memasak? Jika iya, topik ini bagus untuk kamu. Kamu bisa memamerkan kemampuan masak kamu dan foto makanan yang kamu masak. Cookpad.com bisa menjadi rujukan kamu untuk mengembangkan blog resep kamu.




Sumber gambar: Desain sendiri
Keterangan: Cookpad






Kamu bisa mencoba cara membuat kue nastar di rumah untuk lebaran atau cara memasak menu makan siang.

10. Berita


Topik ini selalu disajikan oleh semua situs berita seperti Republika.co.id, Kompas.com, Detik.com, dan Tirto.id. Namun topik ini segera basi dimakan waktu dan kamu harus bisa secepatnya menerbitkan konten berita secara objektif, terpercaya, dan hangat.

11. Musik


Salah hiburan bagi manusia ini menjadi topik selanjutnya yang disarankan. Topik ini bisa kamu bahas dari penyanyi, lagu favorit, lirik lagu, lagu tiktok, video klip, atau apapun yang berhubungan dengan musik termasuk ahli musik top dunia.

Almusiq, Pitchfork.com, Hypebot.com, dan Allmusic.com bisa menjadi rujukan kamu membuat blog musik keren.

12. Hewan


Jika kamu suka hewan, kamu bisa membicarakan hewan liar dan hewan peliharaan di blog kamu.




Sumber gambar: Desain sendiri
Keterangan: Hewanpos.net






Kamu bisa belajar dari situs pecinta hewan seperti hewanpos.com, pecintasatwa.com, maniakucing.com, satwapedia.com, dan hewan.co.

13. Rekomendasi Buku


Buku yang kamu baca bisa kamu rekomendasikan agar orang-orang ikut membaca buku. Buku apa saja seperti buku agama, buku memasak, buku tutorial atau buku mata pelajaran bisa menjadi bahan kamu review buku.

Ada beberapa blog buku bagus menurut Istana Review dan kamu bisa belajar dari mereka.

Sintiaastarina.com, Thebookielooker.com, Bibliough.com, dan Kubikelromance.com bisa jadi rujukan kamu.
 

14. Cerita misteri


Topik ini selalu mengundang keingintahuan orang-orang dan memang, topik ini bagus untul blog kamu. Cerita misteri nyata yang menyeramkan bisa kamu bahas di blog kamu.





Sumber gambar: Desain sendiri
Keterangan: Cerira mistis





Jika kamu berminat memasukkan cerita misteri, mungkin kamu bisa belajar dari Phinemo.com, Cermis.id, Storial.co, Ceritamistis.com, dan Strangeoutdoors.com.

15. Kesehatan


Kesehatan juga menjadi topik lain yang bjsa kamu bahas di blog kamu. Untuk topik ini, kamu harus menulisnya sesuai dengan perkembangan dunia kesehatan dan artikel sesat.





Sumber gambar: Desain sendiri
Keterangan: Tanyadok.com






Mungkin kamu bisa belajar dari Biostrath.id, Tanyadok.com, Doktersehat.com, Alodokter.com, dan Sehatq.com sebagai rujukan.

16. Daftar


Topik ini sangat bebas untuk kamu bahas tentang apa saja. Iya, cuma topik ini semacam merangkum pengetahuan umum dalam daftar.

Misalnya, Istana Review menyarankan kamu membuat artikel dengan judul 10 Masjid Terbesar di Dunia, 5 Kerajaan Terkuat dalam Sejarah, atau 10 Pasangan Paling Setia Sepanjang Masa.

Jika kamu masih bingung dengan topik ini, kamu bisa menonton On The Spot di Trans7.

17. Unduh Gratis


Kamu bisa membuat blog download tentang apa saja seperti lagu, video, gambar, template, ebook, dan file lainnya secara gratis.

Untuk mendapatkan pemasukkan, kamu bisa mengunggah file kamu ke situs yang membayar kamu tiap kali ada orang yang mengunduh file kamu. Sistem ini dikenal dengan nama pay per download.

Jika kamu tertarik, pastikan kamu tidak melanggar hak cipta dari file yang dibuat oleh orang lain kecuali file tersebut karya kamu sendiri.

18. Mitos vs Fakta


Indonesia termasuk negara yang masih mempercayai mitos yang disebarkan oleh para orangtua zaman dulu. Misalnya, wanita hamil harus bawa gunting agar terlindungi dari gangguan kuntilanak.

Mitos lainnya yang masih dipercaya oleh orang-orang adalah kehadiran setan tuli di sekitar rel kereta api.

Nah kamu sebagai pelajar bisa membantah mitos tersebut berdasarkan fakta.

19. Artikel Serial


Artikel ini lebih cocok untuk blog atau situs bertema cerita untuk merangsang penasaran pembaca.




Sumber gambar: Desain sendiri
Keterangan: Gana Islamika






Jika berminat pada topik ini, kamu bisa belajar dari website Gana Islamika walau niche untuk blog kamu berbeda dengan situs Islam tersebut.

20. Loker


Situs lowongan kerja selalu dikunjungi oleh para pencari kerja karena situs dianggap lebih update dibanding versi koran.

Jika kamu tertarik membuat situs lowongan kerja, pastikan kamu memberikan informasi sesuai fakta dan bukan hoaks.

Seperti topik berita, update terus blog kamu dengan informasi lowongan kerja yang valid.


Baca juga:















Post a Comment

0 Comments