7 Cara Mudah Menghilangkan Bau Sepatu tanpa Ribet

Bersihkan sepatu agar tidak bau!



Sumber gambar: Foto pribadi
Keterangan: Sepatu cokelat bau



Istana Review - Sepatu selalu kita pakai untuk sekolah, bekerja, bepergian atau untuk menunjang penampilan kita.

Walau cuma dipakai untuk kaki, sepatu bau bisa menghilangkan semangat kamu.  Kepercayaan diri juga bisa lenyap seketika  saat kamu hendak bertamu atau memulai aktivitas. Berikut ini cara anti ribet untuk menghilangkan bau pada sepatu.

1. Jemur Selatu di Bawah Terik Mentari

Cuaca yang cerah bisa kamu manfaatkan untuk mengusir bau dari sepatu kesayangan kamu apalagi jika sepatu kamu basah atau lembab. Caranya, biarkanlah sepatu kamu dijemur selama 3-4 jam.

Jika sepatu kamu memiliki tali, kendorkan tali untuk membuka bagian atas sepatu agar panas matahari bisa masuk dan mengeringkan sepatu kamu.

2. Menaburkan Garam pada Sepatu

Garam yang kita kenal untuk menambah cita rasa asin bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap di sepatu kamu.

Taburkan saja NaCl alias garam dapur yang halus ke dalam sepatu kamu secukupnya. Biarkan seharian butiran garam di dalam sepatu. Garam tersebut wajib kamu buang bila kamu ingin memakai sepatu.

3. Gunakan Baking Soda

Cara menghilangkan bau sepatu selanjutnya dengan menggunakan soda kue. Kamu hanya menyiapkan kertas penyaring kopi, pengembang kue, dan minyak esensial (atsiri) yang wangi.

Kamu siapkan penyaring kopi dan mengisinya dengan baking soda dan minyak esensial. Ikatlah penyaring kopi tersebut dengan karet.

Taruhlah kertas penyaring kopi tadi ke masing-masing sepatu selama semalam. Kamu tidak perlu bagadang untuk melihat bagaimana peran pengembang kue dan minyak esensial terhadap sepatu kamu.

Besoknya, jika kamu ingin memakai sepatu, buang saja kertas penyaring kopinyang berisi minyak esensial dan soda kue.

4. Bedak Bayi

Bedak bayi yang biasa dipakai untuk bayi dapat digunakan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Taburkan saja bedak bayi semalaman pada sepatu kamu yang bau. Bedak bayi digunakan untuk sepatu karena mampu menyerap kelembaban yang menimbulkan bau.

5. Koran Bekas

Siapa sangka koran bekas bisa membantu menghilangkan bau sepatu. Kamu remas dan kepal koran bekas yang kering. Masukkan kepalan koran kering tadi ke dalam sepatu. Biarkanlah beberapa jam sehingga sepatu kamu tidak bau lagi.

Cara lainnya, jadikan koran sebagai alas di dalam sepatu untuk mengeringkan sepatu yang lembab sebelum kamu berangkat karena sepatu yang lembab bisa menjadi bau. Cara ini bisa kamu praktekan selama kamu memakai sepatu.

6. Bubuk Kopi

Cara menghilangkan bau sepatuyang keenam adalah memakai bubuk kopi. Bubuk kopi yang kamu gunakan harus bubuk kopi tanpa gula.

Masukkan bubuk kopi beberapa sendok secara merata dan biarkan seharian. Seperti bedak bayi dan kertas koran, bubuk kopi juga untuk menyerap kelembaban.

Sedangkan kopi sendiri mengandung kafein dan kafein memiliki nitrogen. Nitrogen ini membuat kemampuan karbon meningkat dan mengusir bau dari sepatu.

7. Rinso Molto Cair Rose Fresh

Cara terakhir untuk menghilangkan bau sepatu adalah membersihkan sepatu kamu dari tanah, lumpur  atau kotoran dengan sikat. Gosok dan cuci sepatu kamu dengan sabun pewangi seperti Rinso Molto Deterjen Cair Rose Fresh.



Sumber gambar: Foto pribadi
Keterangan: Rinso Molto cair beraroma mawar




Caranya tuangkan dan campurkan satu sachet rinso beraroma mawar ke dalam sekitar 10 liter air bersih sampai berbusa.

Masukkan sepatu kamu ke dalam sepatu. Gosok semua bagian sepatu kamu sampai bersih. Jika selesai, jemurlah saat cuaca cerah agar cepat kering dan bau lenyap.

Deterjen cair Rinso direkomendasikan karena memiliki kemampuan melawan bau lebih cepat dan wanginya lebih tahan lama. Harumnya mawar pada deterjen ini disukai semua orang dan tentu, sepatu kamu tidak bau lagi.




Sumber gambar: Foto pribadi
Keterangan: Menghilangkan bau sepatu dengan Rinso




Kamu bisa menggunakan salah satu atau beberapa cara yang disarankan di artikel ini. Tapi yang perlu kamu ingat adalah gunakanlah kaos kaki yang mampu menyerap keringat karena keringat pada kaki adalah penyebab sepatu kamu bisa bau.


Baca juga:










Post a Comment

1 Comments

Berkomentarlah yang sopan, sesuai dengan artikel ini dan jangan spam. Pengelola Istana Review tidak bertanggungjawab atas segala komentar Anda 😁