10 Aplikasi Android Google Wajib Instal di Smartphone Kamu

Gunakanlah untuk kebaikan dan jangan pernah merugikan siapapun!





Sumber gambar: Screenshot dari Vivo 1820
Keterangan: Aplikasi Google di Vivo Y91c






Istana Review - Sebagai perusahaan raksasa di bawah naungan Alphabet, Google berusaha sangat keras agar semua produknya berguna dan menguntungkan bagi manusia.

Google sendiri terkenal sebagai produsen produk yang berbasis internet seperti mesin pencari, email dan aplikasi Android. Dari semua aplikasi Android paling canggih, ada 10 aplikasi Google yang paling populer.

1. Google Play Store


Sebagai pemilik Android dan pemimpin OHA (Open Handset Alliance), Google merilis toko sebagai pasar mengunduh dan membeli aplikasi Android termasuk film, buku, dan musik. Toko tersebut bernama Android Market yang diluncurkan untuk publik pada 22 Oktober 2008.

Lalu Google mengubahnya menjadi Google Play Store untuk menyatukan tiga produk Google yaitu Android Market, Google Music (dirilis November 2011), dan Google eBookstore (dirilis 6 Desember 2010). Hal paling menyebalkan dari Google Play Store adalah selalu pembaruan secara otomatis tanpa izin pemilik gawai.




Sumber gambar: Screenshot dari Google Play Store
Keterangan: Google Play Store






Toko aplikasi Android terbesar ini mampu menampung lebih dari 3 juta aplikasi yang tersedia secara global. Malah, aplikasi Istana Review sudah hadir di Google Play Store sejak 10 Juli 2020.

2. Google


Google juga hadir dalam bentuk aplikasi Android yang bisa diunduh gratis di Google Play Store yang dirilis sejak Agustus 2010.

Aplikasi ini tidak kalah dengan versi online. Kamu bisa mencari apapun di Google seperti gambar, video, barang yang akan dibeli, skor dan jadwal pertandingan, dan masih banyak lagi.

3. Chrome


Chrome dengan nama lengkap Google Chrome merupakan browser terbesar buatan Google yang dirilis pada September 2008 untuk Microsoft Windows.




Sumber gambar: Screenshot dari Google Chrome
Keterangan: Beranda Chrome





Chrome juga bisa diunduh di Google Play Store sejak peluncurannya pada Februari 2012. Untuk pengguna hp Android, Chrome termasuk aplikasi browser paling cepat dan aman.

4. Google Maps


Bagi penyuka traveling, pasti tidak asing dengan aplikasi Google Maps. Ya, aplikasi ini bisa digunakan sebagai petunjuk jalan, jarak dan waktu tempuh bagi mereka yang berjalan kaki, bersepeda motor, naik kereta, pesawat, dan mobil.

Google Maps diluncurkan pada 8 Februari 2005 setelah mengakuisisi sebuah perusahaan teknologi di Australia, Where 2 Technologies.





Sumber gambar: Screenshot dari Google Map
Keterangan: Google Map






Aplikasi ini berguna banget untuk memudahkan mencari rute perjalanan agar tidak tersesat. Enaknya, Google Map bisa digunakan secara offline setelah menyalakan dan mencari lokasi di Google Map. Tetapi karena buatan manusia, tentu aplikasi ini memiliki kekurangan seperti ada rute jalan yang salah.

5. Google Mail


Google Mail atau Gmail merupakan layanan email terbesar dan gratis dari Google. Layanan ini diluncurkan pada 1 April 2004 dalam versi beta dan versi ini ditutup pada 7 Juli 2009.

Selain gratis, keunggulan Gmail adalah bisa digunakan untuk semua produk Google termasuk Youtube dan Blogspot. Dengan menyediakan 105 bahasa berbeda, Gmail digunakan oleh lebih dari satu miliar pengguna aktif pada Oktober 2019.




Sumber gambar: Screenshot dari Gmail
Keterangan: Gmail terbaru





Walau dibuat oleh Paul Buchheit sejak belasan tahun lalu, aplikasi Android Gmail malah dirilis pada 21 September 2010. Karena Gmail tersedia untuk semua hp Android dan menyediakan kuota gratis 15 Gb, maka tidak heran bahwa lebih dari 5 miliar orang memiliki akun Gmail.

6. Google Play Book


Google Play Store diluncurkan dengan nama Google eBooks pada 6 Desember 2010. Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk mencari, mengunduh, dan membeli ebook apapun yang tersedia.

Kamu dapat mengunduh ebook gratis seperti ebook berjudul "Penulis Mandiri (Cara terbitkan buku sendiri di Google Play dan Books Store)" karya Arif JMSH.




Sumber gambar: Screenshot dari Google Play Store
Keterangan: Beberapa ebook keren di Google Play Book





Atau, kamu bisa membeli ebook kesukaan kamu dengan harga beberapa ribu Rupiah sampai lebih dari 100 ribu Rupiah. Contoh ebook yang bagus adalah "150 Kisah Ali ibn Abi Thalib" karya Ahmad 'Abdul al' Al-Thahthawi seharga Rp. 25 ribu.

7. Google Drive


Google Drive merupakan aplikasi buatan Google yang bisa menyimpan, mencadangkan dan mengakses semua file dari perangkat apapun. Aplikasi ini gratis untuk digunakan dan bisa diunduh di Google Play Store.




Sumber gambar: Screenshot dari Google Drive
Keterangan: Google Drive





Sejak diluncurkan pada 24 April 2012, Google Drive merupakan media penyimpan file yang aman sebesar 15 Gb. Kuota sebesar ini bisa untuk semua akun Google kamu termasuk Gmail. Malah, kamu dapat meningkatkan fitur dan kuota 100 Gb dengan membayar USD 1,99/bulan.

Cara menggunakan Google Drive begitu mudah. Kamu buka Drive.google.com di browser atau kamu unduh di Google Play Store. Lalu kamu unggah atau membuat file untuk disimpan. Kamu juga bisa mengatur atau membagikan file kamu sehingga orang lain bisa melihat, menyunting, dan mengomentari file kamu.

8. Google Play Music


Sayangnya aplikasi ini dihentikan sejak 3 Desember 2020 dan diganti dengan Youtube Music dan Youtube Podcast.




Sumber gambar: Screenshot dari Google Play Music
Keterangan: Google Play Music




9. Youtube


Siapa yang menyangka bila ada tiga mantan karyawan Paypal adalah pencipta platform streaming video terbesar? Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim adalah pendiri Youtube dan mereka dijuluki sebagai bapak Youtube.

Youtube yang dirilis pada 14 Februari 2005 oleh mereka bertiga, dibeli oleh Google seharga USD 1,65 miliar. Dengan harga Youtube segitu saat dibeli pada 2006, nilai Youtube lebih mahal 100 kali pada 2020.




Sumber gambar: Screenshot dari Youtube
Keterangan: Video pertama di Youtube berjudul "Me at the Zoo"





Youtube juga hadir di Google Play Store sejak 20 Oktober 2010 dan seperti Gmail, ada lebih dari lima miliar orang yang memiliki aplikasi Android Youtube.

10. Blogger


Blogger merupakan produk Google yang dibelinya pada Februari 2003 dari Pyra Labs. Ya, Pyra Labs adalah pendiri layanan Blogger pada Agustus 1999.

Blogger alias Blogspot merupakan platform gratis untuk menulis yang digunakan oleh jutaan orang termasuk pemilik blog Istana Review.

Blogger menyediakan 60 bahasa termasuk English dan Indonesia. Platform untuk menerbitkan karya ini dirilis dalam bentuk aplikasi Android pada 3 Februari 2011 di Google Play Store.



Sumber gambar: Screenshot dari Blogspot
Keterangan: Beranda Blogger.com




Di aplikasi Blogger, kamu bisa membuat dan menulis di Blogger lebih mudah. Kekurangan aplikasi Blogger adalah tidak sebaik versi online.

Sebenarnya Google memiliki banyak aplikasi Android maupun produk teknologi lainnya. Mungkin karena kurang populer sehingga masyarakat tidak mengetahui semua produk Google lainnya.

Manakah produk Google yang paling kamu suka?


Baca juga:











Post a Comment

0 Comments