Bagaimana Perjalanan Startup Restock.id hingga Terkenal?

Siapa yang menyangka?




Sumber gambar: Screenshot dari Restock.id
Keterangan: Beranda Restock.id per Senin, 5 April 2021






Istana Review - Sebuah video viral di media sosial tentang seorang pengemudi mobil Fortuner mengacungkan pistol ke pengendara lain setelah menyerempet pengendara perempuan. Peristiwa itu melambungkan nama sang pengemudi kendaraan bernomor polisi B 1673 SJB.

Diketahui bahwa "Koboi Duren Sawit" bernama Muhammad Farid Andika (MFA) melakukannya pada Jum'at, 2 April 2021 dini hari di jalan Kolonel Sugiyono, Duren Sawit, Jakarta Timur. Lalu sang CEO Restock.id itu dijadikan tersangka akibat melanggar UU Darurat RI no. 12 tahun 1951 tentang Senjata, sebagaimana diberitakan di Kompas.com, Senin (5/4/2021).

Tiada yang menyangka bahwa Restock.id semakin terkenal setelah sang pendiri melanggar aturan berkendara. Terlepas dari berita mengejutkan yang menyeret sang CEO, sebenarnya Restock itu perusahaan apa?




Sumber gambar: Screenshot dari Restock.id
Keterangan: Orang-orang yang berada di balik kesuksesan Restock Indonesia






Restock Indonesia adalah perusahaan fintech digital yang menghubungkan pelaku UMKM yang butuh dana dengan pemberi modal di bidang teknologi dan pergudangan. Perusahaan keuangan ini telah diakui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pelayanan keuangan berbasis peer-to-peer lending melibatkan orang-orang yang ahli di bidangnya. Mereka adalah Muhammad Audi Vialdo (Chief Risk Officer), Tiar Nabilla Karbala dan Moehammad Ichsan sebagai commisioner bersama Fuddy Heruzady (Chairman) dan CIA (Cerita Investasi Amanah) sebagai pemegang saham.

Sejauh ini, Restock telah menyalurkan biaya sebesar Rp. 247 miliar lebih dengan 62 penerima dana dan 21 pemberi modal sebagaimana tertulis di web pinjaman online resmi Restock.id.




Sumber gambar: Screenshot dari Restock Indonesia
Keterangan: Statistik Restock Indonesia






Namun setelah Muhammad Farid Andika tersandung masalah hukum, kedudukannya diganti oleh Tiar Nabialla Karbala sebagai CEO, menurut Rega Prasidhagiwa Sardjono (Chief Sales Officer) begitu laporan Bisnis.com, Senin (5/4/2021).

Seperti dikutip dari Kumparan.com, Sabtu, (3/4/2.21), netizen Indonesia yang kesal terhadap ulah sang pengendara tersebut justru menumpahkan kekesalan mereka dengan memberi ratusan review negatif di Google Play Store untuk aplikasi GetRestock. Padahal, GetRestock merupakan aplikasi kalkulator yang menghitung pemasukan dan pengeluaran dalam kebutuhan rumah tangga.

Dari peristiwa ini, kita dapat menarik hikmah bahwa emosi dan arogan hanya memberi kerugian. Juga, untuk bertindak, jangan lupa kita harus berpikir jernih dan normal.



Baca juga:












Post a Comment

0 Comments