Bisakah Quora Lebih Baik dibanding Media Sosial Lain?

Quora adalah media sosial bagus untuk berbagi pengetahuan lintas geografi!




Sumber gambar: Screenshot dari Quora Indonesia
Keterangan: Beranda Quora Indonesia






Istana Review - Internet menjadi tempat orang-orang mencari dan menemukan apapun berdasarkan kata kunci yang mereka ketik. Selain blog dan website, ada banyak jawaban yang diberikan oleh beberapa forum internet seperti Kaskus,  Brainly, Reddit, Yahoo! Answer, dan Answer.com bila kita bertanya di internet.

Dibanding Yahoo! Answer dan Reddit yang muncul sejak 2005, Quora bisa dikatakan lebih muda sebagai situs tanya jawab profesional.

Quora didirikan oleh Adam D'Angelo dan Charlie Cheever pada 2009 dan 21 Juni 2010 menjadi hari kelahiran Quora di internet. Salah satu forum internet populer ini memiliki basis di Mountain View, California dan kini, Quora dikunjungi ratusan juta orang per bulan.

Sejak peluncurannya sebagai situs tanya dan jawab, Quora menerima suntikan dana dari banyak investor seperti $11 juta dari Benchmark Capital pada Maret 2010, $50 juta dari Peter Thiel dan Adam D'Angelo, $80 juta dari Tiger Global pada April 2014, dan $85 juta dari Collaborative Fund pada April 2017.

Quora sukses menjadi media sosial yang membebaskan para penggunanya memberi pertanyaan dan jawaban bermutu selama tidak melanggar aturan Quora.






Sumber gambar: Screenshot dari Quora
Keterangan: Pertanyaan bagus yang saya jawab






Sebagai salah satu forum internet terbaik, Quora meluncurkan beberapa bahasa selain English seperti Spanyol, Jerman, Italia, Jepang, Hindi, Portugis, Indonesia, Bengali, Marathi, Tamil, Telugu, Finlandia, Norwegia, Swedia, dan Belanda selama Oktober 2016 hingga September 2018.

Untuk bahasa Indonesia, Quora secara resmi hadir sejak April 2018 dan tentu disambut luas oleh banyak orang Indonesia.

Cukup mendaftar menggunakan akun Google atau akun Facebook, kamu bisa bertanya dan menjawab atau sekadar untuk membaca di Quora.

Apa saja pertanyaan paling terkenal di Quora Indonesia?


Beberapa pertanyaan paling populer di platform Quora berbahasa Indonesia adalah:

✍️ Apa yang membuatmu kesal hari ini?

✍️ Apa trauma yang pernah kamu alami?

✍️ Bagaimana rasanya menjalani pernikahan tanpa rasa cinta?

✍️ Berapa usia kamu?

✍️ Berapa liter dalam satu galon?

✍️ Apa itu VCS?

✍️ Apa arti kode 520 dalam bahasa gaul?

✍️ Apa yang harus saya ketahui sebelum menikah?

✍️ Mengapa banyak orang Indonesia yang terobsesi dengan pernikahan?

✍️ Mengapa kalian memutuskan untuk tidak menikah?

Apa Kelebihan Quora dibanding Media Sosial lainnya?

Sebagai media sosial yang fokus pada pertanyaan dan jawaban berkualitas, Quora memiliki beberapa keunggulan dan fitur yaitu:

1. Program Penulis Teratas


Quora meluncurkan Program Penulis Teratas pada November 2012 untuk 150 Penulis Terbaik per Tahun. Program ini dirilis untuk menghargai para penulis yang mau berbagi pengetahuan dan wawasan mereka di platform yang dibangun oleh mantan karyawan Facebook, Adam D'Angelo dan Charlie Cheever.

2. Akun Harus Asli


Kelebihan Quora dibanding Yahoo! Answer adalah Quora mewajibkan para penggunanya memakai nama asli. Pemakaian nama yang sebenarnya menjadi ciri khas Quora daripada platform diskusi online lainnya.

Sayangnya sejak 21 April 2021, Quora menghapus kebijakan nama asli sehingga banyak nama palsu muncul. Kebijakan yang baru tersebut memantik banyak komentar dari para penggunanya.

Walau Quora mengizinkan siapapun untuk memakai nama palsu, tapi kita bisa mengetahui keaslian profil tersebut lewat pertanyaan atau jawaban yang diberikan dan berapa kali mereka berganti nama.

3. Sumber Referensi


Setiap orang yang menjawab pertanyaan di Quora disarankan untuk menyertakan sumber rujukan termasuk sumber gambar yang dipakai untuk menghindari penyebaran informasi palsu.

Dengan kelebihan ini, blogger yang menjadi pengguna Quora bisa memberikan tautan blog miliknya sebagai sumber referensi tambahan yang bisa dipercaya sesuai pertanyaan yang diberikan. Dengan kata lain, Quora bisa menjadi tempat memperkenalkan blog kamu ke para pengguna lainnya.

4. Tempat Diskusi yang Cukup Sehat


Di Facebook dan Twitter, para pengguna bisa berdebat kusir karena tidak ada orang yang mengatur mereka. Bahkan kebencian terhadap suku, agama, dan ras sangat terasa di dua media sosial berwarna biru tersebut.

Berbeda dengan Quora yang berusaha agar diskusi yang sehat tetap berjalan. Siapapun berhak beragumen di Quora berdasarkan fakta dan opini yang bisa dipertanggungjawabkan.

5. Penghargaan dari Pengguna Lain


Bila di Facebook, pengguna bisa memberikan like maka di Quora, para pemakai dapat memberikan upvote untuk jawaban yang dianggap bermanfaat.

Jawaban yang bagus ditambah banyak yang memberi upvote menjadi semangat para penggunanya memberi jawaban-jawaban lain yang lebih baik.





Sumber gambar: Screenshot dari Quora
Keterangan: Akun pengelola blog Istana Review






Saya sering mengunggah tulisan di Facebook tentang opini saya yang didukung sumber rujukan terpercaya. Namun saya sering mendapat cacian bahkan pengkafiran bila saya berlain pandang dengan sebagian pengguna Facebook. Itu mengapa saya beralih sebagai pengguna aktif Quora sejak 2020.

Saya ingin Quora mempertahankan kelebihannya sebagai tempat yang sehat untuk bertanya dan menjawab. Tidak ada lagi penyebaran berita sampah di forum internet tersebut.

Apakah menurut kamu, Quora lebih baik dibanding media sosial lainnya?



Baca juga:










Post a Comment

0 Comments