7 Raja Media Massa Raksasa Indonesia

Mereka menguasai media massa di negara kepulauan terbesar!




Sumber gambar: Foto pribadi
Keterangan: Foto Istana Review





Istana Review - Indonesia menjadi pusat media massa terbesar di Asia Tenggara karena memiliki banyak media massa yang berkembang. Media massa tersebut tentu merambah di bidang bisnis koran harian, majalah, tabloid, situs berita, website perjalanan dan hotel, TV, dan radio.

Berikut daftar perusahaan media terbesar di Indonesia

1. Arkadia Digital Media


Mulai melantai di bursa saham dengan kode DIGI pada 18 September 2018, Arkadia terkenal sebagai pemilik Suara.com. Arkadia juga memiliki beberapa media online lain seperti Matamata.com dan Himedik.com.




Sumber gambar: Screenshot dari situs Arkadia
Keterangan: Beranda situs Arkadia





✔️ Berdiri: 6 Maret 2012 dengan nama PT. Bukit Irama

✔️ Motto: Arte Et Labore (Dengan Keterampilan dan Kerja Keras)

✔️ Alamat: Sahid Sudriman Center, Lt. 19 Jl. Jenderal Sudirman no. 86 Jakarta Selatan

✔️ Media online utama: Suara.com, Matamata.com, Hitekno.com, Bolatimes.com, Dewiku.com, Mobimoto.com, Guideku.com, Serbada.com, Himedik.com, dan Iklandisini.com

2. Kompas Gramedia Group


Kompas Gramedia adalah perusahaan yang dibangun oleh Petrus Kanisius Ojong (1920-1980) dan Jakob Oetomo (1931-2020) dengan menerbitkan majalah Intisari pada 17 Agustus 1963 atau 18 tahun setelah Indonesia merdeka.




Sumber gambar: Screenshot dari Kompas Gramedia
Keterangan: Beranda situs Kompas Gramedia






Selain majalah, Kompas juga merambah bisnis lain seperti koran harian, tabloid, perhotelan, manufaktur, penerbitan dan penjualan buku.

✔️ Alamat: PT Gramedia Asri Media Gedung Kompas Gramedia di Jl. Palmerah Barat 29-37 Jakarta

✔️ Jaringan: Perhotelan Sartika, penerbitan dan toko buku Gramedia, media massa (TV, koran, radio, majalah, dan website berita), properti, dan manufaktur juga pendidikan

✔️ Website terkenal: Kompas.com, Kompas.tv, Kompas.id, Kompasgramedia, Kompasiana.com, dan tentu Tribunnews.com beserta keturunannya

3. Viva Network


Viva Network adalah jaringan media massa yang dikelola oleh PT Viva Media Baru dengan Andya Bakrie dan Anindra Ardiansyah Bakrie sebagai pendiri. Viva Network merupakan lengan PT Visi Media Asia Tbk yang dimiliki oleh Bakrie Group.




Sumber gambar: Screenshot dari situs Viva
Keterangan: Viva Group sedang membuka lowongan pekerjaan






✔️ Berdiri: 2019

✔️ Pendiri: Andya Bakrie dan Anindra Ardiansyah Bakrie

✔️ Media online Viva terkenal: The Viva Networks, Viva.co.id, TVonenews.com, Jagodangdut.com, 100kpj.com, Intipseleb.com, VLIX.id, Sahijab.com, Onepride.net, dan Oneprix.id

4. Kapan Lagi Youniverse


Kapan Lagi merupakan perusahaan teknologi internet yang dibangun sejak 2003 oleh Steve Christian dan Eka Wiharto. Lalu bersatu dengan Fimela Network yang didirikan oleh Ben Subiakto dan Dian Mulyadi pada 2014.




Sumber gambar: Screenshot dari KLY.id
Keterangan: Beranda situs KLY.id






✔️ CEO Kapan Lagi Network: Steve Christian

✔️ Website terkenal: Kapanlagi.com, Merdeka.com, Fimela.com, Sooperboy.com, Muvila.com, Otosia.com, Bola.net, KLY.id, Dream.co.id, Socia.com, Famous.id dan Brilio.net

✔️ Alamat: Jl. RP. Soeroso no. 18 RT 9/RW 5 Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat

5. Mediacom Group


Mediacom adalah perusahaan media terbesar di Asia Tenggara yang berbasis di Indonesia. Berdiri sejak 1981, Mediacom memiliki jaringan bisnis yang menggurita seperti media online (Okezone.com), hiburan perhotelan (Lido City), e-niaga fashion (thefthing.com), 4 stasiun TV (RCTI, MNCTV, GTV, dan iNews), keuangan dan TV kabel.




Sumber gambar: Screenshot dari situs MNC Media
Keterangan: Beranda situs MNC Media





✔️ Pemilik: Hary Tanoesoedibjo

✔️ Alamat: MNC Tower Jl. Kebon Sirih no. Kav. 17-19 RT 15/RW 7, Menteng, Jakarta Pusat

✔️ Kode saham: BMTR

✔️ Website terkenal: Okezone.com, Sindonews.com, inews.id, metube.id, misteraladin.com, dan thefthing.com

6. Transmedia Group


Transmedia adalah anak usaha dari CT Corp yang diresmikan pada 15 Desember 2013. Ini adalah perusahaan media massa raksasa yang dimiliki oleh Chairul Tanjung.




Sumber gambar: Screenshot dari situs CT Corp
Keterangan: Beranda situs CT Corp






✔️ Pendiri: Chairul Tanjung

✔️ Alamat: Jl. Kapten P. Tendean kav. 12-14 A Jakarta 12790

✔️ Bisnis: 2 stasiun TV (Trans7 dan TransTV), Transvision, CNBC Indonesia, CNN Indonesia, penerbitan buku dan jaringan Detik (Detik.com, Haibunda.com, Insertlive.com, dan lainnya)

7. BeritaSatu Media Holdings


Global Media Group didirikan pada 1987 oleh James Riady dan berganti nama menjadi BeritaSatu Media Holdings pada 2011 setelah membeli situs berita Beritasatu.com.




Sumber gambar: Screenshot dari situs BeritaSatu Media
Keterangan: Beranda situs BeritaSatu Media






✔️ Alamat: BeritaSatu Plaza lt. 9-11 Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 35-36 Jakarta 1290

✔️ Pendiri: James Riady

✔️ Bisnis: Surat kabar (Suara Pembaruan dan Investor Daily), Beritasatu.com, Jakarta Globe, Investor.id, dan 1health.id, majalah Globe Asia, First Media Channels dan lainnya

Selain mereka bertujuh, ada lagi beberapa penguasa media massa terbesar di Indonesia. Jawa Pos, Media Group, MRA Group, Mahaka Media, Surya Citra Media dan Femina Group juga melakukan konglomerasi media di negara berpenduduk terbanyak di Asia Pasifik.


Cuma Rp. 50 Ribu ($5), Dapatkan Artikel Review Terbaik dari Kami!



Baca juga:











Post a Comment

0 Comments